8 Tanda dan Gejala Anemia yang Harus Anda Ketahui

Anemia atau yang sering kita sebut dengan kekurangan darah mrupakan penyakit dimana kondisi hemoglobin dalam darah menurun sehingga mengakibatkan tubuh menjadi lemah dan dan wajah menjadi pucat.

Gejala Anemia
Gejala Anemia
Gejala anemia banyak bervariasi, tergantung pada jenis, penyebabnya, tingkat keparahan penyakit dan penyakit lain yang bisa mendasar terhadap anemia, seperti pendarahan, luka dilambung, gangguan haid, kanker, dan sebagainya.

Berikut merupakan beberapa gejala yang dapat kita ketahui tentang penyakit anemia, diantaranya:

1. Sakit Kepala
Sakit kepala yang terus menerus dapat disebabkan oleh anemia. Karena kekurangan darah akan membuat otak kekurangan oksigen sehingga anda akan sering merasa pusing. Sehingga anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi atau vitamin B12, seperti hati, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan protein yang memungkinkan oksigen untuk mengalir keseluruh tubuh.

Akibatnya, gejala anemia yang muncul adalah sulit bernapas dan terkadang oksigen di kepala sangat sedikit, sehingga orang yang mengalami anemia akan merasa pusing.

2. Mudah Merasa Lelah
Lelah merupakan gejala anemia yang sering terjadi. Karena disebabkan oleh kurangnya kadar hemoglobin pada sel darah merah. Sehingga jaringan pada tubuh tidak mendapatkan oksigen dengan optimal yang akan membuat tubuh anda kekurangan energi, sehingga tubuh anda terasa lelah dan lesu.

Gejala Anemia
Gejala Anemia
3. Kulit Pucat
Karena tubuh kekurangan sel darah merah sehingga kulit menjadi pucat disebabkan karena kurangnya asupan zat besi atau vitamin B12 pada tubuh kita akan terlihat pucat. Kulit pucat bisa terlihat pada bagian telapak tangan, bibir, kelopak mata bawah dan lidah.

4. Dada Terasa Sakit
Dada terasa sakit karena ada sel darah merah yang sedikit beredar kajantung, seharusnya jantung itu bekerja untuk memindahkan ke seluruh tubuh. Akibatnya, jantung berdetak lebih cepat dan anda mungkin merasa ketegangan akibat nyeri dari dada tersebut.

Gejala ini sangat berbahaya bagi yang mempunyai masalah dengan jantungnya, karena menurut The National Heart, Lung and Blood Institute menjelaskan bahwa ketika jantung bekerja lebih keras, maka detak jantung pun ikut menjadi tidak teratur, sehingga jantung akan membesar dan bahkan bisa berakibat fatal yaitu menyebabkan gagal jantung.

5. Susah Berkonsentrasi
Gejala anemia ini bisa membuat seseorang tidak dapat berpikir dengan baik dan sulit dalam berkonsentrasi. Hal ini terjadi karena oksigen yang masuk ke otak lebih sedikit.


6. Ingin Memakan Makanan yang Aneh
Jika anda merasa ingin memakan makanan yang aneh seperti es batu, ujung pensil, cat dan mencium bau aneh dan ingin memakannya maka itu sudah termasuk gejala anemia. Karena, disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah sehingga Anda mulai mengidam yang aneh-aneh.

7. Suhu Tubuh Mengalami Dingin yang Ekstrim
Jika anda merasa dingin pada bagian tangan dan kaki dengan dingin yang tidak dari biasanya, itu merupakan gejala dari anemia. Sebab, fungsi dari zat besi itu menyuplai panas ke seluruh tubuh. Maka, jika tubuh kita tidak memiliki cukup sel darah merah, maka bagian tubuh tertentu yang kurang mendapatkan zat besi akan terasa dingin terutama pada bagian telapak tangan dan kaki.

8. Denyut Jantung tidak Teratur
Kadar hemoglobin yang rendah bisa membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah dari sistem. Hal ini bisa menyebabkan jantung berdebar lebih cepat atau tidak teratur.

0 Response to "8 Tanda dan Gejala Anemia yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel