Skip to main content

√ 9 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan yang Wajib Anda Dicoba

TipSehat.Net - Labu siam merupakan salah satu sayuran yang mengandung karbohidrat, kalori serta lemak yang cukup rendah. Lemak dalam labu siam tergolong sebagai lemak yang baik dan tidak memiliki kolesterol sama sekali. Dengan demikian, Anda bisa menjadikan jenis sayuran labu ini sebagai menu makanan yang sehat untuk dikonsumsi keluarga Anda.

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan
Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan
Selain mengandung karbohidrat dan lemak, labu siam juga memiliki beragam jenis kandungan sehat lainnya seperti Asam Folat, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin E, Sodium, Kalsium, Zat Besi serta Magnesium. Selain itu terdapat kandungan yang sehat, labu siam juga siap membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan kuat.

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Ada begitu banyak manfaat labu siam yang sangat baik bagi kesehatan. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat labu siam yang pertama yaitu untuk menurunkan berat badan. Bagi anda yang memiliki berat badan yang berlebih tentu saja Anda bisa mengonsumsi labu siam sebagai salah menu diet sehat anda. Karena, labu siam ini mengandung kalori yang kaya akan serat dan mampu mengenyangkan. Hal ini membuat labu siam menjadi sayuran sehat yang sempurna bagi diet anda.

2. Mencegah Sembelit

Manfaat labu siam yang selanjutnya yaitu sangat bagus untuk mencegah sembelit. Konstipasi atau sembelit dapat terjadi akibat kurangnya asupan berupa makananyang mengandung serat. Karena kandungan labu siam yang berserat serta kandungan airnya, maka labu ini sangat cocok bagi Anda untuk melancarkan pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit.

3. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Labu siam juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Gejala penuaan yang muncul sebelum waktunya bisa terjadi akibat pola hidup yang kurang sehat serta adanya paparan dari radikal bebas.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi labu siam secara rutin, karena mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk melawan radikal bebas dan juga ROS atau zat oksigen yang reaktif dan berbahaya bagi kesehatan. Radikal bebas dan ROS merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan dini sehingga harus Anda dihindari.

4. Bagus untuk Ginjal

Manfaat labu siam yang selanjutnya yaitu bagus untuk membantu perawatan batu ginjal. Meski demikian, yang perlu digunakan yaitu bagian dari daunnya bukan buahnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of North Florida menemukan jika daun dari labu siam sangat bermanfaat untuk mengatasi batu ginjal.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Labu siam juga dikenal untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, Anda bisa mengonsumsi labu siam secara rutin .Hal ini memiliki efek diuretik serta kandungan antioksidan yang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

6. Menurunkan Kolesterol

Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang tidak mengandung kolesterol serta lemak jahat yang lainnya. Sehingga anda bisa menjadikan labu ini sebagai pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan terkait dengan kolesterol.

7. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat labu siam yang selanjutnya yaitu untuk menangkal radikal bebas. Di dalam labu siam juga terkandung senyawa Flavonoid dalam bentuk Luteolin dan Apigenin. Keduanya senyawa tersebut merupakan senyawa antioksidan yang terkenal sangat bagus dalam menangkal serangan dari radikal bebas.

8. Bagus untuk Perkembangan Janin

Labu siam sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi di dalamnya, sehingga sangat bagus untuk membantu pertumbuhan DNA dan juga sel. Ibu hamil bisa mengonsumsinya agar bayi terlahir sehat dan terhindar dari cacat lahir.

9. Menambah Stamina

Labu siam juga bisa digunakan untuk menambah stamina dalam tubuh Anda. Karena memiliki kandungan sehat berupa elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Elektrolit terbesar dari labu siam bisa ditemukan dalam bentuk potasium ataupun kalium. Oleh karena itu mengonsumsi labu siam secara rutin dan dapatkan hasilnya secara maksimal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar