√ 5 Tanda dan Gejala Penyakit Herpes

TipSehat.Net - Penyakit herpes merupakan kelompok virus Herpesviridae yang dapat menginfeksi manusia. penyakit herpes dapat ditandai dengan munculnya lepuhan kulit dan kulit kering. Jenis virus herves yang paling terkenal adalah herpes simplex virus (HSV). Herves simplex dapat menyebabkan infeksi pada daerah mulut, wajah, dan kelamin ( Herpes Genitalia).

Tanda dan Gejala Penyakit Herpes
Tanda dan Gejala Penyakit Herpes

Penyakit herpes adalah salah satu penyakit yang tergoong masih baru dan awam, meskipun begitu, sudah umum menyerang manusia. Penyakit ini akan menyebabkan kulit gatal, luka, lepuh, kemerahan, dan berair seperti kutil. Herves disebabkan karena serangan herpes simpleks virus (HSV). Herpes bisa menyerang di beberapa bagian tubuh, mulai dari mulut, leher, pantat, dan bagian tubuh lainnya. Herpes ini bisa menimbulkan perpaduan rasa gatal dengan sensasi perih dan panas.

Pada dasarnya herpes terbagi menjadi beberapa macam namun yang paling terkenal adalah HPS tipe 1 dan HPS tipe 2. Walaupun nya berbeda namun keduanya sama-sama disebabkan oleh virus herpes HSV. Gejala herpes berbeda-beda. Berikut adalah jenis herpes sesuai dengan tipenya:

1. Virus simplex herves (HSV) tipe 1

Tupe ini umumnya disebabkan oleh virus simplek 1 yang umumnya menyebabkan herpes mulut (oral herpes0, tetapi juga dapat menyebabkan herpes genital jika penderita melakukan hubungan intim secara oral. Gejala yang sering terjadi adalah demam, sensasi terbakar pada lesi luka, nyeri, serta munculnya blister.

2. Virus simpleks herpes (HSV) tipe 2

Tipe ini adalah infeksi menular seksual yang menyebabkan herpes genital. Setelah anda terinfeksi virus ini akan berada dan berkembang dalam tubuh kita dan bisa kambuh kapan saja tanpa diduga-duga. Gejala yang sering muncul terjadi adalah nyeri saat berkemih, adanya cairan keluar dari vagina, rasa gatal dan muncul benjolan di daerah selangkangan paha. Seseorang yang sering berganti-ganti pasangan dan memiliki system imun rendah lebih beresiko terjadinya virus ini.

selain itu ada juga penyakit yang bernama herpes zoster. Namun, penyakit ini secara teksnis tidak tergolong sebagai infeksi yang disebabkan oleh HSV melainkan disebabkan oleh virus varicella zoster.

Setelah kita mengetahui tipe dari herpes, kita perlu tahu terlebih dahulu gejala yang timbul akibat penyakit respes. Pada umumnya banyak yang terkena herpes tetapi tidak ditandai dengan gejala apapun. Pada awalnya gejala herpes terholong ringan sehingga tidak jarang dokter keliru memberikan diagnose karena dikaitkan dengan kondisi penyakit kulit. Berikut beberapa gejala umum yang patut dicurigai sebagai tanda-tanda penderita herpes adalah:

  1. Luka yang menyakitkan di daerah wajah, kelamin, amus, bokong,ataupun paha.
  2. Rasa gatal 
  3. Buang air kecil yang menyakitkan 
  4. Keputihan
  5. Benjolan lunak di daerah selangkangan

Pada saat awal terinfeksi penyakit herpes salah satu tanda yang mungkin terjadi akan mirip dengan gejala flu, yakni nyeri tubuh, demam, dan sakit kepala.tetapi beberapa gejala akan timbul seiring berjalannya waktu.. selain itu penyebab terjadinya virus herpes ini biasanya ditularkan dari satu orang ke orang lain saat melakukan hubungan seks, baik itu melalui vegina, oral, atau anal.

Selain itu virus ini juga dapat masuk kedalam tubuh melalui luka pad kulit, mulut, penis, vagina, saluran kemih, atau anus denag orang yang telah terinfeksi penyakit herpes.

Cara terbaik untuk mencegah tertularnya penyakit herpes adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual secara sembanrangan serta ditak bergonta-ganti pasangn. Karna herpes akan cepat menyebak meskipun si penderita tidak mengalami gejala apapun. Selain itu gunakan pengaman saat melakukan hubungan seksual, meskipun penggunaan pengaman tidak bisa mencegah penularan sepenuhnya, tetapi menggunakan pengaman dapat membantu mengurangi resiko penyebab herpes.

0 Response to "√ 5 Tanda dan Gejala Penyakit Herpes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel