Skip to main content

√ 8 Manfaat Saffron Bagi Kesehatan

TipSehat.Net - Saffron merupakan rempah yang dapat digunakan untuk penyedap makanan, pewarna makanan, dan perisa makanan. Meski lebih dikenal sebagai bumbu masakan, saffron juga dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatantubuh.

Manfaat Saffron Bagi Kesehatan
Manfaat Saffron Bagi Kesehatan
Saffron merupakan rempah berbentuk benang halus dan tipis berwarna merah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Saffron ini merupakan salah satu rempah termahal di dunia karena cara penanaman dan pemanenannya yang sangat rumit, serta membutuhkan teknik khusus. Selain itu, untuk mendapatkan 1gram benang saffron saja, dibutuhkan 150 bunga saffron.

Manfaat Saffron bagi Kesehatan

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa saffron memang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menangkal Radikal Bebas

Saffron mengandung berbagai komponen berupa senyawa antioksidan, sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Seperti telah kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

2. Menurunkan Nafsu Makan Dan Mengurangi Berat Badan

Buat Anda yang sedang melakukan diet, rempah saffron yang dibuat menjadi ekstrak juga dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebih. Karena, kandungan beberapa senyawa alami yang terdapat pada bunga saffron dapat menghambat atau mengurangi produksi hormon leptin dan ghrelin yang memicu timbulnya rasa lapar dan dapat menurunkan berat badan.

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, saffron juga bermanfaat untuk menurunkan lingkar perut dan massa lemak total pada pasien yang menderita jantung koroner.

3. Meningkatkan Mood Dan Membantu Pengobatan Depresi

Depresi merupakan salah satu penyakit yang terbilang cukup membahayakan, karena dapat menggangu kesehatan fisik, depresi pun akan turut mengancam kesehatan mental Anda.
Buat Anda yang belum tahu, bahwa kandungan crocin dan safranal yang terdapat pada rempah saffron ini dapat menstabilkan beberapa hormon pada tubuh, salah satunya dopamin yang bisa meningkatkan mood dan mengendalikan emosi. Dengan kata lain saffron dapat digunakan sebagai antidepresan atau obat penenang alami.

4. Membantu Pengobatan Kanker

Saffron kaya akan kandungan antioksidan, yang dapat membantu menetralisir radikal bebas berbahaya yang masuk kedalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker. Dalam sebuah penelitian tabung reaksi, putik saffron dan senyawa yang terkandung didalamnya telah terbukti dapat membunuh sel-sel kanker usus besar secara selektif atau menekan pertumbuhannya.

Efek ini juga berlaku untuk mencegah kanker, seperti pada kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, leher rahim, dan beberapa sel kanker lainnya, karena kandungan crocin sebagai antioksidan utama dalam saffron.

5. Meringankan Nyeri Haid dan Gejala PMS

Saffron juga bermanfaat untuk wanita yang mengalami gangguan nyeri haid setiap bulannya. Seperti yang kita ketahui, bahwa pada saat PMS tiba seorang wanita kan mengalami gangguan pada tubuhnya entah dalam bentuk nyeri yang sangat kuat atau pusing. Kondisi ini bisa sangat parah dan membuat wanita menjadi lebih lemas bahkan hingga pingsan.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan, bahwa dengan mengonsumsi sekitar 30 gram saffron bisa mengatasi rasa nyeri haid dan inflamasi yang terjadi pada wanita yang sedang mengalami PMS. Kemampuan ini juga bisa didapatkan dengan hanya menghirup aroma dari saffron selama 20 menit, karena gangguan rasa cemas dan mood yang buruk dari produksi kortisol bisa segera diatasi.

6. Menurunkan Kadar Lemak Darah

Manfaat lain dari mengonsumsi saffron terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta meningkatkan konsentrasi kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

7. Membantu Meringankan Penyakit Alzheimer

Bagi para penderita alzheimer, mengonsumsi saffron sangat disarankan karena dapat meningkatkan daya ingat dan bisa meningkatkan fungsi kognitif. Ternyata penggunaan saffron sebagai alternatif untuk mengobati penyakit alzheimer dalam kategori ringan hingga sedang jauh lebih baik ketimbang mengonsumsi obat donepezil sebagai pengobatan konvensional yang memang diperuntukkan mengatasi penyakit satu ini.

Mengonsumsi saffron dalam bentuk apa pun ternyata mampu meningkatkan kemampuan kognitif pada penderita Alzhiner. Diketahui bahwa dengan mengonsumsi rempah saffron ini dapat meminimalisir risiko terkena penyakit alzheimer yang menyerang kemampuan kognitif seseorang. Oleh karena itu Anda disarankan untuk mengonsumsi rempah saffron secara rutin untuk meningkatkan fungsi kognitif secara signifikan.

8. Membantu Pengobatan Penyakit Diabetes

Manfaat saffron juga dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang dapat membantu pengobatan pada pasien diabetes. Berdasarkan penelitian, bahwa dengan mengonsumsi saffron sebanyak 30 mg per hari sudah cukup untuk memberikan manfaat bagi kesehatan.

Secara umum, mengonsumsi saffron sangat aman selama dosisnya tidak berlebihan. Beberapa efek samping yang dapat muncul jika mengoonsumsi secara berlebihan, yaitu sakit kepala, nyeri perut, mual, perubahan nafsu makan, mulut kering, dan rasa kantuk. Selain itu, mengonsumsi saffron lebih dari 5 gram per hari berisiko menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi saffron, terutama jika mengonsumsinya secara rutin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar