√ Gejala Asam Lambung Naik

Tipsehat.net - Pada dasarnya asam lambung atau disebut juga Gastroesophageal Reflux Dosease (GERD) bukanlah penyakit mematikan. Semua orang memiliki kemungkinan terkena penyakit asam lambung. Meskipun begitu, penyakit ini tetap perlu ditangani agar tidak berujung pada peradangan lambung dan usus. Faktor yang menyebabkan asam lambung ialah saat tekatan pada perut dalam masa kehamilan, obesitas, atau memiliki sindrom hernia perut. Bahkan faktor lainnya yaitu sering mengonsumsi alkohol, merokok, serta memiliki diabetes.

Gejala Asam Lambung Naik
Gejala Asam Lambung Naik
Asam lambung sebenarnya bisa diatasi dengan mengatur pola makan yang teratur, sehat  serta seimbang. Sebelum itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu gejala penyakit asam lambung. Berikut ini merupakan gejala asam lambung diantaranya sebagai berikut:

1. Perut kembung
Kadar asam lambung yang tinggi menjadi salah satu penyebab asam lambung sering terjadi. Selain itu, enzim pada alat pencernaan juga kurang banyak sehingga membuat perut terasa kembung disertai dengan rasa mual.

2. Rasa terbakar di dada
Salah satu gejala dari penyakit asam lambung adalah adanya rasa terbakar di dada. Gejala ini sering dikira sebagai gejala penyakit jantung karena sama-sama menyebabkan nyeri di dada. Rasa panas timbul akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan menyebabkan iritasi.

3. Sering bersendewa
Ketika anda terlalu banyak bersendewa anda harus mewaspadai kemungkinan terkena penyakit asma lambung. Sendewa yang terjadi pada umumnya berkaitan dengan kembung yang anda alami untuk meredakannya. Jika terkena penyakit asam lambung anda akan merasa kembung disertai dengan sendewa yang berulang-ulang.

4. Mual/muntah
Rasa mual sekaligus ingin muntah terjadi akibat adanya rangsangan terhadap otak bagian bawah yang berkaitan dengan rasa sakit. Hal ini terjadi karena kadar asam lambung yang tinggi menyebabkan sakit.

5. Produksi air liur yang berlebihan
Air liur diproduksi terus menerus untuk menetralkan asam lambung yang naik ke kerongkongan. Hal ini juga dapat membuat mulut terasa pahit.

6. Pusing
Tekanan dari asam lambung yang tinggi dapat membuat kepala mengalami pusing. Hal ini terjadi karena asam lambung membuat anging di dada dan menyebabkan tekanan terhadap dada dan kepala. Sedangkan pasokan oksigen ke otak berkurang dan kepala anda akan merasa pusing.

7. Bau mulut
Asam lambung yang naik kembali ke esophagus dan mulut bisa memicu aroma tidak sedap dalam mulut, tidak hanya itu rasa asam atau pahit juga mungkin dirasakan. Kondisi ini umumnya terjadi bersamaan dengan regurgitasi.

8. Kesulitan menelan
Dalam dunia medis, gejala asam lambung naik ini dikenal dengan nama disfagia. Disfagia adalah kondisi di mana anda membutuhkan usaha dan waktu lebih lama untuk menurunkan makanan ke dalam lambung.

9. Batuk
Asam lambung yang naik ke kerongkongan diduga bisa terhirup ke dalam paru-paru. Hal ini diperkirakan menjadi korelasi antara batuk dengan gejala asam lambung naik. Pasalnya batuk merupakan respon otomatis tubuh untuk mengeluarkan benda ataupun yang tidak sengaja terhirup ke dalam saluran napas. Respon ini akan membantu tubuh untuk melindungi diri.

10. Suara serak dan sakit tenggorokan
Saat asam lambung naik ke tenggorokan, hal ini dapat menyebabkan iritasi pada pita suara dan memicu suara serak. Kondisi ini umumnya terasa pasa pagi hari ketika bangun tidur. Bila iritasi akibat asam lambung terus-menerus terjadi, kondisi ini juga bisa membuat penderita mengalami sakit tenggorokan.

Demikian beberapa gejala penyakit asam lambung yang perlu anda perhatikan. Untuk mencegah asam lambung, anda dapat mengkonsumsi jahe, kunyit, mentimun atau pun apel organik. Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk meminimalisir terjadinya asam lambung maupun penyakit lainnya.

0 Response to "√ Gejala Asam Lambung Naik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel