Skip to main content

√ 7 Khasiat Pinang Muda untuk Kesuburan dan Organ Reproduksi Perempuan

TipSehat.Net - Pinang merupakan salah satu buah yang banyak ditemukan di Nusa Tenggara, Maluku. Sebenarnya, tidak hanya didaerah Maluku saja, daerah lain juga terdapat buah pinang dan memiliki nama yang berbeda-beda, seperti di Aceh disebut Pineung dan di Nusa Tenggara, Maluku Pinang dikenal dengan sebutan Pua atau Bua.

Khasiat Pinang Muda untuk Kesuburan dan Organ Reproduksi Perempuan
Khasiat Pinang Muda untuk Kesuburan dan Organ Reproduksi Perempuan

Buah Pinang muda ini dipercaya banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan, buah pinang muda juga berkhasiat untuk kesehatan wanita, untuk wajah bahkan untuk kesehatan pria juga. Selain itu, mengonsumsi buah pinang muda juga bisa dicampurkan dengan bahan alami lainnya, seperti khasiat biah pinang muda dengan gula merah dan buah pinang muda dengan daun sirih.

Buah Pinang yang dimanfaatkan yaitu berupa bijinya, yakni sebagai campuran untuk mengunyah sirih. Biji pinang juga sering digunakan sebagai zat pewarna merah alami untuk makanan. Dalam kesempatan ini, Kami akan membahas tentang  manfaat lain dari pinang muda untuk kesuburan. Nah, berikut ini adalah manfaat pinang muda yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Menyehatkan Rahim

Masyarakat Biak dan Serui (Papua) sering memanfaatkan biji pinang muda ini sebagai obat alami untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Selain itu, pinang muda juga bisa dimanfaatkan untuk menghentikan perdarahan. Hal ini karena ada Senyawa Arecaidine Atau Arecaine, Choline Atau Bilineurine, Guvacine, Guvacoline dan Tannin yang terkandung didalam biji buah pinang. Sifat Astringent dan Hemostatik dari Zat Tannin inilah yang berkhasiat untuk menghentikan perdarahan. Caranya Anda bisa memasak buah pinang muda tersebut kemudian airnya diminum selama kurang lebih satu minggu.

2. Merapatkan Bagian Vagina

Bagi para perempuan yang baru saja melahirkan, salah satu masalah yang kerap dikeluhkan adalah kekhawatiran tentang vagina yang tidak bisa rapat kembali. Tenang saja, secara bertahap sebenarnya vagina bisa rapat kembali seperti sebelumnya.

Anda bisa menggunakan cara alami dengan memanfaatkan pinang muda untuk membantu proses pemulihan ini. Caranya, Anda cukup menyiapkan kulit pinang muda, kapur sirih, biji gambir dan daun sirih muda. Caranya, cabut kecil-kecil kulit pinang muda, kemudian tumbuk biji gambir, ayak kapur sirih yang sudah dibersihkan, lalu kemudian rebus air secukupnya, masukkan semua bahan tersebut lalu diaduk-aduk. Kemudian setelah matang, biarkan bahan-bahannya mengendap sempurna dan air rendaman menjadi dingin. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk membilas area pada bagian vagina secara teratur.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Asupan nutrisi yang lengkap dan bergizi menjadi salah satu upaya penting saat melakukan program hamil. Dengan demikian, kesehatan tubuh tentunya menjadi bagian yang sangat penting untuk sistem reproduksi agar bisa tetap terjaga.
Seperti yang sudah Anda diketahui, pada masa persiapan dan awal kehamilan, tubuh akan memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Untuk menjaga nafsu makan dan menjaga kecukupan nutrisi, Anda pun bisa memanfaatkan pinang muda, konsumsi secara rutin pinang muda tersebut yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

4. Meningkatkan Gairah Seksual

Manfaat pinang muda lainnya juga banyak dikenal yang bisa meningkatkan gairah seksual. Diyakini bahwa dalam buah pinang muda ini mengandung Alkaloid aktif berupa senyawa Arekolin yang dapat meningkatkan gairah seksual Anda.

Mengonsumsi air rebusan pinang maupun buah pinang muda secara langsung disebut-sebut dapat meningkatkan gairah seksual dan menjaga stamina tubuh. Oleh sebab itu, selain untuk perempuan, hal ini juga kerap dimanfaatkan oleh para laki-laki.

Caranya, ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras, kemudian kunyah dan makan buah pinang tersebut secara langsung. Cara lainnya juga, Anda bisa menumbuk biji pinang muda tersebut kmudian rebus kedalam 2 gelas air, tunggu sampai menjadi satu gelas, kemudian minum airnya secara rutin.

5. Mengatasi Keputihan

Masalah lain yang juga bisa mengganggu sistem reproduksi perempuan yaitu masalah keputihan. Meski sebenarnya normal, tetapi jika sampai berlebihan dan muncul kondisi lain seperti ada bau yang tidak sedap dan vagina terasa gatal, ini bisa jadi tanda keputihan yang sudah menjadi infeksi dan iritasi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda juga bisa memanfaatkan khasiat dari pinang muda. Caranya, seduh biji pinang muda yang sudah ditumbuk. Setelah airnya dingin, gunakan untuk membasuh area vagina untuk membantu mengatasi keputihan yang berlebihan.

6. Mengatasi Bau tidak Sedap di Vagina

Selain bisa menurunkan kepercayaan diri, vagina yang tidak sedap juga bisa menjadi salah satu pertanda adanya masalah kebersihan pada organ reproduksi. Hampir sama seperti cara untuk mengatasi keputihan, Anda bisa memanfaatkan pinang muda yang direbus, kemudian gunakan airnya rebusan tersebut untuk membasuh vagina. Komponen anti bakteri alami dalam pinang muda bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab bau tak sedap di area vagina.

7. Mengatasi Gatal-Gatal Akibat Jamur

Sering merasa gatal-gatal pada area organ intim? Bisa jadi ini disebabkan karena infeksi atau iritasi jamur. Misalnya karena diabetes yang tidak terkontrol, sistem imun yang sedang menurun, serta pemakaian antibiotik yang berlebihan.

Gatal-gatal juga bisa membuat Anda tidak percaya diri, terutama saat hendak melakukan hubungan intim. Hindari menggaruk vagina, justru bisa membuat infeksinya semakin parah. Salah satu cara alami untuk mengatasinya yaitu dengan memanfaatkan air rebusan pinang muda untuk membasuh vagina. Biji pinang muda mengandung komponen antibakteri dan antijamur yang secara alami mampu membunuh kuman dan bakteri jahat pemicu gatal pada area vagina.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar