Skip to main content

√ 8 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Tubuh

TipSehat.Net - Asam Jawa merupakan salah satu bumbu atau rempah yang sering digunakan sebagai bahan masakan ataupun jamu. Selain untuk masakan, ternyata asam jawa ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh, karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya seperti Vitamin B, Vitamin C, Zat Antioksidan, Beta Karoten dan Mineral menyimpan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Buah yang memiliki rasa asam manis ini ternyata sangat aman untuk dikonsumsi. Berikut ini manfaat asam jawa yang harus Anda ketahui, diantaranya:

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengobati Flu dan Batuk

Jika Anda sedang mengalami flu dan batuk, segeralah mengonsumsi jamu atau ramuan asam jawa. Karena, kandungan Vitamin C dalam asam jawa ini mampu meredakan flu dan juga batuk. Sedangkan rasa asamnya bisa memberikan efek rileks sehingga flu pun terasa lebih ringan. Caranya, konsumsilah asam jawa dengan segelas air hangat secara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seta mengobati flu dan batuk.

2. Mengobati Mata Kering

Jika terlalu lama menatap layar laptop ataupun gadget, seringkali membuat mata Anda terasa kering dan juga perih. Kini Anda tak perlu khawatir lagi, ternyata ekstrak biji asam jawa ini dipercaya dapat digunakan sebagai obat tetes untuk mata. Sejumlah peneliti menduga, bahwa asam jawa mengandung bahan kimia yang mirip dengan mucin pada mata, yang merupakan protein yang melapisi permukaan bola mata yang berfungsi melindungi dan membasahi permukaan kornea mata.

Selain itu juga, Asam Jawa mengandung Vitamin A, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Vitamin A ini bermanfaat untuk menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak yang diakibatkan oleh usia. Caranya, Anda bisa minum ramuan rebusan asam Jawa secara teratur yang bisa mencegah radang mata.

3. Mengobati Ambeien

Manfaat asam jawa selanjutnya, yaitu dapat mengobati ambeien. Untuk mengatasi penyakit ini salah satunya bisa dengan mengonsumsi ramuan asam jawa. Karena, asam jawa ini dipercaya mengandung berbagai zat yang memiliki efek pencahar (laksatif), yang dapat melawan jamur dan bakteri tertentu yang ada di perut Anda. Caranya, Anda cukup memerlukan 6 gram daun keji beling, 6 gram meniran, 3 gram temulawak dan 1 gram asam jawa. Semua bahan tersebut direbus secara bersamaan dengan 1 liter air. Setelah direbus biarkan hingga dingin dan kemudian saring airnya. Lalu konsumsilah sebanyak tiga kali dalam sehari.

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat asam jawa yang satu ini sangat penting untuk Anda yang menderita kolesterol. Dengan mengonsumsi ramuan asam jawa ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu dengan mengambil 200 gram asam jawa kemudian ditumbuk sampai halus. Kemudian tuangkan 200 ml air panas dan saring airnya. Setelah itu, minum sebanyak tiga kali dalam sehari.

5. Mengobati Nyeri Haid

Jika Anda sering merasakan nyeri saat haid, Asam jawa bisa menjadi solusinya. Anda hanya perlu menyiapkan 1 genggam asam jawa yang masih muda dan kunyit sebesar 2 jari. Tumbuk bahan-bahan tersebut, selanjutnya rebus bersama denga 1 gelas air. Setelah mendidih, saring airnya dan minum selama satu minggu sebelum masa haid. Namun, ramuan asam jawa tersebut sangat tidak dianjurkan untuk wanitahamil.

6. Mengobati Bisul

Bisul memang sangat menyiksa, apalagi jika letaknya berada di ketiak. Untuk itu, cara mengatasinya Anda bisa memakai asam jawa untuk menyembuhkannya. Caranya, siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram daun kangkung, 10 gram daun bayam duri dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut di tumbuk hingga halus, kemudian tempelkan ramuan tersebut pada area yang terkena bisul sampai merata. Setelah mengering Anda bisa mengganti dengan ramuan baru, begitu seterusnya sampai bisul tersebut hilang.

7. Menurunkan Demam

Ternyata ramuan asam jawa ini dapat membantu menurunkan demam pada orang dewasa, loh. Caranya, ambil 1 genggam daun asam jawa dan adas pulawaras seperlunya saja. Kemudian, rebus dengan menggunakan 1 liter air, kemudian saring airnya. Setelah itu, minum ramuan tersebut dua kali sehari secara rutin.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam jawa mengandung Polifenol seperti Flavonoid yang bersifat sebagai antioksidan bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, Antioksidan yang ada dalam asam jawa ini dapat menurunkan bahaya oksidatif pada kolersterol jahat yang dapat meningkatkan risko penyakit jantung. Selain itu juga, manfaat asam jawa dapat menurunkan kolesterol jahat, kolesterol total dan trigliserida.

9. Mengelola Diabetes

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, mungkin sudah tidak asing lagi dengan manfaat dari asam jawa untuk mengendalikan diabetesnya. Manfaat dari asam jawa ini, ternyata mampu menurunkan risiko hiperglikemia, karena kandungan magnesium dalam asam jawa sangat tinggi yaitu sekitar 28 gram. Meskipun asam jawa mengandunggula yang cukup tinggi, magnesium yang terkandung didalamnya memiliki peran yang sangat penting untuk organ tubuh pada manusia, termasuk sebagai Antidiabetes.

10. Menurunkan Berat Badan

Selain dapat mengurangi risiko penyakit diabetes, ternyata mengonsumsi ramuan asam jawa juga bisa menurunkan berat badan. Seperti yang sudah dilansir dari sebuah jurnal seputar efek tumbuhan Asia terhadap kesehatan manusia, bahwa asam jawa termasuk kedalam kategori buah yang dapat menurunkan risiko penyakit obesitas.

Obesitas sendiri merupakan kondisi ketika kadar lemak dalam tubuh seseorang meningkat secara berlebihan, terutama di dalam jaringan adiposa (lemak). Uji coba yang dilakukan pada tikus gemuk menunjukkan bahwa pemberian ekstrak asam jawa ini terbukti dapat menurunkan berat badan.

Hal tersebut terjadi karena Zat Asam Hidroksitikit atau HCA dapat membantu menghambat penyimpanan lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu, Asam jawa juga dapat menekan nafsu makan Anda karena terdapat meningkatkan kadar serotonin. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian yang benar-benar mendukung bahwa manfaat asam jawa terhadap kesehatan manusia sebagai obat alami untuk menurunkan berat badan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar