9 Khasiat Mengkonsumsi Buah Pir untuk Kesehatan

Pir merupakan buah Pomaceous yang memiliki rasa manis, dengan dagingnya yang mengandung air. Buah pir ini yang memiliki nama spesies Pyrus communis, termasuk anggota keluarga tumbuhan Rosaceae. Buah pir dikenal dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi lho, sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang terkandung dalam buah pir ini mampu melancarkan proses pencernaan, dan mencegah sembelit.

 Khasiat Mengkonsumsi Buah Pir
 Khasiat Mengkonsumsi Buah Pir
Selain kaya akan serat, buah pir juga mengandung Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, Niasin, Asam Pantotenat, Kolin, Betain, Kalsium, Zat Besi, Fosfor, Seng, Selenium, Flavonoid, Dan Antioksidan  yang tinggi, yang mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat dari mengkonsumsi buah pir untuk kesehatan tubuh Anda, diantaranya:

1. Kandungan Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas
Buah pir sangat kaya akan Antioksidan Glutathione dan anti kanker yang baik untuk kesehatan tubuh. Glutathione merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker, tekanan darah tinggi dan stroke.

Menurut penelitian oleh National Cancer Institute, jika kita rutin mengkonsumsi buah pir tubuh akan lebih baik dalam melawan berbagai radikal bebas, karena kandungan klorofil pada buah pir yang matang mampu berubah menjadi antioksidan aktif yang sangat baik bagi tubuh kita. Sehingga mengonsumsi buah pir segar setiap hari menunjukkan efek positif pada kemampuan tubuh untuk mencegah pertumbuhan kanker, mengurangi peradangan, dan menjaga tubuh dalam kadar pH yang seimbang.

2. Memperkuat Sistem Imun pada Tubuh
Buah pir sangat kaya akan kandungan Vitamin C dan Vitamin K. Tingginya kandungan Vitamin C tentu akan sangat baik bagi sistem imun pada tubuh kita dan akan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik.

3. Mengurangi Risiko Terkena Kanker
Mengonsumsi satu buah pir saja bisa memenuhi 8% asupan Vitamin K harian yang akan menurunkan risiko terkena kanker hingga 45% lebih rendah.

4. Melancarkan Pencernaan
Buah pir juga ternyata kaya akan serat, dimana asupan serat larut dan tidak larut pada satu buah pir saja bisa mencapai 5 gram atau sekitar 20% kebutuhan harian serat dalam tubuh kita.

Selain memperlancar saluran pencernaan, kandungan serat dalam buah pir akan membuat sistem imun tubuh menjadi lebih kuat dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab berbagai macam penyakit.

5. Menyehatkan Otak
Mengkonsumsi satu buah pir berukuran sedang bisa membuat kita mendapatkan asupan copper (mineral minor) harian sebanyak 15%. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University School of Medicine di Missouri, Amerika Serikat, menyatakan bahwa kandungan copper ini bisa memperbaiki kekuatan sistem saraf dan membuat kinerja otak menjadi jauh lebih baik.

6. Menurunkan Berat Badan
Khasiat buah pir lainnya ternyata bisa untuk program menurunkan berat badan. Buah seperti pir dan sayuran yang kaya akan serat ini dapat membantu Anda akan merasa kenyang lebih lama dan juga sangat rendah kalori. Peningkatan asupan serat bermanfaat dalam penurunan berat badan.

7. Mengatasi Penyakit Kardiovaskular Dan Kolesterol
Peningkatan asupan serat juga telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Sebuah penelitian dari 67 uji coba menemukan bahwa peningkatan 10 gram per hari dalam asupan serat dalam buah pir dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol “jahat”) dan kolesterol total.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa serat pada makanan bahkan dapat berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan, dan manfaat buah pir memiliki potensi untuk mengurangi risiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas.

8. Diabetes
Kandungan flavonoid yang terkandung dalam buah pir ini mampu mencegah dan mengobati diabetes. Menurut para peneliti menemukan bahwa makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari, secara signifikan mampu menurunkan risiko pembentukan diabetesnya berkurang. Buah pir juga dianggap buah yang rendah indeks glikemik yang sangat baik untuk gula darah. Satu porsi pir mengandung sekitar 26-28 gram karbohidrat.

9. Sebagai Detox
Pergerakan usus yang teratur dan adekuat sangat penting untuk ,engeluarkan racun harian melalui empedu dan tinja. Buah pir mengandung sekitar 84% air, jadi manfaat buah pir dapat membantu menjaga kotoran lembut dan menyiram sistem pencernaan dari racun.

0 Response to "9 Khasiat Mengkonsumsi Buah Pir untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel