√ 12 Manfaat Daun Pandan yang Wajib Anda Ketahui untuk Kesehatan

Tipsehat.net - Daun pandan yang memiliki nama latin Pandanus amaryllifolius Roxb Merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk memberi aroma yang khas pada makanan. Selain itu, daun pandan juga kerap kali dijadikan sebagai pewarna atau penambah rasa bagi beberapa jenis makanan dan minuman.

Manfaat Daun Pandan
Manfaat Daun Pandan
Memiliki aroma yang khas, daun pandan juga kerap digunakan agar makanan atau minuman memiliki aroma khas yang alami. Dengan kandungan Tannin, Glikosida, dan Alkaloid, daun pandan ternyata memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut berbagai manfaat daun daun pandan, diantaranya:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah
Manfaat daun pandan yang pertama yaitu berkhasiat bisa menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak dari daun pandan mampu menurunkan kadar gula darah yang Postprandial. Tidak hanya itu, ekstrak daun pandan juga mampu meningkatkan produksi insulin pada sel pancreas, hal ini tentu saja akan mencegah datangnya penyakit diabetes.

Menurut sebuah penelitian di Thailand yang diterbitkan oleh Pharmacognosy Magazine, teh atau ekstrak daun pandan dapat membantu seseorang menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini telah terbukti bahwa glukosa plasma dari seseorang yang diteliti telah menurun secara signifikan selama periode penelitian.

2. Meningkatkan Nafsu Makan
Meningkatkan nafsu makan juga bisa menjadi salah satu khasiat dari daun pandan. Dengan menambahkan aroma pandan pada makanan, hal ini dapat merangsang nafsu makan dan rasa lapar Anda. Pada akhirnya, daun pandan juga memiliki khasiat khusus yang dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

Untuk mendapatkan manfaat daun pandan secara maksimal, Anda bisa memasukkan daun pandan ke dalam makanan sehari-hari. Jika Anda memiliki masalah nafsu makan yang serius, Anda dapat merebus daun pandan dan minum ramuan tersebut dua kali sehari.

3. Menetralisir Racun di Dalam Tubuh
Manfaat daun pandan yang selanjutnya yaitu bisa mengatasi keracunan dalam tubuh Anda. Caranya, Anda bisa membuat teh atau ekstrak yang dibuat dari dari daun pandan sebagai pertolongan pertama. Karena, kandungan daun pandan dipercaya mampu mendetoksifikasi racun yang ada dalam tubuh, khususnya pada organ hati. Hal ini dapat membantu mengeluarkan racun dan zat tidak sehat dari dalam hati dan tubuh Anda.

Tidak hanya itu, manfaat daun pandan lainnya juga bisa dijadikan pencahar ringan yang aman untuk dikonsumsi anak-anak yang mengalami sembelit.

4. Menjaga Kondisi Saraf
Percaya atau tidak, manfaat daun pandan lainnya yang bisa Anda dapatkan yaitu sebagai obat saraf. Anda bisa minum air rebusan dari daun pandan untuk mengobati beberapa masalah saraf yaitu dengan meminumnya 2 kali sehari. Caranya, yaitu dengan merebus 3 lembar daun pandan dengan 3 gelas air, kemudian masak hingga tersisa kurang lebih 2 gelas. Kemudian Anda bisa minum air rebusan tersebut secara teratur.

5. Mengatasi Nyeri
Sifat analgetik pada daun pandan bisa mengatasi rasa nyeri pada bagian kepala, dada, kram perut, atau yang disebabkan oleh arthritis. Untuk mengatasi rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut, Anda hanya perlu mengkonsumsi teh daun pandan dua kali dalam sehari.

6. Mengatasi Rematik
Manfaat daun pandan yang tidak disangka - sangka yaitu kemampuannya mengatasi rematik. Caranya,  yaitu dengan merebus daun pandan, setelah itu air rebusannya bisa digunakan sebagai minyak gosok bersama dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan dan pijat – pijat secara perlahan pada area tubuh yang terkena rematik, seperti lutut, kaki dan pergelangan tangan.

7. Mengatasi Masalah Rambut Rontok Dan Ketombe
Rambut rontok adalah masalah yang disebabkan olehbeberapa faktor, namun faktor utamanya yaitu kurangnya nutrisi rambut. Manfaat dari daun pandan bisa Anda coba untuk mengatasi masalah rambut rontok dan menghilangkan ketombe. Caranya, yaitu daun pandan yang ditumbuk dengan halus dan dicampur dengan air bisa dijadikan masker rambut yang dioleskan pada rambut dan kulit kepala. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk menggunakannya sebagai masker rambut, maka masalah rambut seperti rontok dan ketombe bisa hilang.

Daun pandan memiliki kemampuan untuk menyehatkan dan melembapkan rambut, maka hal itu juga akan membuat rambut Anda menjadi lebih kuat. Rambut yang kurang gizi membuat rambut lebih mudah rontok. Oleh karena itu, menyuburkan rambut dengan menggunakan masker daun pandan adalah solusi sempurna untuk memperkuat rambut.

Manfaat daun pandan lainnya yaitu bisa merangsang pertumbuhan rambut. Ketika Anda secara teratur menggunakan masker daun pandan, rambut Anda akan tumbuh lebih cepat dan volumenya akan meningkat.

8. Melawan Kanker
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat dari daun pandan bisa mengatasi kanker. Daun pandan bersifat Antimitotic, Apoptosis, Antiproliferatif, dan Efek Sitotoksik yang mampu mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh anda.

9. Menyembuhkan diare
Karena daun pandan memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba, secara keseluruhan tanaman ini dipercaya dapat membersihkan mikroba yang berbahaya dari usus. Jika Anda mengalami diare yang disebabkan oleh keracunan makanan atau bakteri, Anda bisa minum ekstrak teh daun pandan untuk mengurangi rasa sakit pada perut dan menghentikan volume buang air besar.

10. Meringankan Perut Kram
Teh daun pandan memiliki efek terapeutik untuk kram perut dan jenis penyakit perut lainnya. Kram perut dapat terjadi sebagai gejala dari berbagai jenis penyakit termasuk gangguan pencernaan, keracunan makanan, dan penyakit radang usus. Selain memberikan manfaat besar daun pandan ini juga akan mengurangi rasa sakit yang muncul saat perut kram.

11. Mengobati Insomnia dan Masalah Tidur Lainnya
Daun pandan mengandung tannin, yang merupakan salah satu efek yang memberikan penenangaa. Oleh karena itu, makanan nabati yang mengandung tannin dapat digunakan untuk menenangkan saraf dan meningkatkan tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

Daun pandan secara tradisional digunakan sebagai bahan untuk minuman herbal yang berguna untuk memberikan relaksasi. Minum the daun pandah herbal akan memecahkan masalah gangguan tidur yang mengganggu Anda, salah satunya adalah insomnia.

12. Meredakan Stres
Manfaat daun pandan yang terakhir yaitu kemampuannya mengatasi stres. Karena daun pandan memiliki beberapa sifat penenang, terutama dapatmengurangi rasa stres dan cemas yang Anda alami. Setiap kali Anda merasa bahwa Anda perlu bersantai karena tubuh sedang stres, cobalah minum segelas teh daun pandan untuk memberikan rasa rileks pada tubuh Anda.

0 Response to "√ 12 Manfaat Daun Pandan yang Wajib Anda Ketahui untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel