√ Gejala Sinusitis dan Penyebabnya

Tipsehat.net - Penyakit sinusitis merupakan peradangan pada sinus. Sinus merupakan rongga udara di bawah wajah yang terhubung dengan hidung. Saat mengalami infeksi sinus, rongga berisi udara dan lendir ini akan menjadi meradang sehingga lapisan mukosanya menebal atau membengkak menghasilkan banyak lendir (ingus) namun ingus ini tidak dapat dengan lancar keluar atau dengan kata lain produksi lebih besar dari pengeluarannya sehingga banyak ingus terperangkap di dalamnya. Lama-kelamaan akan menjadi pertumbuhan bakteri lalu timbullah barbagai macam gejala sinusitis.

Gejala Sinusitis
Gejala Sinusitis
Gejala awal infeksi sinus (sinusitis) berupa ingus yang berwarna hijau atau kuning disertai nyeri wajah di sekitar pipi, mata bahkan dahi. Sinusitis biasanya terjadi setelah infeksi saluran pernapasan atas, seperti pilek. Berdasarkan dimensi waktu sinusitis dibagi menjadi kronis dan akut. Sinusitis akut jika berlangsung berlangsung selama 2-4 minggu, biasanya dibarengi pilek atau alergi. Sedangkan sinusitis kronis jika berlangsung lebih dari 12 minggu atau terus-terusan terulang kembali. Berikut adalah gejala penyakit sinusitis sebagai berikut:

1. Ingusan
Jika anda mengalami infeksi sinusitis maka gejala yang sering muncul adalah cairan yang keluar dari hidung berwarna kuning atau hijau serta barbau tajam. Cairan ini juga dapat mengalir kebelakang kearah tenggorokan sehingga akan merasa gatal dan tidak nyaman di bagian belakang tenggorokan, keadaan ini disebut dengan postnasal drip.

2. Hidung tersumbat
Pada saat bersamaan keluarnya ingus, sinusitis juga akan mangalami gejala hidung tersumbat. Karena infeksi atau peradangan akan menyebabkan pembengkakan pada rongga sinus dan hidung. Penyumbatan ini mungkin akan disertai berkurangnya penciuman dan perasa (pengecap).

3. Sakit kepala
Tekanan tinggi dan pembengkakan akan terjadi pada sinus yang terus menerus dapat bergema di seluruh tengkorak sehingga dapat menyebabkan sakit kepala. Rasa sakit juga bisa muncul di bagian-bagian yang tidak terduga, seperti telinga, sakit gigi, dan nyeri pada rahang dan pipi. Sakit kepala akibat sinusitis sering kali menguat di pagi hari karena cairan telah menggumpal sepanjang malam.

4. Batuk
Batuk akibat gejala sinusitis terjadi akibat ingus yang ke belakang tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, hal ini juga dapat menyebabkan batuk yang berkepanjangan. Batuk akibat gejala sinusitis akan sangat menjengkelkan karena akan menyebabkan sulit tidur bagi si penderita. Posisi tidur yang setengah duduk dengan kepala tegak akan membantu mengurangi frekuensi dan intensitas batuk.

5. Sakit tenggorokan
Gejala sinusitis berupa postnasal drip dapat menyebabkan tenggorokan menjadi radang dan sakit. Meskipun awalnya hanya merasa gatal, namun jika itu berlangsung lama, lendir dapat mengiritasi dan membuat tenggorokan meradang dan sakit.

6. Bau mulut
Ketika tiba-tiba anda menyadari bahwa mulut anda berbau ketika sakit pilek, maka bisa jadi itu adalah gejala sinusitis. Kumpulan lender yang ada di rongga sinus jika terus dibiarkan tentu akan membusuk dan menimbulkan aroma tidak sedap. Sedangkan saluran hidung dan mulut terhubung. Sehingga aroma tersebut bisa keluar melalui mulut dan menyebabkan aroma napas kurang sedap. Selain itu, gejala lain yang biasa timbul adalah demam bila penyebabnya infeksi dan kelelahan.

Adapun penyebab dari penyakit sinusitis ini adalah :
1. Infeksi virus
2. Infeksi bakteri,
3. Infeksi jamur
4. Alergi
5. Demam
6. Polip hidung atau tumor
7. Stuktur hidung yang tidak normal
8. Infeksi gigi

Tidak hanya itu saja, jika anda sering terkena paparan bahan kimia berbahaya, seperti asap rokok, hal itu akan memberikan dampak buruk bagi organ paru-paru anda sekaligus mempengaruhi bagian pernapasan anda.

0 Response to "√ Gejala Sinusitis dan Penyebabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel