12 Khasiat Tanaman Bidara yang Harus Anda Ketahui

Tanaman bidara yang memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana ini merupakan jenis pohon yang dapat menghasilkan buah yang biasanya tumbuh ditempat kering. Tanaman bidara ini bisa tumbuh hingga mencapai 15 Meter dengan ranting dan cabang yang sangat banyak dan memiliki duri. Daun bidara ini berbentuk oval dan permukaannya halus.

Khasiat Tanaman Bidara
Khasiat Tanaman Bidara 
Tanaman bidara ini terlihat seperti menyerupai tumbuhan semak belukar dan proses pertumbuhannya terbilang sangat cepat. Ada banyak sekali manfaat dari tanaman bidara ini yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka
Luka yang disebabkan karena lecet, tergores, dan luka akibat jatuh, ternyata bisa disembuhkan dengan memanfaatkan daun bidara. Senyawa Anti Inflasi yang terkandung dalam daun bidara ini akan membuat bagian yang terluka pada kulit Anda lebih cepat sembuh. Daun bidara yang digunakan sebagai obat penyembuh luka ini yaitu daun yang sudah kering dan kemudian dibuat menjadi bubuk. Cara penggunaannya, yaitu dengan mencampurkan daun bidara dengan sedikit air sampai berubah menjadi pasta, setelah itu dioleskan pada bagian kulit yang terluka.

2. Mengobati Jerawat
Perlu Anda ketahui, bahwa daun bidara ini memiliki manfaat yaitu dapat  membersihkan dan menjaga kesehatan kulit Anda, termasuk masalah jerawat pada wajah Anda. Daun bidara ini bisa menjadi solusi untuk engatasi jerawat pada wajah Anda, caranya ambil beberapa lembar daun bidara yang sudah dibersihkan, kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu tambahkan sedikit air dan campurkan dengan air, lalu oleskan pada wajah Anda yang berjerawat sepeti menggunakan masker wajah. Setelah itu diamkan selam 20 menit dan cuci bersih wajah Anda tanpa menggunakan sabun. Lakukan cara ini selama 2 bulan kurang lebih 3-4 kali dalam seminggu agar hasilnya memuaskan.

3. Menyehatkan Mulut
Mulut yang tidak sehat ditandai dengan timbulnya sariawan dan bibir pecah-pecah pada mulut Anda. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan manfaat dari daun bidara, karena daun bidara mengandung Anti Bakterial yang mampu menjaga kesehatan mulut Anda dari berbagai infeksi bakteri.

Khasiat Tanaman Bidara
Khasiat Tanaman Bidara
4. Baik untuk Lambung
Daun bidara ini sangat aman untuk lambung Anda, terutama bagi Ada yang memiliki riwayat penyakit maag. Daun bidara ini bisa meredakan berbagai macam penyakit yang ada di lambung, karena daun ini tidak berdampak negatif terhadap asam lambung.

5. Mengatasi Haid yang tidak Lancar
Manfaat daun bidara juga tidak kalah bagusnya untuk para wanita, yaitu dapat mencegah haid yang tidak lancer. Kandunga senyawa yang terdapat dalam daun bidara ini mampu membuat hormon Anda seimbang dan bisa melancarkan haid.

6. Sebagai Perawatan Kecantikan
Di zaman China Kuno, ternyata daun bidara ini sudah digunakan untuk mempercantik wajah Anda. Daun bidara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat, dan masalah penuaan dini seperti keriput atau lingkar hitam pada bagian mata.

Cara penggunaan daun bidara untuk merawat wajah Anda sangat mudah sekali, yaitu bisa digunakan sebagai masker. Caranya, hancurkan daun bidara sampai menjadi bubuk, kemudian campurkan sedikit air sampai berubah menjadi pasta, gunakan masker daun bidara tersebut pada wajah Anda secara merata. Setelah kering bilaslah dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal gunakan masker daun bidara ini secara teratur dua kali dalam satu minggu.

7. Mengatasi Kulit Kering
Jika kulit wajah Anda keiring, tentunya akan menyebabkan Anda tidak percaya diri, wajah terlihat kusam dan tidak terawat. Untuk itu Anda bisa mencoba masker wajah dari daun bidara untuk mengatasi kulit kering pada wajah Anda.

Caranya, tumbuk daun bidara yang sudah dibersihkan sampai hancur, kemudian tambahkan sedikit air dan bisa juga dicampur dengan perasan jeruk lemon dan madu. Setelah itu oleskan masker daun bidara tersebut keseluruh permukaan wajah, tangan dan kaki. Setelah itu diamkan beberapa menit, lalu bilas menggunakan air hangat, lakukan cara tersebut secara rutin agar hasilnya maksimal.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas, tentunya Anda akan cepat merasa lelah bahkan denga daya tahan tubuh Anda yang lemah Anda akan cepat terserang penyakit. Sebaiknya konsumsilah daun bidara yang bisa Anda olah menjadi jus daun bidara atau meminum air rebusan daun bidara. Hal ini dapat membantu Anda memperoleh daya tahan tubuh yang kuat, sehingga tubuh Anda tidak cepat lelah dan terserang penyakit.

9. Mengatasi Depresi
Meskipun daun bidara ini tidak dapat menyembuhkan masalah kejiwaan, tetapi daun herbal bidara ini dapat membuat sistem saraf Anda yang tadinya merasa tegang bisa menjadi lebih tenang sehingga pikiran Anda bisa menjadi lebih rileks. Anda bisa memperoleh manfaat daun bidara ini dengan mengkonsumsi jus daun bidara atau meminum air rebusan dari daun bidara tersebut.

10. Mencegah Diabetes
Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu dapat mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan daun bidara dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh Anda, melindungi sistem tubuh dari kelainan pengaturan kadar gula darah serta mengatur perlindungan produksi insulin.

11. Meningkatkan Nafsu Makan
Meskipun terdengar sepele, masalah penurunan nafsu makan dalam jangka panjang bisa menyebabkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi daun bidara yang sudah dikemas dalam kapsul untuk membantu meningkatkan nafsu makan Anda.

12. Mencegah Kanker
Kanker merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, konsumsilah daun bidara secara rutin agar bisa membantu dalam mengatasi dan mencegah berkembangnya sel kanker dan tumor dalam tubuh Anda.

Nah, itulah beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Masih banyak manfaat lainnya dari daun bida yang khasiatnya sudah terkenal sezak zaman dahulu.

0 Response to "12 Khasiat Tanaman Bidara yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel