Skip to main content

√ 6 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan

TipSehat.Net - Manfaat ubi jalar ungu tak kalah bernutrisi dengan ubi jalar lainnya. Ubi jalar ungu memiliki rasa yang lebih manis dan gurih, yang sering digunakan dalam berbagai macam hidangan. Manfaat ubi jalar ungu terdapat pada nutrisinya yang melimpah, yaitu berupa Sarat dengan Vitamin, Mineral dan Antioksidan, yang semuanya dapat bermanfaat bagi kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan saja, ternyata manfaat dari ubi ungu juga bisa mengatasi kanker, untuk diet, untuk ibu hamil, untuk kesehatan kulit bahkan untuk seseorang yang sedang melakukan program kehamilan.

Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan
Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan

Manfaat ubi jalar ungu juga bisa digunakan sebagai pengganti sumber karbohidrat, karena kandungan pada Ubi jalar ungu menawarkan serat makanan yang sehat untuk jantung dan tidak mengandung lemak atau kolesterol jahat. Cara mengonsumsi ubi jalar ungu juga bervariasai, ada yang caranya di kukus dan ada juga yang dengan cara direbus. Anda bisa mendapatkan manfaat dari ubi jalar ungu ini dengan merebus atau menambahkannya pada olahan makanan lain.

Manfaat ubi jalar ungu juga dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh, oleh karena itu ubi jalar ungu bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini manfaat ubi jalar ungu yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Kaya Antioksidan dan Pencegah Kanker

Ubi ungu kaya akan kandungan Antioksidan, termasuk Anthocyanin dan Vitamin C. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Kerusakan radikal bebas ini terkait dengan banyak menimbulkan penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes dan gangguan neurodegeneratif.

Ubi ungu merupakan sumber Vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak Vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan hingga 35% dan melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh sel oksidatif.

Antosianin dalam ubi ungu juga merupakan jenis antioksidan Polifenol, yang secara teratur dapat mencegah munculnya sel-sel kanker dalam tubuh. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa dua Anthocyanin dalam ubi ungu, yaitu cyanidin dan peonidin dapat mengurangi pertumbuhan beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker paru-paru dan kanker prostat.

2. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Kandungan Flavonoid dalam ubi ungu ini telah terbuktidapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Obesitas dan peradangan yang disebabkan oleh stres oksidatif meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin, kontrol gula darah yang buruk dan diabetes tipe 2. Selain itu juga, kandngan Antioksidan, seperti Karotenoaid, Asam Felonik dan Antosianin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke pada penderita hipertensi.

Ubi jalar ungu ini memiliki indeks glikemik 24, artinya karbohidrat dipecah menjadi gula secara perlahan, kemudian dilepaskan dan menghasilkan energi yang stabil sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan stabil.

3. Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan risiko faktor utama yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Ubi ungu memiliki efek menurunkan tekanan darah karena kandungan antioksidannya yang melimpah.

Sebuah penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ubi ungu mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat mencegah konversi angiotensin 1 menjadi angiotensin 2, suatu senyawa yang bertanggung jawab atas peningkatan tekanan darah.

4. Meningkatkan Gejala Asma

Penelitian menunjukkan bahwa asupan Antioksidan yang tinggi, seperti Vitamin A dan Vitamin C dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit asma. Menurut ulasan yang dilakukan sebanyak 40 studi menemukan bahwa timbulnya penyakit asma pada orang dewasa dikaitkan dengan asupan Vitamin A yang rendah.

Selain itu, kejadian asma juga meningkat 12% pada mereka yang memiliki asupan vitamin C yang diet rendah. Ubi ungu merupakan sumber antioksidan dan vitamin A dan Vitamin C yang baik, yang dapat membantu tubuh mencapai tingkat asupan harian untuk vitamin ini.

5. Tingkatkan Kesehatan Usus

Ubi ungu penuh dengan karbohidrat kompleks dan sumber pati resisten yang baik, sejenis karbohidrat yang tahan terhadap pencernaan. Satu penelitian tabung menunjukkan bahwa pati resisten pada ubi ungu meningkatkan jumlah Bifidobacteria, sejenis bakteri usus yang menguntungkan, dalam simulasi lingkungan usus besar.

Bakteri ini memainkan peran penting dalam kesehatan usus, yaitu dapat membantu pemecahan karbohidrat kompleks dan serat. Mereka bahkan dapat membantu mengurangi risiko kondisi tertentu, seperti kanker kolorektal, penyakit radang usus dan sindrom iritasi usus besar. Bifidobacteria juga menghasilkan asam lemak sehat dan Vitamin B.

6. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Ubi jalar ungu merupakan sumber Vitamin A yang sangat baik. Ubi ungu yang berukuran sedang menghasilkan 1.643 ekuivalen aktivitas retinol - retinol menjadi bentuk vitamin A yang digunakan dalam mengukur jumlah vitamin. Rekomendasi harian untuk Vitamin A yaitu 600 hingga 900 mikrogram setara aktivitas retinol.

Vitamin A sudah tidak diragukan lagi perannya untuk kesehatan mata. Studi-studi tabung juga menemukan bahwa Anthocyanin pada ubi ungu dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan, yang mungkin signifikan bagi kesehatan mata secara keseluruhan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar