Skip to main content

√ 14 Manfaat Propolis Bagi Kesehatan Tubuh

TipSehat.Net - Propolis merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari zat resin yang diproduksi oleh lebah madu, dimana lebah tersebut menghimpun sari pucuk pada daun muda. Lebah tersebut akan menghasilkan zat lengket berwarna coklat kehijauan untuk melapisi sarang mereka. Sari yang dihasilkan oleh lebah tersebut lalu dicampurkan dengan air liur lebah madu guna untuk menambal dan membersihkan sarang mereka.

Manfaat Propolis Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Propolis Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi lebah sendiri manfaat Propolis sebagai imun untuk mencegah tubuh lebah terkena serangan bakteri dan virus. Manfaat propolis tentu saja sudah tidak diragukan lagi. Sejumlah orang percaya bahwa dengan rutin mengonsumsi propolis dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga risiko Anda terkena infeksi atau penyakit jadi lebih rendah. Beberapa infeksi yang diyakini dapat diatasi dengan mengonsumsi madu propolis di antaranya sariawan, kutil, dan gangguan pencernaan seperti infeksi H. pylori yang menyebabkan tukak lambung.

Berikut ini adalah manfaat yang harus Anda ketahui dari mengonsumsi propolis, diantaranya:

1. Menurunkan Resiko Darah Tinggi

Konsentrasi lemak jahat pada darah mengakibatkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Peredaran darah pada jantungpun akan terganggu. Hal ini yang akan membuat tekanan darah menjadi tinggi. Propolis mengandung antioksidan yang dapat membantu meredam konsentrasi lemak yang ada pada darah, sehingga resiko terkena darah tinggi akan menurun.

2. Mengatasi Penyakit pada Mulut

Inveksi pada mulut merupakan salah satu indikasi bahwa ada serangan dari virus dan bakteri dari dalam mulut. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kandungan dari propolis yang memiliki kandungan mineral, antibiotik herbal, vitamin, serta anti-viral diklaim sangat efektif untuk mengatasi bakteri pada mulut dan membuat mulut menjadi lebih sehat.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Propolis tidak hanya bisa dikonsumsi pada saat Anda sakit, karena propolis memiliki perlindungan dari bakteri, sehingga propolis berperan dalam menjaga tubuh Anda dari virus, bakteri, dan penyakit. Propolis akan menstimulus kelenjar thimuts dalam tubuh sehingga berguna untuk meningkatkan sistem imunitas pada tubuh Anda menjai lebih kuat.

4. Menghilangkan Rasa Nyeri

Manfaat propolis lainnya yaitu dapat menghilangan rasa nyeri, karena kandungan Vitamin C dan Bioflavonoid pada Propolis dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri yang sering timbul pada tangan, kaki dan punggung pada saat berolahraga atau melakukan aktivitas berat. Cara penggunaannya yaitu Anda cukup menyemprotkan atau mengooleskan pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

5. Sebagai Antibiotik Alami

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa Propolis merupakan antibiotik alami dimana propolis tidak memiliki batas masa kadaluarsa. Dengan kandungan sifat antibiotik alaminya, sangat bermanfaat manfaaat untuk mengatasi infeksi pada bagian luar atau dalam tubuh.

6. Mengatasi Penyakit Jantung

Tidak hanya itu, Propolis juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung, karena sebuah serangan jantung bisa dengan mudah merenggut nyawa seseorang. Propolis mengandung sebuah zat yang berama "Bioflavonoids" yang sanggup memperbaiki seluruh kerusakan pada sel maupun pembuluh darah yang ada dalam tubuh Anda tidak terkecuali pada bagian organ jantung.


7. Menghancurkan Sel Kanker

Salah satu manfaat yang sangat menakjubkan dari propolis yaitu dapat menghancurkan sel-sel kanker karena memiliki sifat detoksifikasi. Kandungan zat CAPE pada propolis lebah dapat menghancurkan sel-sel kanker. Penggunaan zat CAPE secara teratur dalam jangka waktu 6 bulan mampu meredam pertumbuhan sel kanker hingga 50%.


8. Mempekuat Gigi Dan Tulang

Seiring berjalannya waktu, usia kita akan menjadi semakin tua dan resiko osteophorosis akan semakin tinggi. Namun, Anda jangan khawatir kandungan asam amino dan kandungan Vitamin D serta mineral kompleks pada propolis akan membantu tubuh Anda dalam melakukan regenerasi sel pada gigi dan tulang sehingga gigi maupun tulang tetap kuat.

9. Menghilangkan Bau Ketiak

Tidak hanya dapat mengatasi masalah penyakit serius, propolis juga ternyata bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan bau pada ketiak. Karena, sifat antibakteri pada propolis dapat Anda gunakan untuk mensterilkan ketiak Anda dari gangguan bakteri dan jamur.

10. Mengatasi Tipes

Manfaat lain dari propolis, yaitu untuk mengatsi penyakit tipes. Karena propalis memiliki sifat antifungal dan antibiotik alami tanpa resiko dan tanpa efek samping. Tipes merupakan penyakit yang sering terjadi  yang disebabkan karena kelelahan dan serangan virus, yang sangat mudah diatasi oleh propolis.

11. Mengobati Diare

Penyakit diare bisa disebabkan oleh penyakit Escherichia coli, yang bisa Anda dapat diobati dengan mengonsumsi propolis, yaitu dengan cara ditetes. Karena propolis memiliki banyak kandungan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh serta aman untuk dikonsumsi.

12. Mengatasi Penyakit TBC

TBC adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya pada tubuh manusia. Penyakit TBC ini menyerang paru- paru serta dapat mengakibatkan sang korban batuk-batuk disertai dengan bintik darah yang dapat berujung pada kematian. Obat untuk mengatasi penyakit TBC ini bisa dikatakan tidak banyak, namun ternyata propolis dapat mengatasi penyakit TBC.


13.  Mengobati Flu

Propolis terbukti mampu mengatasi penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh serangan virus dan bakteri, yaitu influenza atau yang biasa kita kenal dengan flu. Virus-virus penyebab flu ini dapat diatasi dengan berbagai zat aktif kompleks yang terkandung pada propolis.

14. Mengatasi Radikal Bebas

Radikal bebas biasanya menyerang tubuh manusia melalui keadaan lingkungan yang kotor dan tidak sehat, seperti banyaknya polusi udara, asap rokok, minuman berakohol, paparan sinar matahari, serta radiasi elektromagnet. Tingginya radikal bebas di dalam tubuh seseorang akan menghancurkan sel-sel dalm tubuh dan jaringan tubuh. Dampaknya tubuh akan menjadi gampang terkena penyakit seperti diabetes dan berbagai macam kanker.

Oleh karena itu, propolis mengandung senyawa flavonoid yang dapat menangkal berbagai penyakit akibat radikal bebas.  Oleh karenannya, propolis diklaim sebagai salah satu sumber makanan alami yang berkhasiat sebagai sumber makanan yang ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit akibat radikal bebas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar