Skip to main content

√ 8 Khasiat Minum Air Kelapa untuk Kesehatan

Tipsehat.net - Minum air kelapa bisa dijadikan pilihan yang sangat alternatif untuk mengembalikan kesegaran di tengah cuaca yang sangat panas. Air kelapa memiliki rasa khas yang enak, sehingga cocok dikonsumsi ketika sedang beraktivitas berat dan banyak berkeringat. Selain itu, air kelapa juga cocok untuk bagi Anda yang sedang kehilangan banyak cairan akibat diare.

Selain untuk menghilangkan rasa haus, air kelapa juga mempunyai khasiat yang dapat membawa kebaikan untuk kesehatan tubuh. Walaupun air kelapa memiliki segudang manfaat untuk tubuh, tetapi Anda perlu membatasi konsumsinya, karena walaupun air kelapa tetapi mengandung kalori. Makanya Anda disarankan untuk mengonsumsi air kelapa sekitar satu gelas saja per harinya.

Khasiat Minum Air Kelapa
Khasiat Minum Air Kelapa
Nah, berikut ini saya telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat minum air kelapa untuk kesehatan yang bisa membantu meredakan masalah di tubuh, diantaranya:

1.Mengatasi Keluhan Pencernaan
Minum air kelapa bisa membantu mengatasi keluhan pencernaan seperti mual, muntah dan diare. Air kelapa dapat membantu mengurangi gejala yang menyebabkan mual, kembung, dan sangat nyaman untuk dikonsumsi.

Minum air kelapa akan membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat gangguan pencernaan yang Anda alami.

2.Membantu Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi
Air kelapa dipercaya untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal, menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi, bahwa dengan rutin mengkonsumsi air kelapa, menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi secara rata-rata menurun. Hal ini dikarenakan pada air kelapa banyak mengandung potassium dan magnesium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan kadar sodium di dalam tubuh. Hal ini membuktikan bahwa air kelapa dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

3.Menghilangkan Rasa Mabuk Akibat Alkohol
Manfaat minum air kelapa untuk kesehatan lainnya yang bisa Anda rasakan yaitu menghilangkan rasa mual atau mabuk akibat minum alkohol. Rasa pusing akibat mabuk karena berlebihan minum alkohol bisa diredakan dengan meminum air kelapa ini.

Air kelapa tidak menimbulkan rasa mual atau kembung ketimbang air putih biasa atau jenis minuman lainnya sehingga dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman karena mabuk alkohol. Minum air kelapa juga akan menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh setelah muntah atau ketika buang air kecil.

4.Menghidrasi Kulit
Beberapa orang kerap merasakan kulit kering pada bagian tubuhnya. Kalau Anda pernah mengalami kondisi ini, kemungkinan kulit tubuh Anda sedang kekurangan cairan. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, salah satunya yaitu dengan minum banyak air putih.
Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung Vitamin C yang bisa menyehatkan kondisi kulit Anda.

5.Melindungi dan Menjaga Elastisitas Kulit
Manfaat minum air kelapa untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan lainnya yaitu mendapatkan kulit yang lembut dan elastis. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung banyak Vitamin C. Sedangkan tubuh juga membutuhkan asupan Vitamin C yang cukup untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas.

Maka, dengan minum air kelapa setidaknya satu gelas dalam sehari, bisa memenuhi 40% kebutuhan Vitamin C harian kamu. Air kelapa juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif untuk mencukupi asupan pada kulit tubuh Anda.

6.Menyembuhkan Sakit Kepala
Beberapa kasus sakit kepala, seperti migrain biasanya dipicu oleh dehidrasi atau kekurangan asupan cairan dalam tubuh. Karena itu, air kepala bisa membantu merehidrasi yang sangat baik untuk diminum. Air kelapa juga kaya akan kandungan magnesium, biasanya orang yang sering migrain yang diakibatkan karena rendahnya kadar magnesium di tubuhnya, bisa menjadi cara yang alternatif untuk menghilangkan rasa sakit kepala.

7.Menurunkan berat badan
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka rutinlah minum air kelapa. Karena air kelapa memiliki kandungan kalori yang rendah namun tidak berbahaya untuk kesehatan lambung. Serta andungan bio aktif enzim di dalamnya membantu metabolisme dan menghancurkan lemak. Selain itu, kandungan potassium pada air kelapa juga membantu mengontrol sodium di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, bahwa terlalu banyak sodium akan mengikat banyak air sehingga tubuh Anda akan berat oleh air (istilah lainnya water weight).

8.Sebagai Obat Awet Muda
Air kelapa banyak mengandung Cytokinins yang memiliki fungsi menghambat penuaan pada sel-sel kulit tubuh Anda. Selain itu, jika sel-sel kulit tubuh terus beregenerasi dengan baik, risiko penyakit degeneratif juga akan berkurang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar