Skip to main content

√ 5 Manfaat Bawang Putih untuk Pria dan Cara Penggunaannya

TipSehat.Net - Bawang putih termasuk umbi-umbian yang tumbuh di daerah Asia, termasuk Indonesia. Jika dimakan mentah, bawang putih memiliki rasa getir dan menyengat pada mulut. Bawang putih juga memiliki bau yang mudah tertinggal dan menempel, baik di tangan atau benda-benda lainnya.

Bawang putih juga biasa dijadikan sebagai bumbu masakan, karena mengandung senyawa aktif bernama Allicin, yang dipercaya dapat membantu mencegah hipertensi dan menurunkan berat badan. Selain itu juga, bawang putih mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Bawang Putih untuk Pria dan Cara Penggunaannya
Manfaat Bawang Putih untuk Pria

Bawang putih yang memiliki nama latin Allium sativum ini mengandung Vitamin C, Kalori, Fosfor, Protein, dan Zat Besi. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa manfaat bawang putih sebagai obat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan lambung juga bermanfaat bermanfaat untuk kesehatan pada pria.

Penasaran apa saja manfaat bawang putih untuk pria dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini ulasannya:

1. Meningkatkan Produksi Testosteron

Bawang putih ternyata mampu meningkatkan produksi testosterone bagi pria. Testosteron merupakan hormon yang penting untuk sistem reproduksi. Produksi testosteron akan menurun saat pria memasuki usia 30 tahun.

Hormon testosteron berfungsi untuk memperkuat otot dan kepadatan pada tulang. Selain itu, testosteron juga berpengaruh pada jumlah produksi sperma. Saat terjadi pembuahan, testosteron inilah yang akan membentuk genital laki-laki pada janin. Oleh sebab itu, mengonsumsi bawang putih dianjurkan bagi pria untuk meningkatkan produksi testosteron.

2. Menambah Gairah Seksual Pria

Manfaat bawang putih bagi pria juga dapat menambah gairah seksual. Ada berbagai faktor yang dapat memengaruhi gairah seksual pria, salah satunya adalah kadar testosteron. Semakin banyak jumlah produksi testosteron, maka semakin bergair juga seksual seorang pria.

Selain itu, kandungan dalam bawang putih juga mampu memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih berenergi dan gairah seksual semakin meningkat.

3. Menjaga Kesehatan Prostat

Prostat adalah kelenjar eksokrin yang letaknya berada dalam panggul dan dekat dengan kandung kemih. Dalam sistem reproduksi, kelenjar prostat yang menentukan kesuburan pada pria.

Fungsi prostat adalah mengeluarkan cairan yang melindungi sperma. Saat ejakulasi, prostat menutup saluran yang menuju kandung kemih, kemudian cairan yang dikeluarkan oleh prostat juga membuat sperma bisa bergerak menuju rahim wanita. Nah, begitu pentingnya fungsi-fungsi tersebut dalam sistem reproduksi, membuat pria harus senantiasa menjaga kesehatan prostat.

Seiring pertambahan usia, ukuran prostat pun mengalami pembesaran. Apabila ukuran prostat terlalu besar atau ditemukan gangguan lain seperti infeksi atau peradangan, fungsi prostat tidak akan berjalan denga optimal.

Caranya Anda dapat mengonsumsi bawang putih untuk menyehatkan prostat. Sebab bawang putih dipercaya mampu menurunkan risiko Benign Prostatic Hyperplisia (BPH) atau kondisi pembesaran prostat jinak.

4. Terhindar Dari Disfungsi Ereksi

Bawang putih juga dipercaya dapat mencegah disfungsi ereksi. Kondisi disfungsi ereksi atau ketidakmampuan pria mencapai atau mempertahankan ereksi saat berhubungan seksual. Padahal jika mendapat rangsangan, penis yang sehat akan mengeras dan menegak.

Ada berbagai macam penyebab disfungsi ereksi. Salah satunya yaitu tidak lancarnya peredaran darah menuju organ seksual. Nah, kandungan dalam bawang putih ternyata mampu melancarkan peredaran darah, sehingga jika Anda rutin mengonsumsi bawang putih, maka pria mampu mengurangi dari disfungsi ereksi.

5. Menghasilkan Bau Tubuh Khas Pria

Mengonsumsi bawang putih ternyata membuat produksi keringat pada pria semakin meningkat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa aroma tubuh pria ternyata mampu menambah ketertarikan seorang wanita. Meski terdengar aneh, keringat dan aroma tubuh pria ini dinilai seksi dalam pandangan sebagian besar wanita.

Cara Penggunaannya:

Anda harus memilih bawang putih yang baik, karena hal ini sangat penting agar bawang putih yang dikonsumsi benar-benar mengandung zat dan nutrisi yang diperlukan.

Berikut ini adalah cara memilih bawang putih yang baik, yaitu:

  1. Pilih bawang putih yang segar dan tidak layu
  2. Kulit bawang putih terlihat bening dan teksturnya seperti kertas
  3. Bawang putih yang baik memiliki semburat hijau pada bagian tengah
  4. Hindari bawang putih yang warnanya terlalu kuning dan terlihat kering
  5. Perhatikan bagian bonggolnya, jika bonggol bawang putih keras saat disentuh, maka bawang putih tersebut sangat baik
  6. Jangan memilih bawang putih yang bonggolnya bertunas, sebab bawang putih dengan bonggol bertunas artinya bawang putih tersebut sudah hamper membusuk.


Jika sudah memilih bawang putih yang baik, selanjutnya Anda harustahu cara penggunaannya. Cara penggunaan bawang putih ini bisa dengan dikonsumsi langsung saat masih mentah atau diolah dengan campuran makanan lain. Namun manfaatnya bawng putih yang dikonsumsi secara langsung akan bertambah apabila dikonsumsi dengan campuran lain seperti madu dan susu.

Cara Mengonsumsinya:

  1. Siapkan 5-6 siung bawang putih ukuran sedang, 1 gelas susu,dan 5 sendok makan madu asli.
  2. Haluskan bawang putih, Anda bisa ditumbuk atau dengan cara blender.
  3. Selanjutnya peras bawang putih yang sudah dihaluskan tadi hingga mendapatkan sarinya.
  4. Campurkan air perasan bawang putih tersebut dengan susu dan madu.
  5. Aduk hingga rata.
  6. Minum setiap malam sebelum Anda tidur.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar