Skip to main content

√ 7 Khasiat Daun Ciplukan yang Sangat Baik untuk Kesehatan

Tipsehat.net - Daun ciplukan atau daun cecendet dikenal dalam dunia herbal dapat mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini dikenal dengan nama latin Physalis yang juga dikenal dengan nama yang berbeda seperti Aztec Berry, Barbados Gooseberry, Bladderberry, Cape Gooseberry, Cherry Tomato Goldenberry, Gooseberry-Tomato, dan nama lainnya.

Khasiat Daun Ciplukan
Khasiat Daun Ciplukan
Physalis ini menghasilkan berry yang halus yang terlihat seperti tomat kecil berwarna kekuningan. Buah Ciplukan ini berwarna hijau saat muda dan berubah kuning keemasan sampai oranye ketika sudah matang. Disebutkan dalam Steemit, untuk mengobati berbagai penyakit caranya cukup direbus daun, batang, akar dan buahnya, kemudian meminum airnya.

Kandungan Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Ciplukan
Satu porsi atau sekitar 140 gram buah ciplukan mengandung berbagai macam gizi sebagai berikut:
- 74 kalori
- 15,7 gram karbohidrat
- 6 gram serat
- 2,7 gram protein
- 1 gram lemak
- 21% vitamin C harian
- 14% kebutuhan tiamin harian
- 5% riboflavin
- 28% niasin
- 7% vitamin A harian
- 8% zat besi dan fosfor

Berikut ini ada beberapa manfaat yang besar dari tanaman ciplukan atau cecendet untuk kesehatan tubuh Anda. Di antaranya:

1. Sebagai Obat Stroke dan Diabetes
Daun Ciplukan bisa digunakan untuk mengobati stroke. Caranya yaitu dengan minum dan makan buah Ciplukan  secara teratur. Sedangkan untuk mengobati diabetes, caranya yaitu dengan merebus batang dan akar buah Ciplukan, kemudian minum tiga kali sehari secara teratur.

2. Obat Berbagai Penyakit
Buah Ciplukan juga digunakan secara luas untuk mengatasi berbagai macam penyakit, seperti Hepatitis, Malaria, Rematik, Kanker, Dermatitis, dan Asma. Kandungan etanol yang terdapat di dalam buah Ciplukan mengandung antioksidan yang sangat tinggi untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, manfaat buah ciplukan sangat banyak untuk kesehatan tubuh Anda. Dalam studi ini, ekstrak air panas dari tanaman ciplukan ini dievaluasi bisa meningkatkan aktivitas antioksidan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ekstrak etanol dari buah ciplukan ini terdiri dari aktivitas antioksidan yang baik.

3. Kesehatan Hati dan Ginjal
Penelitian dilakukan bahwa pada akar buah ciplukan ini mengandung efek perlindungan hepato-ginjal terhadap fibrosis. Fibrosis adalah kondisi di mana terjadi kerusakan atau terganggunya fungsi organ pada hati dan ginjal. Komposisi kimiawi dari akar tanaman menyarankan adanya alkaloid, withanolides, dan flavonoid, serta mengandung nutrisi yang baik, seperti mineral, vitamin, protein, zat besi, serta kalsium yang dapat membantu melindungi hati dan ginjal dari fibrosis.

4. Baik untuk Ibu Hamil
Zat besi yang terdapat dalam buah ciplukan ini sangat bermanfaat untuk seseorang wanita yang sedang hamil. Karena, seseorang yang sedang hamil membutuhkan sekitar 27 mg zat besi setiap harinya. Zat besi yang terkandung dalam buah ciplukan ini dapat memberi dorongan zat besi. Dengan mengonsumsi buah ciplukan setiap hari dapat memenuhi kebutuhan zat besi pada wanita hamil. Namun harus tetap berkonsultasi terlebih dahuli pada dokter kandungan.

5. Obat Sakit Arthritis
Manfaat buah ciplukan selanjutnya yitu dapat menghilangkan atau melawan peradangan. Kandungan yang terdapat dalam buah ciplukan ini dapat membantu meringankan nyeri radang pada sendi atau rematik (Arthritis). Buah ciplukan juga dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang nyeri sehingga meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi rasa sakit pada sendi Anda.

Selain itu kandungan senyawa bernama withanolides dalam buah ciplukan ini juga dapat membantu melawan efek peradangan yang dapat mengakibatkan penyakit radang usus. Senyawa ini juga juga sangat berpotensi untuk melawan risiko kanker usus besar.

6. Obat Alzheimer dan Demensia
Tanaman ini dapat menghilangkan penumpukan plak di jalur kognitif, yang sering disebabkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif. Buah Ciplukan ini bisa mengobati gangguan kognitif tertentu, seperti penyakit Alzheimer dan demensia. Buah Ciplukan mengandung 15,4 mg Vitamin C, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada orang yang lebih muda, meningkatkan daya ingat, fokus, serta meningkatkan konsentrasi.

7. Fungsi Kardiovaskular dan Kesehatan Jantung
Buah Ciplukan mengandung Viamin B1 atau Thiamin yang bermanfaat untuk produksi asetilkolin, suatu neurotransmitter yang mentransmisikan pesan ke arah otot dan saraf. Ketidakcukupan Vitamin B1 dapat menyebabkan penurunan neurotransmitter dan menyebabkan detak jantung tidak teratur. Oleh sebab itu, kekurangan Vitamin B1 yang parah dapat menyebabkan gagal jantung kongestif. Oleh sebabnya, Anda bisa mengkonsumsi biah ciplukan secara rutin dan teratur.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar