Skip to main content

√ 7 Khasiat Daun Kumis Kucing untuk Mengobati Penyakit

Tipsehat.net - Disebut dengan tanaman kumis kucing, karena tanaman ini memiliki bentuk bunga yang menyerupai kumis pada kucing. Tanaman ini biasa juga dijadikan sebagai tanaman hias, karena rupanya yang “unik” tanaman ini juga sering digunakan untuk ramuan obat, karena memiliki kandungan zat dan senyawa yang memiliki khasiat dan manfaat untuk tubuh Anda.

Khasiat Daun Kumis Kucing
Khasiat Daun Kumis Kucing
Kandungan zat dan senyawa dalam tanaman kumis kucing, antara lain:
• Minyak astiri
• Orthosiponin glikosida
• Saponin
• Kalium
• Samak
• Lemak
• Sapofonin
• Sinensetin
• Mioinositol
• Fenolat
• Orthosiponin glycosides

Terkenal karena manfaatnya untuk kesehatan, tanaman kumis kucing ini biasanya mudah ditemui dalam bentuk daun kering, tablet, ekstrak teh, dan kapsul. Atau Anda juga bisa merebusnya kemudian meminumnya.

Atau bisa juga dicampur dengan bahan lain seperti oregano yang dapat digunakan sebagai obat untuk asma ringan dan batuk rejan. Bisa juga dicampur dengan bahan lain seperti jahe atau rempah - rempah lainnya. Selain yang sudah disebutkan tadi, berikut ini ada beberapa manfaat dari tanaman kumis kucing yang diyakini bisa mengobati beberapa penyakit, diantaranya:

1. Masalah Pernapasan
Khasiat daun kumis kucing yan pertama, yaitu dapat mengobati masalah pernapasan seperti asma dan batuk. Gangguan pada tenggorokan ini biasanya timbul karena disebabkan oleh alergi, bakteri, kuman serta kotoran yang terhirup ketika manusia bernafas. Oleh karena itu, kandungan antioksidan yang terdapat pada daun kumis kucing, dipercaya mampu untuk meredakan batuk dengan cepat dan mengobati asma.

Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba ramuan dari kumis kucing yaitu dengan mminum air rebusan dari tanaman kumis kucing secara teratur.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Manfaat selanjutnya dari tanaman kumis kucing ini dapat menurunkan tekana darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan zat anti peradangan yang terkandung dalam tanaman kumis kucing ini sangat baik untuk para penderita darah tinggi.

Selain itu, tanaman kumis kucing juga memiliki kandungan zat kimia bernama Methylripariochromene yang ampuh mengurangi tekanan darah sistolik pada tikus. Anda bisa menkonsumsi air rebusan dari kumis kucing secara teratur.

3. Mengobati Napas Pendek
Kumis kucing adalah ramuan yang sangat luar biasa. Manfaat lainnya yaitu bisa mengobati napas pendek dan masalah terkait saraf. Satu-satunya hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan ramuan ini adalah dosisnya yang harus diperiksa dengan cermat sebelum dikonsumsi dan bertanya pada dokter atau ahli gizi.

4. Anti Jamur
Kumis kucing terdiri atas senyawa yang membantu mencegah pertumbuhan parasit yang hidup pada tubuh manusia. Anda bisa mencegah pertumbuhan parasit serta inang asing (jamur) yang berkembang didalam tubuh dengan manfaat dari tanaman kumis kucing.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan senyawa yang terdapat di dalam tanaman kumis kucing ini mampu memotong rantai suplai nutrisi dari jamur. Cara penggunaannya Anda cukup meerapkan ramuan kumis kucing pada area yang terinfeksi oleh jamur.

5. Tindakan Diuretik
Istilah ‘diuretik’ mengacu pada zat yang membantu meningkatkan aliran urin. Membantu meningkatkan aliran urin dengan melemaskan otot-otot pada dinding pembuluh internal. Tindakan diuretik dari ramuan tanaman kumis kucing ini  juga dapat dikaitkan dengan Methylripariochromene A.

6. Gangguan Ginjal
Kumis Kucing juga secara populer disebut sebagai ramuan kesehatan ginjal, mungkin karena manfaatnya untuk menyehatkan ginjal. Tanaman kumis kucing juga dipercaya secara efisien menghilangkan batu ginjal (hingga ukuran 5 cm). Manfaat ini telah diverifikasi dalam beberapa penelitian klinis juga, bahwa ramuan ini digunakan untuk mengobati infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil dan batu kandung kemih.

7. Mengatur Kadar Gula Darah
Tanaman kumis kucing berfungsi dapat mengatur gula darah. Beberapa penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa tanaman kumis kucing ini secara efektif mengatur kadar glukosa sehingga mengendalikan diabetes secara efisien.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar