Skip to main content

√ 7 Manfaat mengonsumsi Teh Serai Setiap Pagi

TipSehat.Net - Dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki bau yang harum, tanaman serai yang memiliki nama latin Cymbopogon Citratus ini bisa diolah menjadi minuman sehat dan menyegarkan. Tanaman serai memiliki dua macam, yaitu serai merah dan serai wulung yang masing -masing memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang lebih sering kita sebut serai ini memang memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat mengonsumsi Teh Serai Setiap Pagi
Manfaat mengonsumsi Teh Serai Setiap Pagi

Dalam tanaman serai ini terkandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh di antaranya, ada Kalori, Karbohidrat, Protein, Lemak, Asam Folat, Vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin B2, Vitamin B1, Vitamin A, Vitamin C, Sodium, Kalium, Kalsium, Tembaga, Besi, Magnesium, Mangan, Selenium dan Zinc. Selain kandungan nutrisi yang cukup banyak di dalamnya, serai juga memiliki sifat Antijamur, Antibakteri, Antiinflamasi, Diuretik, Antidepresan, Analgesik, Antipiretik dan Antioksidan.

Selain itu juga, sereh juga memiliki aroma yang istimewa yang bisa menyejukkan suasana dan memberikan efek tenang. Apalagi jika Anda mengolahnya dengan benar, seperti membuatnya menjadi teh hangat yang bisa dikonsumsi setiap pagi, dijamin virus dan racun-racun yang ada di dalam tubuh Anda akan pergi. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi the serai setiap pagi yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Melindungi Organ Pencernaan

Manfaat pertama yang bisa Anda rasakan dengan rutin mengonsumsi teh serai setiap pagi yaitu dapat melindungi organ pencernaan dari berbagai virus dan bakteri merugikan. Serai memang memiliki kandungan pendingin alami dan polifenol yang terbukti mampu meredakan penyakit di bagian pencernaan, seperti kembung, sembelit ataupun susah BAB.

Tidak cuma itu, ternyata teh serai juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang mampu mengatasi infeksi pada saluran pencernaan, seperti pada lambung, usus dan saluran kemih. Cara membuat teh serai ini pun sangat mudah. Caranya, Anda cukup merebus 2 atau 3 batang serai yang sudah digeprek dengan air secukupnya. Setelah mendidih, air rebusan serai disaring dan diminum sebelum sarapan selagi masih hangat.

2. Memperindah Kulit

Buat Anda yang mempunyai masalah dengan kulit khususnya pada daerah wajah, teh serai ini pas banget untuk Anda konsumsi. Karena, teh serai ini dipercaya mampu memperindah kulit Anda. Tidak hanya mengandung Antioksidan, teh serai juga mengandung zat Nerol dan Geraniol yang bisa membuat kulit wajah Anda lebih cerah dan bebas dari jerawat.

Tidak Cuma itu saja, teh serai juga bisa membuat wajah Anda terasa lebih kencang dan membuat pori-pori pada wajah Anda tertutup, dengan digantikan dengan sel kulit yang baru. Caranya gampang sekali, Selain bisa diminum, air rebusan serai yang sudah Anda buat menjadi teh ini bisa Anda oleskan secara merata pada wajah Anda. Selanjutnya, tunggu sampai kering, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin, maka wajah Anda akan tampak indah secara alami.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat selanjutnya yang bakal Anda dapatkan dengan rajin mengkonsumsi teh serai di pagi hari yaitu dapat melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker payudara. Penelitian menunjukkan, bahwa serai memiliki zat antioksidan dan antimikroba yang mampu menangkal berbagai virus dan racun yang masuk ke dalam tubuh.

Cara membuat the serai pun sangat mudah, Andacukup menyediakan 100 g serai dengan 2 gelas air putih. Kemudian rebus selama 15 menit, setelah 15 menit air rebusan serai diangkat dan disaring. Setelah itu langsung bisa dikonsumsi dan juga bisa ditambahkan sedikit madu biar rasanya lebih nikmat.

4. Menguatkan Stamina Tubuh

Jika Anda sering merasa lemas, tidak fit atau sedang mengalami pilek dan flu, teh serai ini sangat pas banget buat Anda konsumsi. Karena, selain bisa membuat tubuh menjadi hangat, serai juga memiliki berbagai Zat Vitamin yang sangat baik untuk menjaga stamina tubuh Anda seperti, Vitamin B1 (tiamin), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niasin), Vitamin B5 (asam pantotenat), Vitamin B6, folat serta Vitamin C.

Anda bisa mengolah serai ini menjadi minuman sehat seperti hebal. Caranya, Anda cukup menyediakan serai sebanyak 5 batang, 2 sdm gula jawa dan 5 gelas air putih. Kemudian rebus semua bahan tersebut sampai mendidih. Setelah itu saring air rebusan dan siap untuk disajikan, untuk rasa yang lebih nikmat Anda bisa mengonsumsinya selagi hangat.

5. Memperlancar Haid

Selain bisa meredakan gejala pada saat nyeri saat haid, mengonsumsi teh serai secara rutin setiap pagi juga akan membuat siklus menstruasi Anda menjadi lancar. Hal ini, dikarenakan kandungan Mineral dan berbagai Vitamin yang ada dalam serai. Sehingga, pada saat anda rutin mengonsumsi the serai tersebut segala virus dan bakteri penyebab haid tidak lancar akan hilang seketika.

6. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang melakukan program penurunkan berat badan, cocok banget nih mengonsumsi teh serai sebelum sarapan setiap pagi. Karena, teh serai ini dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat membakar lemak secara cepat dalam tubuh Anda. Selain itu juga, zat baik yang terkandung dalam serai seperti Polifenol dan Vitamin C, yang bisa menghancurkan lemak membandel dalam tubuh Anda. Caranya, cukup mengonsumsi segelas teh serai hangat sebelum sarapan, maka lemak-lemak dalam perut Anda akan menghilang. Tapi jaga lupa juga tetap melakukan olahraga secara teratur dan atur pola makan Anda juga.

7. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat mengonsumsi teh serai setiap pagi yang bisa Anda dapatkan yaitu mengatur tekanan darah tinggi dalam tubuh Anda. Serai memiliki kandungan zat bernama Potasium atau yang lebih dikenal dengan kalium ini bisa meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Sehingga akan merangsang sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan membuat tekanan darah menjadi turun.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda rasakan dengan rajin mengonsumsi teh serai setiap pagi. Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk menerapkan pola hidup sehat dengan memulai dari hal yang kecil seperti minum teh serai ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar