8 Khasiat dan Manfaat dari Daun Jarak untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengal tanaman yang satu ini? Yaitu tanaman daun jarak atau biasa disebut dengan jarak pagar, karena tubuhan hijau ini biasa tumbuh liar di berbaga tempat dan musim. Daun yang berwarna hijau pekat ini disebut-sebut sebagai tanaman yang mematikan, dikarenakan terdapat asam risinoleat yang terkandung didalamnya yang dapat menyebabkan iritasi pada lapisan usus. Dibalik kata “mematikan” tanaman ini mempunyai segudang manfaat terutama pada bagian daunnya untuk kesehatan tubuh yang bisa kita konsumsi dengan cara dikukus, dijadikan lalapan, atau ditumbuk kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Khasiat Daun Jarak
Khasiat Daun Jarak 
Manfaat Daun Jarak

Tanaman yang memiliki nama latin (Jatropha Curcas) ini memeliki berbagai macam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti Quercetin, Kaempferol, Astragalin, Nicotiflorin, Alkaloid, Fitonutrien, dan lain sebagainya. Senyawa -senyawa ini memiliki fungsi masing-masing, ada yang bersifat sebagai Antioksidan, Anti-bakteri, Anti-inflamasi dan sejumlah fungsi lainnya yang penting untuk kesehatan tubuh.
Nah, berikut ini merupakan manfaat dari daun jarak yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Mengatasi Perut Kembung
Manfaat yang pertama dari daun jarak yaitu untuk mengatasi perut kembung atau rasa tidak nyaman pada perut dan ketika anda mengalami masuk angina yang membuat tubuh Anda merasa tidak nyaman. Hal ini sangat mudah untuk bisa Anda lakukan dengan cara mengambil beberapa lembar daun jarak yang utuh kemudian cuci dengan air bersih. Setelah bersih dari getah dapat Anda olesi dengan menggunakan kayu putih kemudian bisa Anda tempelkan daun tersebut pada bagian perut, sekitar dada, maupun pada bagian punggung. Daun jarak tersebut akan menimbulkan sensasi rasa hangat pada tubuh Anda. Sebaiknya Anda melakukannya ketika akan tidur, supaya tidur Anda nyenyak dan ketika bangun tubuh menjadi lebih fresh.

2. Mengobati Reumatik
Reumatik merupakan penyakit yang terjadi pada tulang akibat kurang bergerak atau kurang beraktifitas sehingga muncul peradangan yang membuat sendi terasa kaku. Nah daun ini bisa menjadi solusi untuk masalah reumatik pada sendi Anda. Caranya yaitu Anda tinggal mengambil daun jarak sebanyak 8 lembar yang sudah dicuci bersih. Kemudian tumbuk dengan halus dan tambahkan sedikit air panas kedalamnya.

Khasiat Daun Jarak
Khasiat Daun Jarak 
Kemudian, setelah halus oleskan tumbukan daun jarak tersebut kebagian tubuh yang mengalami reumatik. Lakukan sampai 3 kali sehari hingga rasa sakit itu mereda. Tidak hanya untuk reumatik, ramuan dari daun jarak ini juga bisa digunakan untuk masalah kulit seperti eksim.

3. Melancarkan Buang Air Besar (BAB)
Jika Anda mengalami kesulitan dalam masalah pencernaan seperti susah buang air besar, daun jarak  ini bisa menjadi solusi untuk melancarkan BAB Anda. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun jarak yang sudah dicuci bersih kemudian rebus daun tersebut kedalam air yang mendidih sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan, kemuduan air hasil rebusan tersebut bisa Anda minum untuk mengobati rasa sembelit atau susah buang air besar. Tidak hanya direbus daun ini juga bisa dikukus dengan cara dibuat lalapan sampai daun tersebut layu, kemudian dimakan selama kurang lebih 5 hari hingga system pencernaan Anda benar-benar lancer.

4. Mencegah Sariawan
Manfaat dari daun jarak atau jarak pagar yaitu bisa megobati sariawan. Senyawa anti-inflasi dari daun jarak bermanfaat untuk mencegah anti-inflasi, caranya yaitu dengan mengoleskan getah daun jarak pada bibir yang terkena sariawan. Kemudian bisa ditambahkan madu pada getah tersebut biar tidak berasa pahit. Lakukan cara ini secara teratur 2-3 kali sehari hingga hasilnya terlihat lebih baik.

5. Mengatasi Keputihan pada Wanita
Masalah keputihan pasti banyak dialami oleh perempuan, karena pada daerah vagina yang lembab banyak bakteri yang keluar sehingga muncul kotoran berupa keputihan pada wanita yang menimbulkan efek tidak nyaman. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan daun jarak karena kandungan yang terdapat dalam daun ini bisa mencegah dan mengatasi keputihan secara alami, dan membuat alat vital Anda menjadi lebih sehat dan lebih terjaga.

6. Menurunkan Demam pada Anak
Usia 3-9 tahun pada anak sangat rentang terkena demam. Tidak hanya untuk orang dewasa manfaat daun jarak juga sangat bermanfaat untuk anak terutama untuk menurunkan demam pada anak. Karena kandungan alami pada daun ini bisa menurunkan suhu panas pada anak, caranya yaitu dengan merebus beberapa helai daun jarak yang sudah dibersihkan, kemudian air rebusan itu diminum secara teratur hingga suhu pada anak kembali normal.

7. Meredakan Nyeri pada Saat Menstruasi
Wanita seringkali mengeluh karena merasakan sakit atau kram pada saat mensruasi karena karena darah yang akan keluar terhambat atau tertunda. Bahkan, pendarahan yang berlebihan juga pada saat menstruasi bisa menyebabkan wanita mengalami anemia dan depresi. Sifat Emenagogue dan asam ricinoleic pada daun jarak ini bisa membuka aliran menstruasi sehingga darah yang keluar lebih lancer dan bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

8. Menyembuhkan Luka Memar
Manfaat lain dari daun jarak yaitu bisa digunakan untuk menyembuhkan luka memar sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Pengobatan ini dapat dilakukan dengan cara mengambil beberapa lembar daun jarak yang sudah dibersihkan kemudian menghaluskannya dengan menggunakan air hangat. Setelah itu tempelan pada bagian kulit yang memar atau yang terkena luka. Lakukan secara teratur hingga memar tersebut terlihat membaik dan menunjukan perubahan.

0 Response to "8 Khasiat dan Manfaat dari Daun Jarak untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel