√ 10 Manfaat Madu Hitam Pahit, Madu yang Kaya Antioksidan

TipSehat.Net - Madu hitam pahit atau Bitter Black Honey merupakan jenis madu yang berbeda dengan madu pada umumnya. Madu yang satu ini memiliki warna yang lebih pekat yaitu berwarna kehitaman dan rasanya yang lebih pahit sehingga sering disebut madu hitam pahit. Hal ini disebabkan, karena tumbuhan yang diserap lebah pun berbeda-beda. Tumbuhan yang diserap oleh lebah, menentukan jenis madu yang akan dihasilkan. Madu hitam ini dihasilkan oleh madu liar yang diduga mengambil sari dari pohon mahoni.

Manfaat Madu Hitam Pahit, Madu yang Kaya Antioksidan
Manfaat Madu Hitam Pahit

Tidak hanya pohon mahoni saja yang bisa menghasilkan madu hitam pahit, banyak juga yang berpendapat bahwa madu hitam pahit didapatkan oleh lebah yang menyerap sari dari pohon pelawan, kaliandra hingga singkong karet. Madu hitam bisa ditemukan di berbagai hutan di daerah Indonesia, namun paling banyak ditemukan di daerah Pulau Kalimantan.

Kandungan Madu Hitam Pahit

Warna dan rasa madu hitam ini memang berbeda dengan madu lainnya, tentunya hal ini juga disebabkan karena perbedaan kandungan madu hitam. Madu hitam dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa madu hitam mengandung Saponin, Asam Fenolat, Senyawa Alkaloid, Flavonoid, dan senyawa lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu juga, sama seperti madu pada umumnya, madu hitam juga mengandung berbagai Vitamin dan Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Madu Hitam Pahit

Kandungan senyawa dalam madu hitam memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena, madu ini jauh lebih aman digunakan, karena kandungan madu hitam ini masih alami dan tidak banyak tercampur dengan bahan lainnya seperti pengawet atau pemanis buatan. Berikut ini adalah berbagai macam manfaat madu hitam yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Menurunkan Gula Darah

Manfaat madu hitam pahit yang pertama yaitu dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Maka dari itu, madu hitam sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Kandungan gula dalam madu hitam juga diketahui tidak sebanyak madu biasa pada umumnya, sehingga madu ini terbukti lebih aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat madu hitam yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit, terutama penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi madu hitam secara rutin dapat menetralkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut.

Madu hitam juga secara langsung dapat menurunkan risiko serangan jantung coroner, karena adanya aktivitas antitrombotik. Sifat ini dapat mencegah penggumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.

3. Menurunkan Gejala Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang ditandai dengan gejala nyeri dan pembengkakan pada sendi hingga membuat penderitanya sulit untuk bergerak. Manfaat madu hitam pahit yaitu untuk meredakan gejala asam urat. Gunakan madu hitam ini secara rutin untuk mencegah asam urat kambuh kembali.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat madu hitam selanjutnya yaitu untuk mengatasi gangguan pada pencernaan. Madu hitam dipercaya mampu menetralkan asam lambung. Sehingga meskipun Anda mengonsumsi makanan yang asam dan pedas, maka lambung akan tetap terlindungi.

Manfaat madu hitam untuk menetralkan asam lambung tentunya bisa menghindarkan Anda dari berbagai masalah pencernaan seperti penyakit asam lambung, grastitis, tukak lambung dan masalah saluran pencernaan lainnya.

5. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Tidak hanya memiliki manfaat untuk pencernaan, manfaat madu hitam pahit untuk saluran pernapasan juga sangat banyak. Pertama, madu hitam pahit ini dapat mengatasi radang tenggorokan, karena madu ini  memiliki sifat antiinflamasi yang dapat melegakan tenggorokan yang terkena radang.

Selanjutnya, madu hitam juga dipercaya dapat membersihkan paru-paru dari berbagai pathogen yang masuk. Hasilnya, saluran penapasan pun dapat bekerja secara lebih maksimal. Madu hitam juga dipercaya sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang menderita penyakit asma.

6. Meningkatkan Fungsi Ginjal dan Hati

Ginjal dan hati merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh. Terganggunya fungsi ginjal dan fungsi hati dapat memberikan dampak buruk pada organ-organ lainnya yang terdapat dalam tubuh. Manfaat madu hitam pahit yaitu mampu untuk memelihara ginjal dan hati agar fungsinya dapat bekerja dengan maksimal.

7. Meningkatkan Stamina

Manfaat madu hitam pahit selanjutnya yaitu dapat meningkatkan stamina dalam tubuh. Jika stamina menurun tentunya aktivitas harian Anda juga akan terganggu. Oleh karena itu, mengonsumsi madu hitam dapat mengembalikan stamina Anda sehingga Anda dapat lebih bertenaga dalam menajalankan berbagai aktivitas.

8. Sebagai Antioksidan

Madu hitam pahit sangat kaya akan antioksidan dibandingkan dengan madu biasanya. Madu hitam mampu membantu melindungi tubuh untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh Anda. Karena banyaknya antioksidan yang terkandung dalam madu hitam, madu hitam bahkan dipercaya memiliki sifat sebagai antikanker.

9. Meningkatkan Sistem Imun

Sifat antiinflamasi dari madu hitam juga membuat madu hitam ini sangat bermanfaat dalam proses penyembuhan berbagai penyakit. Senyawa Fenolat yang merupakan antioksidan juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Jadi, manfaat madu hitam tidak hanya menyembuhkan, tetapi juga sebagai pencegahan berbagai macam penyakit.

10. Kesehatan Kulit

Selain untuk dikonsumsi, madu hitam juga bisa digunakan untuk perawatan dan kecantikan kulit Anda. Madu hitam dapat digunakan sebagai masker wajah, karena sifat antiinflamasinya dipercaya mampu untuk mengatasi jerawat. Selain itu juga, madu hitam juga dipercaya dapat menyamarkan flek hitam pada wajah.

Manfaat madu hitam untuk kecantikan lainnya yang sudah dapat dipastikan yaitu kemampuannya untuk menjaga kelembapan kulit. Jika Anda ingin menggunakan madu hitam sebagai perawatan dan kecantikan kulit wajah atau pun tubuh, Anda bisa mencampurkan madu hitam dengan bahan lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

0 Response to "√ 10 Manfaat Madu Hitam Pahit, Madu yang Kaya Antioksidan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel