Skip to main content

√ 9 Khasiat Daun Kenikir yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tipsehat.net - Siapa yang tidak tahu dengan daun kenikir? daun kenikir yang sering kerap diolah menjadi lalapan atau sebagai pelengkap syuran. Daun kenikir juga dikenal karena sifat antioksidan dan mengandung flavonoid yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya enak dijadikan sebagai lalapan, daun kenikir juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Selain memiliki rasanya yang unik, daun kenikir juga memiliki kandungan zat gizi seperti: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Magnesium, Protein, Saponin, Tokoferol, Kalsium, Polifenol, dan masih banyak lagi.

Khasiat Daun Kenikir
Khasiat Daun Kenikir
Karena memiliki banyak kandungan zat gizi, maka daun kenikir juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh, khasiatnya sebagai berikut.

1. Kaya Antioksidan
Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Menurut penelitian yang dimuat dalam Global Journal of Pharmacology, ada sekitar 37 jenis sayuran mentah yang diujicobakan, dan daun kenikir ternyata mengandung jenis antiokidan flavonoid yang sangat tinggi.

Para peneliti pun meyakini bahwa jenis antioksidan yang terkandung dalam sayuran daun kenkir ini berdampak positif untuk mencegah gangguan pencernaan. Selain itu, daun kenikir juga dilengkapi dengan senyawa fenol (sejenis flavonoid) yang berkhasiat sebagai bahan dasar obat-obatan.

2. Mencegah Penyakit Hipertensi
Emosi yang berlebihan biasanya tidak jarang akan berpotensi merusak kesehatan tubh Anda, salah satunya yaitu bisa menimbulkan gejala darah tinggi atau hipertensi. Daun kenikir dipercaya memiliki efek antihipertensi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang berisiko terkena maupun ingin mencegah hipertensi.

Oleh karena itu, mengonsumsi daun kenikir merupakan salah satu cara untuk menurunkan gejala tekanan darah tinggi agar tak berakibat fatal pada kesehatan Anda.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes
Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Research in Medical Sciences, didapatkan bahwa daun kenikir memiliki efek antidiabetes. Hasil tersebut didapat setelah para peneliti menemukan adanya penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan, hal ini dikarenakan daun kenikir memiliki enzim yang mampu menghambat penyerapan glukosa di dalam sistem pencernaan.

4. Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. Hal ini terjadi ketika kerusakan jaringan tulang terjadi lebih cepat daripada produksi sel-sel tulang baru. Daun kenikir mengandung sejumlah mineral, seperti kalsium dan magnesium yang dapat merangsang pembentukan dan perbaikan kondisi tulang dalam tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya osteoporosis.

Oleh karena itu, daun kenkir ini sering diklaim sebagai bahan alami untuk memperkuat tulang agar tidak mengalami kerapuhan. Bagi anak-anak ekstrak daun kenikir ini dapat membantu pertumbuhan tulang pada anak agar memiliki tinggi badan yang ideal dan tulang yang kuat.

Untuk memperoleh manfaat daun kenikir untuk menguatkan tulang, Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi sayur kenikir ini setidaknya 2 kali dalam seminggu. Anda juga bisa mengolah sayuran ini menjadi tumisan sayur yang lezat.

5. Obat Maag Dan Lemah Lambung
Kandungan Tokoferol, Polifenol, dan Hidroksieugenol yang terkandung didalam daun kenikir berkhasiat untuk menetralkan asam lambung. Senyawa-senyawa ini juga bisa mengobati luka pada lambung yang biasanya dialami oleh para penderita tukak lambung.

Zat yang terdapat dalam daun kenkir ini juga dapat menguatkan otot Sphingter lambung, yang bekerja untuk menerima berbagai asupan makanan tanpa membahayakan lambung seseorang. Untuk mengkonsumsi daun kenikir, Anda dapat merebusnya dengan menambahkan garam kemudian memakannya dalam bentuk lalapan.

6. Memperkuat Fungsi Jantung
Manfaat lain dari daun kenikir yang dapat mengatasi masalah kesehatan yang cukup serius, yaitu memperkuat fungsi jantung yang lemah. Senyawa Flavonoid yang terkandung dalam daun kenkir yaitu berfungsi sebagai Antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh, termasuk pada jantung.

Senyawa Flavonoid juga membantu melancarkan aliran darah ke jantung. Apabila aliran darah menuju jantung lancar, maka otot-otot yang berada di sekitar jantung juga akan menjadi lebih kuat.

Untuk memperkuat fungsi jantung yaitu dengan memanfaatkan daun kenikir, dengan meminum air rebusan kenikir 2 kali sehari secara rutin setiap hari.

7. Obat kanker
Daun kenikir mengandung senyawa Flavonoid, Terpenoid, Saponin dan Antioksidan yang berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, kanker hati dan kanker lambung dalam tubuh manusia.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi air rebusan dari daun kenkirsecara teratur, serta dibantu dengan mengkonsumsi suplemen ekstrak daun kenkir dapat menghambat penyebaran sel – sel kanker dalam tubuh.

8. Mengatasi Bau Mulut
Anda memiliki masalah dengan bau pada mulut Anda? Mungkin Anda sudah mencoba berbagai jenis obat kumur penghilang bau mulut tapi tidak kunjung ada hasilnya juga? Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari asam lambung yang tinggi, gigi berlubang dan bakteri yang terdapat dalam mulut. Oleh karena itu, cobalah berkumur dengan menggunakan air rebusan daun kenikir yang dapat menghilangkan bau pada mulut Anda secara alami.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Nah apa saja ya tanda-tanda kekebalan tubuh Anda mulai berkurang? Biasanya tubuh Anda sering terserang penyakit seperti flu, radang atau batuk. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba manfaat dari daun kenikir yang bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada tubuh Anda, karena tanaman daun kenkir ini mengandung Vitamin A, Vitamin E dan Vitamin C yang mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang lemah. .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar