Skip to main content

√ 7 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

TipSehat.Net - Timun merupakan buah yang biasa dihidangkan sebagai pelengkap lalapan, acar atau sayur. Buah ini sering dijumpai sehari-hari karena mudah didapat. Di samping itu, rasanya yang segar dan manis sehingga sangat cocok untuk diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Namun, tahukah Anda bahwa timun juga bisa dijadikan sebagai minuman? Renyah, berair, segar dan sehat merupakan beberapa istilah yang dapat digunakan untuk menggambarkan mentimun. Buah ini dapat dimakan sebagai camilan, ditambahkan ke dalam salad atau sandwich atau bisa dijadikan smoothie. Sebanyak 95% mentimun mengandung air yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi orang-orang yang sedang melakukan program menurunkan berat badan.

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan
Manfaat Mentimun untuk Kesehatan
Di dalam 100 g mentumun mengandung 16 kalori, serat makanan 0,5 g, lemak 0,11 g, protein 0,65 g, tiamin 0,027 mg, riboflavin 0,033 mg, niasin 0,098 mg, asam pantotenat 0,259 mg, vitanin B6 0,04 mg, mangan 0,079 mg dan seng 0,2 mg.

Khasiat Mengonsumsi Air Mentimun

Khasiat air timun bagi tubuh sangat bermanfaat untuk menghalau berbagai masalah kesehatan. Jika Anda rutin minum air timun paling tidak delapan gelas setiap harinya, Anda akan mendapatkan manfaat-manfaat berikut ini, diantaranya:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Anda mungkin pernah mendengar kegunaan timun sebagai masker wajah kan? Ternyata, mengonsumsi mentimun juga sangat bermanfaat bagi kulit, untuk menjaga kesehatan kulit baik dari luar maupun dari dalam. Caranya, Anda bisa secara rutin minum air timun yang akan membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan lebih kenyal.  Kandungan asam pantotenat yang dikenal dengan Vitamin B5 dalam mentimun sangat ampuh untuk mengobati jerawat.

2. Mencegah Penuaan dan Melawan Radikal Bebas

Aktivitas Anda sehari-hari berisiko dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini karena radikal bebas bisa menyerang Anda melalui polusi, asap rokok atau sinar matahari. Timun kaya akan kandungan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan berbagai sel dalam tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan beta-karoten, vitamin C dan berbagai mineral seperti mangan sangat baik untuk mencegah proses penuaan dini.

3. Mencegah Naiknya Tekanan Darah

Khasiat dari mengonsumsi air timun bagi kesehatan ternyata dapat mencegah naiknya tekanan darah dalam tunuh. Bagi Anda yang menderita hipertensi, biasanya dalam tubuh terdapat kadar sodium yang terlalu tinggi. Nah, kelebihan sodium tersebut dapat berisiko menyebabkan kadar air dalam tubuh menjadi tidak seimbang, hal ini akan memicu naiknya tekanan darah tinggi. Untuk menetralkan kadar air tersebut, tubuh memerlukan kandungan kalium yang cukup.

Anda bisa mencegahnya dengan rutin mengonsumsi air timun yang kaya akan kalium yang berfungsi untuk membantu menyeimbangkan kadar sodium yang ada pada ginjal. Dengan begitu, tekanan darah dalam tubuh akan menjadi lebih stabil dan Anda bisa mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu, air timun juga bisa menjaga agar darah dalam tubuh Anda tetap menggumpal secara wajar.

4. Membuang Racun-Racun Dalam Tubuh

Timun memiliki sifat sebagai diuretik atau bisa memicu produksi air seni. Hal ini berarti ginjal akan semakin sering mendorong racun-racun, bakteri dan zat hasil metabolisme yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh keluar melalui urin. Proses ini juga dikenal sebagai detoksifikasi, dimana tubuh akan menjadi lebih segar karena bersih dari berbagai racun dan zat yang berbahaya.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Terkadang Anda sering merasa lapar dan ingin makan sesuatu, padahal Anda sebenarnya hanya kekurangan cairan dan merasa haus. Cobalah untuk menenggak secangkir air timun ketika Anda tiba-tiba merasa lapar. Minuman ini yang akan membantu Anda merasa lebih kenyang dengan kadar kalori yang sangat rendah. Jika Anda tidak merasa lapar lagi setelah minum air timun, berarti Anda hanya merasa haus. Cara ini sangat baik untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan atau menjaga berat badan Anda.

6. Membantu Mencegah Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa kukurbitasin dan senyawa lignan yang terdapat pada mentimun mampu melawan pertumbuhan sel kanker. Studi lain yang dilaksanakan oleh Robert H. Lurie Cancer Center di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa timun bisa membunuh berbagai jenis sel-sel kanker, mengecilkan tumor dan merangsang sistem kekebalan tubuh Anda. Kanker prostat juga bisa dilawan dengan senyawa flavonoid fisetin yang terkandung dalam mentimun.

7. Memperkuat Tulang

Timun memiliki kandungan Vitamin K yang sangat tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi satu gelas air timun bisa memenuhi hingga 20% dari angka kebutuhan Vitamin K yang disarankan dalam satu hari. Vitamin ini yang sangat berguna untuk memproduksi protein yang dibutuhkan oleh tulang dan jaringan-jaringan pembentuknya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar