8 Khasiat Mengkonsumsi Buah Bit Bagi Kesehatan Tubuh

Buah bit atau yang sering kita sebut bit merah merupakan tanaman yang berasal dari daerah Mediterania yang merupakan tanaman sejenis umbi-umbian berwarna ungu kemerah-merahan yang bentuknya menyerupai kentang. Buah bit ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh karena buah ini mengandung tinggi karbohidrat namun rendah lemak, kalori dan proteinnya. Warna merah dari buah bit ini sering dipakai untuk pewarna makanan alami, karena mengandung sukrosa yang juga dimanfaatkan untuk pembuatan gula.

Khasiat Buah Bit
Khasiat Buah Bit 
Selain manfaat yang disebutkan diatas tadi, ternyata masih banyak manfaat dari buah bit merah ini , muali dari akar sampai manfaat dari buahnya itu sendiri. Sebelum menggali tentang apa manfaat dari buah bit ini, mari kaita ketahui tentang nutrisi yang terkandung dalam buah bit merah ini.

Kandungan Nutrisi Buah Bit
Buah bit mengandung banyak vitamin, mineral, dan komponen organic lainnya seperti: Asam Folat, Karoten, Lutein, Zeaxanthin, Glisin, Betaine, Serat, Vitamin C, Magnesium, Zat besi, Tembaga, Boron, Fosfor, dan Flavonoid (antosianin).

Tidak hanya rendah kalori, buah bit ini juga nebas akan kolesterol. Tetapi karena kandungan gulanya sangat tinggi diantara semua jenis sayuran lainnya, maka mengkonsumsinya tidak boleh berlebihan harus sesuai aturan.

Selain buah dan akarnya, ternyata bagian daunnya juga mempunyai nutrisi yang baik bagi tubuh kita, karena didalam daunnya mengandung berbagai jenis nutrisi seperti: Protein, Fosfor, Zinc, Serat, Vitamin B6, Magnesium, Potasium, Tembaga, Mangan, Vitamin A, Vitamin C, Kalsium, Zat besi (lebih tinggi dari bayam).

Nutrisi dalam dain bit tersebut bisa bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, Alzheimer, serta meningkatkan system imun dalam tubuh untuk pembentukan antibodi dan sel darah putih.

Setelah mengetahui kandungan nutrsi dalam buah bit, mari kita simak tentang manfaat dari bauh bit itu sendiri untuk kesehatan tubuh kita. Berikut manfaatnya:

Khasiat Buah Bit
Khasiat Buah Bit
1. Mencegah Anemia
Buah yang berwarna kemerahan ini dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan regenerasi sel darah merah, karena kandungan zat besi yang ada didalamnya bisa mengaktifkan kembali sel darah merah untuk memproduksi oksigen yang berguna bagi kesehatan sel darah merah. Selanjutnya Vitamin C yang terkandung dalam buah bit ini membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Buah bit mengandung betaine yang mengandung senyawa bioaktif kuat yang membantu menurunkan kadar homocysteine dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL serta untuk meningkatkan kadar HDL.

Selain itu, betaine yang terkandung didalam buah bit dapat mencegah gangguan kardiovaskuler seperti serangan jantumg, stroke, dan aterosklerosis.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan
Pada abad pertengahan, buah bit ini sering digunakan untuk masalah system pencernaan seperti, sembelit, diare, disentri bahkan rasa mual dan nyeri pada system pencernaan dengan mengkonsusi buah bit ini bisa teratasi, karena kandunagn serat dan antioksidan dalam buah bit membantu mengeluarkan zat beracun yang ada dalam tubuh anda dan menjaga kesehatan pencernaan anda secara optimal.

4. Meningkatkan Kecerdasan Otak
Khasiat selanjutnya dari buah bit yaitu meningkatkan kecerdasan otak, buah bit mengandung asam folat yang dapat membantu perkembangan otak anda. Selain asam folat, nitrat yang terkandung dalm buah bit juga bisa meningkatkan neuroplastisitas otak yang membantu meningkatkan oksigenasi korteks somatomotor pada area otak.

5. Meningkatkan Stamina dan Energi pada Tubuh
Karbohidrat yang terkandung didalam buah bit bisa meningkatkan stamina dalam tubuh sehingga sangat baik untuk orang yang beraktivitas padat seperti anda, seperti atlet atau olahragawan. Karena sebagai sumber energi maka ketika tubuh anda cukup karbohidrat, maka system organ bisa berfungsi dengan baik.

Tidak hanya mengandung karbohidrat buah bit juga mengandung mineral seperti boron, tembaga, dan magnesium untuk membantu tulang berkembang secara normal dan dan meningkatkan metabolism tulang anda.

6. Menurunkan Berat Badan
Terlihat canting dan mempunyai tubuh yang ideal merupakan keinginan seorang wanita. Buah bit juga bisa membantu menjaga berat badan Anda karena bisa memperlancar proses detoksifikasi dalam tubuh khususnya lemak.

7. Anti Aging
Asam folat yang terkandung dalm buah bit membantu dalam fungsi dan perbaikan sel secara optimal. Sehingga dapat mencegah penuaan dini. Antioksidan dan Vitamin C yang terdapat pada buah bit merupakan cara alami untuk mencerahkan kulit Anda.

8. Mencegah Inflasi
Manfaat dari buah bit ini lagi-lagi betaine yang berperan dalam melindungi sel, protein, dan enzim dalam tubuh. Oleh sebab itu, nutrisi ini mampu mengatasi inflasi, melindungi organ bagian dalam, serta dapat mencegah berbagai penyakit kronis.

0 Response to "8 Khasiat Mengkonsumsi Buah Bit Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel