7 Gejala DBD yang Harus Anda Ketahui

DBD atau yang sering kita sebut Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dangue yang diinfeksi melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Gejala DBD sering disalah artikan dengan gejala penyakit lain karena banyak penyakit yang sama gejalanya yaitu demam tinggi.

Gejala DBD
Gejala DBD
Meskipun disebut dengan penyakit menular, penyakit DBD tidak ditularkan dari orang ke orang, seperti penyakit flu atau pilek, tetapi ditularkan melalui perantara, yaitu virus aedes yang dikeluarkan nyamuk untuk mematangkan virus.

Cara penyebaran virusnya, yaitu melalui gigitan nyamuk. Jika seseorang terinfeksi virus aedes yang ditularkan nyamuk, kemudian seseorang tersebut terinfeksi maka nyamuk yang menggigit tersebut bisa menular ke orang lain melalui gigitannya. Kemudian, virus tersebut yang selanjutnya jika nyamuk tersebut menggigit orang yang sehat, maka virus akan berpindah dan menyebabkan infeksi.

Oleh karena itu, anda harus mengetahui beberapa tanda dan gejala demam berdarah dengan gejala demam penyakit lainnya. Nah, berikut merupakan gejala demam berdarah, diantaranya:

1. Mendadak Demam Tinnggi
Demam sering terjadi pada gejala penyakit lain. Namun, berbeda dengan gejala demam pada DBD yaitu terjadi secara mendadak bisa mencapai 40 Derajat Celcius karena adanya virus yang menyebabkan demam tinggi yang terus menerus bisa naik turun dan bisa berlangsung selama beberapa hari bahkan sampai 7 hari. Akibatnaya terjadi penurunan trombosit secara drastis karena terdapat kelainan pada pembuluh darah.

Perbedaan demam dengan penyakit lain yaitu demam yang terjadi karena infeksi dari virus yang biasa disertai dengan bersin-bersin, batuk dan flu.

Gejala DBD
Gejala DBD
2. Nyeri pada Bagian Otot dan Sendi
Setelah gejala demam dikenali, pasien yang mengidap DBD akan merasa sakit pada bagian otot dan sendi yang membuat badan kita lemas hanya ingin berbaring diatas kasur, misal nyeri pada bagian otot pinggang, otot lengan, otot betis, dsb.  Serta gejala ini biasanya disertai rasa menggigil pada tubuh dan berkeringat.

3. Adanya Bintik-Bintik Merah pada Tubuh
Ruam merah atau biasa disebut bitnik merah pada kulit yang biasanya muncul pada daerah wajah dan leher yang akan menyebar keseluruh tubuh namun bisa juga muncul diarea telapak tangan, telapak kaki, dan bagian tubuh lainnya yang jika kita perhatikan dengan jelas Nampak seperti gigitan nyamuk yang bisa berlangsung antara 2-5 hari setelah demam. Gejala ini disebut juga fase kritis sehingga pasien harus mendapatkanperawatan medis yang baik.

4.  Pusing yang Disertai Rasa Sakit pada Bagian Belakang Mata
Setelah beberapa jam mengalami demam, gejala yang selanjutnya akan muncul yaitu pusing atau sakit kepala yang berbeda dengan sakit kepala pada umumnya, disekitar dahi yang disertai dengan sakit pada bagian belakang mata yang umumnya sering terjadi pada orang yang mengalami DBD.

5.  Rasa Mual dan Muntah
Gangguan pencernaan juga menjadi salah satu gejala DBD yang ditandai dengan mual dan muntah yang disebabkan rasa tidak nyaman diperut dan ulu hati sehungga makanan yang masuk akan dimuntahkan kembali.

6. Hilangnya Nafsu Makan
Setelah mengalami mual dan muntah tentunya akan berdampak pada hilangnya nafsu makan, karena kurangnya asupan makanana maka seseorang yang mengalami DBD akan cepat merasa Lelah dan lesu.

7. Merasa Kelelahan
Gejala DBD yang ini merupakan fase yang kritis karena tidak adanya asupan makanan pada tubuh maka seseorang tersebut akan merasa lelah. Akibatnya asupan nutrisi berkurang, energi dalam tubuh melemah dan sistem imun dalam tubuhnya melemah  yang selanjutnya akan terjadi pendarahan pada gusi atau hidung yang disebabkan oleh penurunan jumlah sel darah putih.

0 Response to "7 Gejala DBD yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel