Skip to main content

√ 9 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh

TipSehat.Net - Kunyit merupakan salah satu bumbu makanan yang memiliki warna dan cita rasa yang khas. Sedangkan asam biasa digunakan untuk mengatasi gangguan perut hingga masalah pada kantong empedu. Namun, tahukah Anda jika kedua bahan alami tersebut dicampurkan atau yang lebih dikenal dengan kunyit asam, ternyata dapat mengatasi berbagai kondisi pada kesehatan tubuh Anda, Lho?

Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kunyit Asam bagi Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi jamu asam bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah penyakit. Kunyit asam juga merupakan salah satu ramuan tradisional yang sering digunakan saat seorang wanita memasuki masa menstruasi. Nyatanya, kunyit asam juga bisa memberikan manfaat lebih banyak, lohh. Nah apa saja manfaat kunyit asam itu? Berikut ulasannya:

1. Menurunkan Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa manfaat kunyit asam banyak digunakan oleh wanita saat memasuki masa menstruasi, karena kemampuannya dapat meredakan rasa nyeri saat waktu menstruasi datang.

Tidak hanya itu, menurut pakar kesehatan kunyit asam juga memiliki kemampuan untuk memperlancar siklus menstruasi setiap bulannya. Jika seorang wanita mencampurkan kunyit asam dengan daun sirih, maka rasa nyeri yang umum terjadi pada saat menstruasi tidak akan mudah terjadi, bahkan manfaat kunyit asam juga mampu mengatasi masalah keputihan.

2. Membuat Tubuh Menjadi Langsing

Manfaat kunyit asam lainnya yaitu kemampuannya untuk membakar lemak sekaligus membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan rutin mengonsumsi jamu kunyit asam, lemak dalam tubuh akan berkurang dan tubuh pun menjadi lebih langsing.

3. Mengatasi Masalah Bau Badan

Banyak orang yang mengeluhkan dengan masalah bau badan, yang membuatnya tidak percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Padahal penggunaan deodoran atau parfum sudah digunakan namun bau badan tetap saja muncul.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengonsumsi kunyit asam secara teratur untuk mengatasinya. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan daun beluntas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Membuat Kulit Lebih Cerah

Mengonsumsi jamu kunyit asam akan membuat kulit menjadi lebih sehat, lebih bersih dan lebih cerah, yang pada akhirnya membuat seseorang semakin terlihat awet muda.

5. Sebagai Antioksidan

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat kunyit asam dapat berguna sebagai antioksidan. Senyawa kurkumin yang ada pada kunyit memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi yang baik untuk tubuh.

Sebuah penelitian lain menegaskan, bahwa kombinasi formula terbaik dari kunyit asam bisa didapatkan apabila terdiri dari 5% kunyit, 25% asam dan 70% air. Ini merupakan komposisi terbaik agar Anda mendapatkan kadar antioksidan secara maksimal

6. Mengatasi Infeksi

Kandungan antibakteri, antiradang dan sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam kunyit dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. Sejumlah infeksi yang mampu diatasi yaitu infeksi tenggorokan, infeksi luka bakar, infeksi akibat radiasi sinar matahari dan infeksi lainnya.

7. Mengendalikan Gula Darah

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, sebaiknya Anda mengonsumsi jamu kunyit asam. Manfaat kunyit asam ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini diduga karena kandungan antiinflamasi yang dikandung oleh kunyit.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang menderita penyakit diabetes disarankan untuk mengonsumsi kapsul kurkumin, karena cenderung dapat menghambat kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Akhirnya, manfaat kunyit asam yang bisa didapatkan ternyata dapat mencegah penyakit diabetes. Senyawa kimia yang terkandung dalam kunyit asam ini mampu menjaga jumlah gula darah untuk dapat seimbang.

8. Menghambat Penyakit Alzheimer

Terdapat perkembangan suatu protein abnormal yaitu beta-amyloid pada otak orang yang menderita Alzheimer. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa kandungan kurkumin pada kunyit mampu menghambat pertumbuhan protein sekaligus dapat menghilangkannya. Namun, kurkumin tidak dapat membantu menghapus sejumlah gejala saat seseorang telah mengidap Alzheimer.

9. Mengobati Anemia

Manfaat kunyit asam lainnya yaitu dapat mencegah terjadinya anemia. Zat besi yang terkandung di dalam kunyit dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Tentu hal ini menjadikan kunyit sebagai bahan makanan yang baik untuk mencegah penyakit anemia.

Selain beberapa manfaat kunyit asam seperti yang sudah dijelaskan di atas, manfaat lainnya dari kunyit asam , yaitu dapat membantu menyembuhkan osteoarthritis dan kolesterol tinggi. Kandungan kurkumin dalam kunyit yang bersifat antioksidan ini dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar