7 Khasiat Bawang Hitang yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda pernah mendengar tentang bawang hitam? Bawang hitam atau bisa disebut black garlic merupakan bawang putih yang sudah diawetkan atau yang sudah di fermentasi dengan memanfaatkan reaksi Mailard yang disimpan pada suhu 60-90 derajat Celcius selama 10-40 hari. Bawang hitam ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda, misalnya untuk menormalkan tekanan darah.

Khasiat Bawang Hitang
Khasiat Bawang Hitang
Proses fermentasi bawang hitam ini sama seperti bawang putih pada umumnya, yang nanti lama kelamaan akan akan menghitam dan rasanya akan lebih manis serta teksturnya yang kenyal. Proses fermentasi ini mengakibatkan hilangnya Allicin yaitu penyebab bau menyengat pada bawang putih.

Kandungan Gizi yang Terdapat dalam Bawang Hitam
Pada dasarnya bawang hitam memiliki nilai gizi yang sama dengan bawang putih, namun reaksi Malard yang terjadi telah merubah bentuk zat tersebut. Sehingga ada zat yang meningkat dan ada juga zat yang menurun.

Bawang hitam banyak mengandung Antioksidan yang tinggi, karena kandungan Allisin pada bawang putih telah mengalami reaksi Maliard yang merubahnya menjadi senyawa Antioksidan. Beberapa senyawa Antioksidan tersebut diantaranya, Amadori, Hidroksimetilfurfural, dan Asam Piruvat. Reaksi Mailard juga telah meningkatkan beberapa senyawa yang terdapat dalam bawang hitam seperti Polifenol, Flavonoid, Fenilalanin, Leusin dan Isoleusin. Selain itu juga, bawang hitam mengandung Nitrogen Oksida, Selenium, Fruktosil Glukumat dan Linoleoilgliserol.

Bawang hitam memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan bawang putih, karena mengandung banyak antioksidan pada bawang hitam. Nah berikut ini merupakan beberapa manfaat dari bawang hitam yang harus Anda ketahui, diantaranya:

Khasiat Bawang Hitang
Khasiat Bawang Hitang
1. Dapat Menurunkan Glukosa dalam Darah
Khasiat bawang hitam yaitu bisa menurunkan glukosa dalam darah, karena kandungan Organosulfur yang terdapat dalam bawang hitam mampu melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan aliran darah terhadap dinding arteri menurun dan menjadi normal.
Maka dengan mengkonsumsi bawang hitam secara rutin sangat baik bagi, karena dapat mencegah Hiperlipidemia dan Hiperglikemia yang disebabkan oleh diet tinggi lemak.

2. Mencegah Kanker
Proses fermentasi pada bawang hitam ini bisa meningkatkan senyawa S-Allylcysteine yang merupakan komponen alami dari bawang putih, dan Asam Amino Sistein yang mampu membunuh sel-sel kanker hingga benar benar mati.Hal ini dikarenakan kandungan senyawa yang terdapat dalam bawang hitam mampu menghambat sinyal-sinyal yang akan tumbuh menjadi sel-sel kanker.

Dikutip dari HealthMad, kedua senyawa S-Allylcsteine dan Asam Amino Sistein ini bisa membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker otak dan kanker pancreas. Khasiat bawang hitam juga bisa mengobati penyakit Leukemia.

3. Sumber Antioksidan
Proses permentasi bawang hitam ini telah mengubah senyawa Alis memjadi senyawa Antioksidan yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan. Manfaat Antioksidan dalam bawang hitam ini mampu menangkal beebagai raikal bebas, mengurangi resiko kerusakan kulit, menurunkan resiko penyakit jantung, dan mengurangi kerusakan pada organ-organ tubuh.

Menurut para ahli penelitian, bawang hitam ini mampu menangkal radikal bebas penyebab, penyakit jantung, Alzheimer, masalah peredaran darah dan penyakit kronis lainnya.

4. Melindungi dari Infeksi
Selain sebagai Antiinflasi, kandunagn yang terdapat dalam bawang hitam juga memiliki sifat Antibakteri, seperti Zat Antimikroba, Antibiotik, dan Antijamur yang berkhasiat mengatasi berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti bakteri E.coli dan membantu meningkatkan metabolism sehingga melimdungi dari infeks.

5. Mengurangi Lemak
Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, bawang hitam ini bisa menjadi salah satu solusi yang dapat dijadikan bumbu pada makanan Anda. Sebab, bawang hitam ini bisa menurunkan beberapa jumlah lemak dalam tubuh Anda, termasuk lemak dalam perut.

6. Menjaga Kesehatan Jantung
Bawang hitam memiliki peran yang sangat penting terhadap jantung. Manfaat bawang hitam bisa menjaga jantung Anda agar tetap sehat. Kandungan senyawa S-Allylcysteine dalam bawang hitam mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta bermanfaat untunk kesehatan jantung Anda. Serta mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik.

7. Mencegah Penuaan
Bawang hitam memiliki kemampuan untuk mengganti sel dalam tubuh yang rusak, sehinga sel sel tersebut dapat diperbaharui. Jadi, bagi Anda yang ingin terus merasa awet muda maka konsumsilah bawang hitam secara rutin.

0 Response to "7 Khasiat Bawang Hitang yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel