Skip to main content

√ Tidak Hanya untuk Pijat, Ini 7 Manfaat Lain Minyak Tawon untuk Kesehatan Tubuh

TipSehat.Net - Manfaat minyak tawon mungkin terkenal dengan penggunaannya untuk memijat. Minyak ini banyak digunakan oleh tukang pijat karena dapat menimbulkan rasa panas pada kulit dan membuat otot-otot menjadi lebih rileks.

Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan Tubuh
Nama minyak tawon sebenarnya merupakan nama merek minyak gosok yang dibuat dari campuran ekstrak yang memili kandunag, seperti minyak kayu putih, minyak kelapa, cengkeh, Minyak sereh, lada, Jahe, Kunyit, Bawang putih dan bahan herbal lainnya.

Jadi, walaupun namanya minyak tawon, minyak ini bukan berasal dari tawon, tetapi terbuat dari bahan-bahan herbal alami. Manfaat minyak tawon tidak hanya untuk pijat saja. Namun, minyak tawon ini juga ampuh untuk menyembuhkan luka luar dan persendian, bahkan minyak tawon juga dapat mengatasi berbagai penyakit.

Berikut ini, beberapa manfaat minyak tawon untuk kesehatan, diantaranya:

1. Mengatasi Pegal-Pegal

Manfaat minyak tawon untuk kesehatan yang pertama tentunya untuk pijat. Minyak tawon digunakan sebagai pelumas agar tangan lebih lincah dalam memijat. Saat tubuh merasa pegal, minyak tawon menjadi pilhan utama dalam melakukan pijatan, karean minyak ini aman dioleskan ke kulit.

Akan tetapi, sebaiknya Anda menghindari mengoles minyak tawon pada area kulit yang terluka karena sensasi panasnya dapat menimbulkan perih. Kandungan capujut dalam minyak tawon juga memberi manfaat pada tubuh Anda yang pegal. Pasalnya, cajuput oil ini mengandung senyawa aktif cineole yang bisa meredakan nyeri pada sendi Anda.

2. Meredakan Sakit Kepala

Jika kamu mengalami sakit kepala akibat flu, minyak tawon dapat membantu meredakannya. Caranya Anda cukup gosokkan minyak tawon pada bagian samping kepala secara perlahan disertai dengan pijatan yang lembut, setelah beberapa saat rasa sakit pada kepala Anda akan terasa membaik.

3. Mengatasi Sakit Perut Dan Diare

Bagi Anda yang memiliki masalah pada sistem pencernaan, jangan khawatir minyak tawon dapat Anda gunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan diare. Caranya Anda cukup gosokkan minyak tawon pada bagian perut secara perlahan. Karena kandungan di dalamnya akan membuat pencernaan Anda terasa lebih baik dan lebih lancar.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Minyak tawon juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Hal ini membuat minyak tawon bermanfaat untuk menghangatkan dan meredakan rasa lelah atau pegal-pegal pada otot otot Anda. Anda bisa menggunakannya dengan cara dioleskan dan lakukan pemijatan pada area tertentu yang terasa lelah atau pegal.

5. Menghangatkan Tubuh Dan Melegakan Pernapasan

Aroma minyak tawon memang sangatlah khas. Aroma khas inilah yang membantu melegakan pernapasan Anda dari hidung tersumbat. Aroma cajuput oil yang bersifat aromaterapi ditambah dengan aroma minyak serai dan kunyit inilah yang melancarkan sirkulasi udara pada hidung.

Manfaat minyak tawon tidak hanya itu saja, kandungan cajuput oil yang terkandung di dalamnya juga mampu menghangatkan tubuh Anda.

6. Mencegah Gigitan Nyamuk

Anda bisa memanfaatkan minyak tawon untuk mencegah gigitan nyamuk dan untuk mengusir nyamuk, Anda bisa mengoleskan minyak tawon pada tubuh secara tipis-tipis. Ternyata nyamuk tidak menyukai aroma minyak tawon yang cukup menyengat dan malah cenderung menjauhi aroma tersebut.

7. Menyembuhkan Peradangan Pada Kulit

Manfaat minyak tawon tidak hanya sekadar untuk mengusir nyamuk. Minyak tawon yang dibuat dari ekstrak kunyit juga mengandung senyawa aktif curcumin yang berpotensi menurunkan risiko peradangan pada kulit. Bekas gigitan nyamuk membuat kulit terasa gatal, dan apabila kulit terus garuk, kulit bisa membengkak dan meradang.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengoleskan minyak tawon pada kulit yang digigit nyamuk, dengan begitu peradangan pun akan lebih cepat pulih. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar