Skip to main content

√ 8 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan

TipSehat.Net - Pernahkah Anda minum teh rosella? Teh Rosella tidak hanya nikmat diminum hangat-hangat. Teh Rosella ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Berikut ini manfaat teh rosella yang harus Anda ketahui, diantaranya:

Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan
Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan

Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa teh rosella ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini merupakan salah satu manfaat teh rosella yang juga bermanfaat untuk orang yang memiliki kolesterol.Karena, disaat tekanan darah meningkat maka metabolism dalam tubuh juga akan bermasalah.

Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi teh rosella dapat mengontrol tekanan darah sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Ekstrak kelopak bunga rosella ini dapat menggantikan pemberian Captoril pada penderita Hipertensi. Jika Anda mengonsumsi teh rosella kurang lebih selama 12 hari, maka Anda akan mengalami penurunan tekanan darah sistolik mencapai 11,2%.

2. Menurunkan Kadar Lemak

Selain dapat menurunkan tekanan darah, teh rosella juga bisa membantu menurunkan kadar lemak dalam darah. Tingginya lemak darah di dalam tubuh Anda menjadi salah satu pemicu penyakit jantung. Dalam penelitian yang dilakukan oleh 60 pengidap diabetes ditemukan fakta bahwa orang yang minum teh rosella akan mengalami peningkatan kadar kolesterol baik, penurunan kadar kolesterol total, kolesterol jahat dan trigliserida.

Meski tidak semua penelitian memiliki simpulan yang sama, sebagian besarnya menunjukkan bahwa manfaat teh rosella ini mampu menurunkan kadar lemak darah. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mencoba menyeduh teh rosella sesekali agar tubuh terhindar dari risiko penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Ternyata bunga rosella memiliki kandungan zat yang dapat menghambat petumbuhan sel-sel kanker berbahaya pada tubuh Anda. Kerusakan DNA pada sel bisa diatasi dengan sejuta manfaat dengan mengonsumsi teh dari bunga rosella, seperti dapat mencegah terjadinya gejala kanker darah (leukimia).

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Senyawa yang terkandung dalam bunga rosella ternyata bisa menurunkan berat badan sehingga mencegah Anda terkena obesitas. Sehingga sangat cocok juga buat Anda yang ingin melaksanakan diet secara almi dan bisa menjadi alternatif minuman alami untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Vitamin C dalam bunga rosella juga bisa membantu tubuh Anda untuk melepaskan kolesterol dan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsilah teh rosella setiap pagi hari dan malam hari sebelum tidur agar daya tahan metabolisme meningkat. Karena ketika tubuh memiliki metabolism yang baik, maka proses penurunan berat badan menjadi lebih mudah, sehingga program diet secara alami menjadi sempurna.

5. Melawan Radikal Bebas

Teh rosella kaya akan kandungan senyawa Fenolik yang berfungsi sebagai Antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan ini merupakan molekul pelawan radikal bebas yang biasanya merusak sel-sel tubuh yang sehat. Kandunga Antiokidan dalam bunga rosella ini lebih besar kandungannya disbanding dengan kandungan Antioksidan pada daun kumis kucing. Oleh sebab itu, Antioksidan ini dapat melawan radikal bebas yang menyerang tubuh yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, gejala penyakit diabetes, sampai gejala kanker. Selain itu, kandungan Antioksidan seperti Gossipetin dan Antosianin yang dapat memberikan perlindungan akibat penuaan.

6. Mencegah Pengeroposan Tulang

Bunga rosella memiliki kandungan seperti Kalsium, Zat Besi dan Vitamin D yang sangat bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang terutama bagi orang yang telah berusia lanjut. Oleh karena itu, konsumsilah teh rosella secara rutin agar tulang Anda terhindar dari pengeroposan tulang dan tulang tetap sehat dan kuat.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bunga rosella juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebagaimana diketahui, bahwa sistem kekebalan tubuh sangatlah penting untuk mencegah berbagai penyakit yang masuk kedalam tubuh. Dengan mengkonsumsi teh rosella, sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat secara berkalaUntuk itu konsumsilah teh rosella secara teratur di pagi hari.

8. Untuk Kecantikan

Bunga rosella ini ternyata juga dapat digunakan untuk kecantikan yang dapat membantu menyehatkan kulit Anda. Jika usia Anda sudah tidak lagi muda, pasti Anda akan berusaha dengan berbagai macam cara untuk dapat merawat dan meremajakan kulit Anda.

Anda dapat memanfaatkan bunga rosella ini untuk proses peremajaan kulit. Jika Anda rutin melakukannya, kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan lebih kencang. Hal ini dikarenakan bunga rosella memiliki kandungan senyawa, seperti Protein Esensial, Asam Amino serta Vitamin C yang akan membuat kulit Anda menjadi lebih kencang dan lebih sehat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar