Skip to main content

√ Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

TipSehat.Net - Bunga telang merupakan tanaman bunga berwarna biru terang, putih, pink, dan ungu yang dapat dimanfaatkan sebagai sebagai pewarna makanan, kue serta sebagai bahan dasar pembuatan minuman.

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan
Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan
Selain itu juga, bunga telang yang memiliki nama latin Clitoria Ternatea juga memiliki beberapa efek yang menakjubkan untuk masalah kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat bunga telang untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya:

1. Mengobati Gangguan Penglihatan

Manfaat bunga telang sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat, sebagai obat untuk mengobati gangguan pada penglihatan Anda, seperti mata merah dan sakit mata lainnya. Bunga ini dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah. Caranya, Anda cukup dengan merendam beberapa kuntum bunga telang dalam segelas air hingga air tersebut berubah warna menjadi biru. Kemudian air rendaman tersebut bisa Anda jadikan sebagai obat pencuci mata yang sakit.

2. Mengobati Bisul

Manfaat bunga telang yang berikutnya yaitu dapat mengobati bisul pada bagian tubuh secara alami. Caranya yaitu dengan menumbuk bunga telang biru bersama dengan gula jawa. Kemudian hasil tumbukan tersebut dibalurkan pada daerah yang terkena bisul, lakukan cara ini secara rutin hingga bisul tersebut sembuh.

3. Pereda Cemas dan Stress

Berdasarkan penelitian ilmiah, bunga telang juga dikenal dengan nama butterfly pea ini ternyata bersifat anti kecemasan (ansiolitik) dan anti depresi. Bila dikonsumsi secara rutin dan dalam dosis yang tepat, bisa membantu mengurangi kadar stress dan cemas akibat depresi. Caranya, ambil 5-8 kuntum bunga telang yang kemudian diseduh dengan air panas seperti the biasa. Anda juga bisa menambahkan potongan lemon agar lebih nikmat. Setelah itu, Anda rasakan efek tenang ketika Anda meminumnya. Cara ini juga bisa Anda jadikan sebagai minuman jajib setiap hari.

4. Dapat Menetralkan Sistem Pencernaan (Detoksifikasi)

Salah satu manfaat bunga telang yang sudah banyak diketahui juga yaitu dapat menetralkan sistem pencernaan atau detoksiffikasi. Teh herbal yang terbuat dari bunga telang ini dapat menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan.

Cara pembuatannya pun sangat mudah loh, Anda cukup menyeduh 2 sampai 3 kuntum bunga telang dengan menggunakan air panas selama kurang lebih 10 menit, kemudian ramuan tersebut  sudah siap untuk dikonsumsi. Untuk menambah cita rasa teh, Anda bisa menambahkan madu atau perasan jeruk lemon ke dalamnya.

5. Mengobati Batuk

Khasiat dari tanaman hias ini tak hanya terletak pada bunganya saja, namun juga bagian akarnya yang biasa Anda manfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan gangguan batuk rejan (pertusis). Rempah yang berasal dari bubuk akar telang juga bisa digunakan untuk menyembuhkan gangguan asma.

6.  Obat Anti-Diabetes

Pola makan yang buruk merupakan salah satu penyebab utama pada penyakit diabetes. Selain menguubah pola makan yang lebih sehat, Anda juga bisa mengonsumsi secangkir seduhan bunga telang ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat anti-diabetes.

Monsumsi teh bunga telang setelah makan, akan memperlambat penyerapan glukosa sehingga gula darah dalam tubuh akan tetap stabil. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan yang tinggi juga berfungsi menjaga kesehatan jantung dan mengurangi infeksi yang rentan menyerang penderita diabetes.

Untuk membudidayakan tanaman bunga telang ini juga sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan biji bunga yang bentuknya mirip dengan kacang kedelai yang sudah tua dan kering untuk disemaikan. Rambatkan pada pagar rumah, karena tanaman sangat menyukai adanya sinar matahari secara penuh.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar