10 Khasiat Luar Biasa Jahe Merah untuk Kesehatan

Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama jahe kan? Tanaman yang satu ini merupakan tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Tanaman jahe merah ini mirip dengan tanaman kunyit yang biasa kita jadikan sebagai bumbu rempah-rempah yang terkenal di dunia.

Khasiat Jahe Merah
Khasiat Jahe Merah
Di negara China dan di negara India jahe merah ini digunakan sebagai bahan obat-obatan, karena mengandung bahan Fitokimia yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selanjtunya kandunagn yang terdapat dalam jahe merah sanga baik untuk kesehatan tubuh karena menghasilkan minyak astiri yang salah satu khasiatnya yaitu memberikan rasa hangat pada tubuh pada saat cuaca dingin atau ketika sedang sakit. Selain itu, jahe merah juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan detoksifikasi untuk kesehatan pencernaan.

Nutrisi yang Terkandung dalam Jahe Merah
Jahe merah mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Kandunagn nutrisi yang terdapat dalam jahe merah ini antara lain, yaitu Karbohidrat, Gula, Serat, Lemak, Protein,Tiamin, Magnesium, Kalsium, Vitamin C, Asam Folat dan masih banyak nutrisi lainnya yang berkhasiat sangat besar untuk kesehatan.

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh
Berikut ini merupakan manfaat jahe merah yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Menurunkan Berat Badan
Khasiat jahe merah yaitu bisa menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh 10 orang pria bahwa dengan rutin minum air jahe panas setelah sarapan, dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama daripada sarapan pagi biasanya. Tidak hanya menurunkan berat badan, khasiat jahe merah juga dapat mengontrol nafsu makan, dapat meningkatkan efek thermal pada tubuh, memperkuat fungsi metabolisme, sebagai detoksifikasi dan meningkatkan proses pembakaran lemak.

Efek thermal pada jahe merah ini sangat penting, karena semakin banyak energi yang digunakan untuk mempross makanan, maka semakin banyak kalori yang terbakar. Dengan mengkonsumsi air jahe merah panas ini maka sejumlah kalori yang terdapat dalam tubuh akan hilang seperti halnya Anda melakukan olahraga selama dua jam.

2. Mengatasi Mual dan Muntah
Dengan minum wedang jahe merah ini dapa menghilangkan mual dan mencegah muntah pada saat perjalanan. Selain itu, untuk ibu hamil juga wedang jahe merah hangat ini bisa mengurangi rasa mual pada pagi hari atau istilah populernya “MORNING SICKNES” yang dianjurkan untuk jagka waktu yang singkat.

Khasiat Jahe Merah
Khasiat Jahe Merah
Jahe merah juga bisa menguragi keparahan dan lamanya waktu mual pada pasien kanker setelah melakukan kemotherapy. Wedang jahe merah juga bisa dijadikan pertolongan pertama bagi Anda yang mengaami demam karena masuk angina. Caranya yaitu dengan merebus jahe merah seukuran ibu jari yang sudah dicuci bersih kemudian dimemarkan kemudian airnya  disaraing lalu bisa Anda tambahkan sedikit asam jawa biar rasa pahitnya berkurang, kemudian langsung Anda minum ramuan tersebut sekaligus.

3. Mengatasi Masalah Gangguan Pencernaan
Gangguan kesehatan seperti menyerang system pencernaan yang bisa menimbulkan rasa sakit dan kram mejelang haiddapat diatasi dengan minum rebusan jahe merah secara rutin. Selain itu, jahe merah juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti keracunan makana, sembelit, perut kembung, dan sebagai obat pencahar.

Untuk mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar, jahe merah juga bisa membantu memperlancar buang air besar kerena kandungan senyawa didalamnya bisa menghangatkan perut dan dan meredaan rasa sakit pada perut. Anda bisa enggunakan jahe yang diparut kemudian tempelkan pada perut yang sakit. Atau Anda juga bisa membuat ramuan air jahe merah caranya yaitu ambil jahe seukran ibu jari kemudian cuci dengan bersih dan iris-iris, kemudian rebuslah dengan menambahkan segelas air kemudian anda juga bisa menambahkan madu sedikit. Setelah itu dinginkan dan minum aier rebusan yang tadi. Secara perlahan ramuan tesebut dapat memberikan efek rasa hangat pada perut dan menghilangkan rasa sakit pada perut.

4. Mengatasi Gatal karena Alergi
Gejala umum yang ditimbulkan dari alergi yaitu gatal, ruam pada kulit, hidung meler, sesak nafas, bersin-bersindan gatal pada bagian mata. Alergi ini jangan dibiarkan karena jika dibirkan dapat berpotensi serius seperti, nafilaksis yaitu seseorang akan mengalami kesulitan menelan, sesak nafas, pusing dan peradangan pada bibir serta saluran pencernaan.

Nah, jahe merupakan anti-histamin dan dekongestan alami yang bisa menjadi solusi akibat alergi ini. Caranya yaitu ambil setengah sendok jahe merah bubuk kemudian dilarutkan kedalam teh dan tambahkan sedikit madu untuk mencegah dan mengobati alergi itu sendiri.

Untuk mengatasi alergi karena eksim Anda bisa memarut jahe seukuran ibu jari kemudian peras airnya , lalu parut juga lobak kemudian campurkan perasan jahe tersebut dan tambahkan air hangat sedikit. Kemudian tempelkan pad bagian kulit yang terkena eksim akibat alergi.

5. Menjaga Kondisi Jantung
Jahe merah merangsang pelepasan hormone Adrenalin dan dapat memperlebar pembuluh darah. Akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancer serta meringankan kerja jantung saat memompa darah. Kadar trigliserida dan kolesterol yang tinggi dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung. Gingerol pada jahe merah ini bersifat antikoagulen yang dapat mencegah penggumpalan darah.

Jahe merah bisa menjadi solusi untuk menjaga kondisi jantung Anda tetap sehat, serta membantu menurunkan kadar kolesterol, mencegah pembekuan darah yang akan mengurani resiko penyakit jantung. Kalium yang tinggi yang terdapat pada jahe merah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, pembekuan pembuluh darah, mengurangi resiko darah tinggi, stroke, dan infeksi saluran kemih.

6. Meredakan Sakit Kepala
Gingerol dan Fenol senyawa yang terkandung dalam jahe merah bersifat anti-nyeri yang bisa meredakan sakit kepala akibat migrain. Menurut penelitian para ahli menunjukkan bahwa jahe merah dapat meringankan sakit kepala yang diakibatkan akibat migrain, karena sifa anti-inflamasi pada jahe merah ini mempunyai kemampuan untuk menghentikan Prostagladi (penyebab rasa sakit dan peradangan pada pembuluh darah).

Jahe merah ini merupakan cara untuk meredakan sakit pada kepala Anda. Caranya dengan minum the jahe merah hangat dengan mengambil jahe merah seukuran ibu jari yang sudah dicuci bersih kemudian dibakar alu dimemarkan. Kemudian direbus dan ditambahkan gula aren sedikit, lalu tuangkan kedalam gelas dan diminum sekaligus. Mengkonsumsi jahe merah dengan cara di minum ini dapat meredakan rasa sakit dan pusing serta perasaan mual yang terjadi pada saat sakit kepala ringan.

7. Mencegah Kanker
Jahe merah memiliki senyawa yang bersifat Anti-karsinogenik yang sangat kuat sehingga sangat efektif dalam mencegah dan mengobati kanker. Misalnya, Kanker Ovarium, Kanker Prostate, dan Kanker Kolorektal. Jahe merah ini tidak bersiat beracun, tidak menyebabkan efek samping dan juga tidak dapat memicu resintensi obat. Maka cara mengkonsumsinya sebagai minuman segar yang menyehatkan dan dibuat ramuan jahe yang dikonsumsi secara rutin. Kandungan didalam jahe merah ini juga tidak akan mempengaruhi sel-sel yang sehat.

8. Mengobati Reumatik
Rutin minum air jahe merah ini dapat membantu mencegah dan mengurani peradangan yang disebabkan oleh nyei sendi osteoarthritis dan reumatik. Hal ini karena komponen aktif yang terdapat dalam jahe merah, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron yang bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh Anda. Serta mengandung oloersin yang bekerja mengurangi produksi beberapa zat kimia seperti leukotrie yang menyebabkan peradangan pada sendi Anda.

Cara mengkonsumsinya dengan mebakar jahe merah, setelah itu ditumbuk sampai halus kemudian tempelkan pada tubuh yang terkena reumatik, seperti pada punggung, pinggang atau pada bagian yang mengalami nyeri. Lakukan cara ini secara rutin sampai mendapatkan hasil yang lebih baik.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Jahe merah sangat cocok untuk meningkatkan system kekebalan tubuh dalam tubuh Anda. Karena, Antioksidan yang terkandung dalam Vitamin C mampu elawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh manusia. Untuk meningkatkan system imun pada tubuh, Anda bisa minum wedang jahe merah secara teratur akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

10. Meredakan Flu dan Batuk
Selain menghangatkan, jahe merah juga kaya akan kandungan flavonoid yang mampu meredakan radang tenggorokan, flu, dan batuk yang menyerang. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan mencampurkan bubuk jahe merah dengan sedikit gula aren, kemudian tambahkan sedikit air panas.

Kemampuan kandungan yang terdapat dalam jahe merah secara alami tidak lepas dari kandunagn zat yang terdapat didalamnya. Semakin banyak kandungan gizi jahe merah semakin banyak juga manfaat yang terkandung didalamnya untuk manusia. Demikian manfaat dari jahe merah untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat……..

0 Response to "10 Khasiat Luar Biasa Jahe Merah untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel