Skip to main content

√ 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

TipSehat.Net - Pepaya merupakan jenis tanaman yang sering dipelihara dan merupakan buah yang banyak digemari. Selain rasanya manis dan segar, ternyata buah pepaya juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu juga, banyak sekali jenis papaya yang sering dikonsumsi dan mengandung khasiat yang tinggi, yaitu papaya muda, papaya matang, papaya gundul dan papaya California. Ada juga cara mengonsumsi papaya yang mudah dilakukan tanpa mengurangi khasiat dari papaya tersebut. Seperti khasiat papaya muda rebus.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan
Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Selain untuk kesehatan, ternyata khasiat papaya juga bisa untuk kecantikan wajah, untuk diet dan mengobati asam urat. Hal ini karena buah pepaya mengandung banyak nutrisi, seperti Serat, Mineral, Likopen, Kalsium, Potasium, Folat, Magnesium, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin  B3, Vitamin  B5, Vitamin E dan Vitamin  K.

Berikut adalah ini beberapa khasiat buah pepaya untuk kesehatan yang perlu Anda diketahui, diantaranya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah pepaya kaya akan Beta Karoten atau Provitamin A. Kandungan ini akan diubah menjadi Vitamin A yang berperan dalam produksi antibodi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pepaya juga mengandung Serat, Vitamin C dan Enzim Papain yang berfungsi sebagai anti-inflamasi atau bersifat sebagai Anti-peradangan.

2. Menyehatkan Mata

Buah pepaya mengandung Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A ini berperan untuk membantu metabolisme sel pada mata tepatnya pada bagian retina, sehingga mata mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk membantu dalam proses kerja sel mata. Selain itu, Vitamin A juga berperan untuk menjaga kelembaban mata, sehingga terhindar dari risiko mata kering.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat yang satu ini dari buah pepaya sudah banyak diketahui oleh masyarakat, yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun, tahukah Anda kenapa papaya sangat baik untuk saluran pencernaan? Alasannya, karena pepaya mengandung Enzim Papain yang membuat protein lebih mudah untuk dicerna. Bahkan, sebuah studi menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi pepaya selama 40 hari bisa membantu menyembuhkan konstipasi dan perut kembung.

4. Baik untuk Kesehatan Rambut dan Kuku

Buah pepaya juga mengandung Vitamin dan Mineral yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kuku Anda. Anda bisa mengolah buah pepaya ini menjadi masker rambut atau mengoleskan getah pepaya pada kuku untuk membersihkan kuku bagian luar.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain baik untuk rambut dan kuku, ternyata buah pepaya juga sering diolah menjadi masker wajah. Hal ini karena buah pepaya dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit. Kandungan Likopen yang di dalamnya mengandung antioksidan berperan untuk menangani kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Enzim Papain yang terkandung dalam buah pepaya juga bisa membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit. Selain itu, kandungan Vitamin A dan Vitamin C dalam buah pepaya juga bisa membantu mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam pada wajah.

6. Menyehatkan Jantung dan Mencegah Kanker

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa buah pepaya ini mengandung Vitamin C dan Likopen. Ternyata, kandungan ini juga berperan untuk menjaga kesehatan jantung, sehingga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu juga, kandungan Likopen juga bisa mengurangi radikal bebas penyebab sel kanker dalam tubuh.

7. Mengobati Demam Berdarah

Meski butuh penelitian yang lebih lanjut, peneliti menduga bahwa pepaya bisa membantu meningkatkan Trombosit bagi Anda yang pengidap demam berdarah. Hal ini dikarenakan, bahwa pengidap demam berdarah yang mendapatkan ekstrak daun pepaya memiliki peningkatan Trombosit lebih cepat dibandingkan dengan orang yang mendapat pengobatan biasa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar