Skip to main content

√ 10 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Ketahui

TipSehat.Net - Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk bahan masakan. Selain warna dan cita rasanya yang khas, kunyit juga memiliki manfaat yang dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah kesehatan.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh
Tidak semua orang sembarangan bisa menggunakan bahan rempah tersebut, karena kalau salah, masakan tidak akan mengeluarkan aroma harum yang khas, khususnya kunyit. Di samping baik untuk masakan, kunyit sendiri ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, lho.

Nah, berikut ini beberapa manfaat kunyit yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Menyeimbangkan Kadar Hormon

Kunyit dapat memasok sejumlah nutrisi untuk proses produksi hormonal dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, kunyit dipercaya dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormone dalam tubuh. Di samping itu, kunyit juga bisa mencegah penyakit atau mutasi yang menghambat produksi hormonal.

2. Meredakan Peradangan

Kunyit memiliki zat aktif kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan memberikan efek antiradang, sehingga dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengonsumsi sesendok teh kunyit segar mengandung sebanyak 200 miligram kurkumin. Kandungan kurkumin ini bisa bekerja untuk memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh.

Menurut hasil uji paraklinis, khasiat dengan mengonsumsi kunyit dapat mengobati penyakit peradangan dan berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan. Mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi arthritis, aterosklerosis, dan dibates.

3. Mengurangi Rasa Mual

Tidak hanya sebagai penambah cita rasa untuk makanan, ternyata ketika lada hitam dan kunyit disatukan, hal ini bisa meredakan rasa mual.

Menurut penelitian dijelaskan, bahwa adanya piperin dalam lada hitam meningkatkan penyerapan kukurmin hingga 2.000 persen lebih cepat ke dalam darah. Bahkan, kandungan piperin dalam kunyit juga dapat memperlambat pemecahan kukurmin dalam hati, sehingga bisa bertahan lama dalam darah.

4. Mengurangi Berat Badan

Kurkumin pada kunyit berfungsi untuk menekan respons peradangan pada sel tubuh yang bisa mengurangi kolesterol, serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan yang berlebihan. Jika ingin merasakan khasiatnya secara lebih ampuh, Anda bisa mengkonsumsi kunyit yang dikombinasikan dengan asam jawa. Dalam jangka panjang, minum jamu kunyit asam Jawa ini bisa membuahkan hasil pada penurunan berat badan yang lebih makismal.

5. Antidepresan atau Sebagai Obat Penenang

Kunyit kaya akan kandungan karotenoid dan Vitamin B. Hal ini yang membantu untuk meningkatkan kadar serotonin dan juga bahan kimia penting lainnya di otak. Kunyit juga kaya akan Polifenol yang dikenal sebagai kurkumin yang sangat efektif dalam pengobatan depresi.

Kurkumin juga dapat meningkatkan tingkat Neurotransmiter seperti Serotonin dan Dopamin, sehingga membuat pikiran menjadi lebih baik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan kunyit sebagai obat depresi salah satunya dengan menambahkan kunyit ke dalam masakan atau bisa dengan membuat ramuan kunyit.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Berdasarkan Cancer Research UK, kurkumin memang memiliki efek sebagai antikanker. Efeknya sangat optimal dalam mencegah kanker payudara, kanker usur, kanker lambung, dan kanker kulit.

Penelitian lain yang dilakukan Clinical Cancer Research, membuktikan bahwa dengan tambahan satu sendok makan kunyit per hari, Anda bisa mencegah terserang kanker secara alami dan efektif.

7. Mengobati Sakit Magg

Ketika Anda sedang mag, cobalah minum secangkir teh kunyit hangat, karena kunyit bisa membantu mengurangi frekuensi gejala mag kambuh. Pasalnya, kurkumin dalam kunyit bekerja untuk mengendalikan produksi asam lambung dan empedu yang berlebih.

8. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian setuju, bahwa tidak ada pengobatan alami yang lebih baik daripada kunyit untuk menurunkan kadar gula darah dan mengembalikan resistensi insulin ke keadaan normal. Misalnya dalam Biochemistry and Biophysical Research Communications, penelitian tersebut membuktikan kunyit bisa membantu mengontrol kadar gula darah pada penyakit diabetes.

Menurut penelitian menunjukkan, bahwa suplemen dari ekstrak kunyit membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan mengobati diabetes. Maka dari itu, kunyit dianggap bisa menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes yang diakibatkan oleh peradangan.

9. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kunyit putih dianggap mampu membantu meredakan radang usus yang dipicu stress yang berlebihan. Minyak essensial dari kunyit putih juga bermanfaat untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan. Seperti, kolik, kram otot, cacingan, perut kembung, memperlancar buang air bersar, dan penurunan nafsu makan akibat lidah terasa pahit.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan faktor terpenting agar kita terhindar dari berbagai penyakit. Sayangnya, belum banyak orang yang sadar bahwa sebagian besar sistem kekebalan berhubungan langsung dengan sistem pencernaan.

Dengan mengonsumsi kunyit secara normal, mampu membersihkan tubuh dari limbah dan membantu penyerapan nutrisi penting dari seluruh makanan. Rutin mengonsumsi kunyit dapat menjaga tubuh bebas dari bakteri, virus, dan mikroba.

Menurut University of Maryland Medical Center, takaran yang dianjurkan untuk mengonsumsi kunyit dalam sehari sebagai berikut:
• Akar segar: 1,5-3 Gram
• Akar kering, bubuk: 1-3 Gram
• Bubuk standar (suplemen kurkumin) buatan pabrik: 400-600 Mg, 3 kali per hari
• Ekstrak cairan (1:1): 30-90 tetes sehari
• Tinktur (1:2): 15-30 tetes, 4 kali per hari

Nah, itulah beberapa manfaat kunyit yang  sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meski rasanya tidak seenak es buah, kita tetap perlu mengonsumsinya demi mendapat banyak manfaat dari mengonsumsi kunyit. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar