Skip to main content

√ 7 Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan dan Kesehatan

TipSehat.Net - Buah lemon merupakan salah satu buah-buahan yang banyak dijadikan sebagai bahan untuk minuman. Buah lemon ini kaya akan kandungan Vitamin C yang baik untuk kesehatan. Hebatnya lagi, selain untuk kesehatan, buah lemon juga bermanfaat untuk kecantikan wajah, kulit dan untuk program diat Anda. Anda juga bisa menggunakan buah lemon ini untuk menyehatkan rambut sekaligus membuat kulit nampak lebih cantik.

Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan dan Kesehatan
Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan dan Kesehatan

Buah lemon ini selain kaya akan Vitamin C, ternyata banyak juga nutrisi sehat yang bisa ditemukan dalam buah lemon ini, seperti Asam Folat, Magnesium, Potasium, Zat Besi, Fosfor, Niasin, Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E.

Dari beberapa kandungan senyawa yang terdapat pada buah lemon ini, memili khasiat yang sangat bai untuk anggota tubuh bagian dalam maupun anggota tubuh bagian luar, yang dapat menyehatkan dan membuat Anda tampil lebih cantik. Berikut ini, ada beberapa manfaat dari buah lemon yang harus Anda ketahui baik untuk kesehatan tubuh atau kecantikan wajah, diantaranya:

1. Mencerahkan dan Membersihkan Wajah Dari Jerawat

Banyak orang yang tidak tahu jika lemon memiliki khasiat yang banyak sekali untuk kulit wajah. Banyak juga sekarang produk-produk skin care yang terbuat dari ekstrak buah lemon, yang dapat mencerahkan wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan komedo, mengobati jerawat dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Kandungan Vitamin C pada lemon ini berperan menekan sintesis pigmen yang dapat menyebabkan kulit hitam dan kerutan pada wajah. Selain itu juga, kandungan yang terdapat pada buah lemon ini dapat mengangkat dan mengeluarkan kotoran penyebab komedo dan jerawat pada wajah sehingga kecantikan kulit terjaga secara alami

Caranya sangatlah mudah, Anda cukup campurkan perasan buah lemon secukupnya dengan 2 sendok teh madu dan sedikit air, kemudian oleskanlah pada wajah sebagai masker secara merata dan tunggu hingga 15-20 menit lalu bilas hingga bersih.

Jika tidak ada madu, Anda juga bisa mencampurkan air perasan lemon dengan gula pasir secukupnya, lalu oleskan pada wajah dan tunggu hingga 15-20 menit lalu bilas. Untuk hasil yang lebih efektif Anda juga bisa mengonsumsi air lemon hangat secara teratur sebagai obat anti-penuaan.

2. Merawat Serta Membuat Rambut Berkilau

Kandungan senyawa pada lemon memiliki fungsi sebagai anti-bakteri dan pembersih alami yang dapat mengurangi ketombe pada rambut, mengurangi rambut rontok, menghilangkan rambut berminyak, membuat rambut lebih ringan dan akan membuat rambut berkilau alami. Selain itu juga lemon berfungsi dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut secara alami.

Caranya, Anda cukup campurkan air perasan buah lemon dengan 2 sendok teh madu, kemudian oleskan pada rambut sama halnya seperti Anda memakai sampo dan tunggu hingga kering lalu bilaslah menggunakan air bersih. Selain menggunakan madu, Anda juga dapat mencampurkan air buah lemon dengan minyak kelapa secukupnya dan oleskan pada rambut lalu bilas hingga bersih.

3. Memutihkan Gigi

Menjaga gigi agar tetap putih bukanlah perkara yang gampang. Seringkali Anda sering menggosok gigi namun tidak cukup putih. Buah Lemon juga dapat digunakan sebagai pemutih gigi yang efektif, karena kandungan asam yang dapat menghilangkan flek kuning pada gigi.

Caranya, Anda cukup campurkan perasan buah lemon dengan sedikit baking soda lalu oleskan dan gosok pada area gigi, kemudian diamkan selama beberapa menit lalu kumur-kumur dengan air bersih. Lakukan secara ini secara teratur dalam satu minggu sekali, Anda juga tidak disarankan melakukannya sering-sering karena dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati dan Menghilangkan Bau

Kandungan Asam dan Vitamin C pada buah lemon ini dapat mencerahkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati serta menghilangkan bau badan terutama bau ketiak. Maka dari itu buah lemon dijadikan sebagai bahan alami untuk sabun mandi.

Caranya, Anda tinggal mengambil 1 buah lemon, lalu potong menjadi 2 bagian dan gosokkan pada seluruh badan atau bagian tubuh tertentu secara merata. Tunggu hingga olesan buah lemon tersebut kering lalu bilas dengan air bersih sambil digosok-gosok untuk membersihkan sel kulit mati pada tubuh Anda.

5. Memudarkan Bekas Luka

Bagi Anda yang ingin tampil putih dan bersih, tentunya bekas luka merupakan penghalang terbesar yang sulit untuk dihilangkan. Sering kali Anda menutupinya dengan sesuatu agar bekas luka tersebut tidak tampak, namun hal tersebut bukanlah solusi. Solusi terbaik dengan menggunakan bahan organik alami yaitu dengan menggunakan buah lemon.

Ternyata, buah lemon ini bukan hanya untuk mencerahkan kulit saja, namun buah lemon juga mampu untuk menghilangkan noda hitam pada kulit termasuk bekas luka. Selain itu lemon juga dapat mendinginkan bekas luka dan mengurangi sensasi terbakar pada kulit. Caranya, Anda cukup campurkan air dengan perasan buah lemon dan aplikasikan pada kulit yang terluka secara teratur.

6. Memperkuat Kuku

Kuku merupakan salah satu bagian dari kecantikan, baik wanita ataupun pria tentu ingin memiliki kuku yang bersih, sehat dan kuat. Dengan menggunakan buah lemon ini maka kuku Anda akan lebih kuat dan tidak mudah patah.

Caranya sangat mudah, peras buah lemon pada mangkuk dan campurkan dengan minyak zaitun secukupnya. Kemudian rendam kuku beberapa saat lalu angkat dan tunggu hingga kering. Selain untuk memperkuat kuku buah lemon juga dapat memutihkan kuku.

7. Menurunkan Berat Badan dan Mendetox tubuh

Bagi Anda yang ingin tampil lebih langsing dan seksi tentunya harus memiliki berat badan yang ideal. Buah Lemon memiliki kandungan Serat Pectin atau Zat Bermolekul berat yang dapat membantu mengembang dalam perut sehingga mampu membuat perut kenyang lebih lama.

Selain itu, lemon juga mampu mendetox tubuh artinya mampu mengeluarkan racun-racun berbahaya dalam tubuh. Caranya, Anda cukup minum secara rutin air panas dengan lemon maka akan membantu mendetox tubuh dan menurunkan berat badan secara bertahap.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar