10 Gejala Tetanus yang harus kamu ketahui!

Tetanus adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang terbawa oleh debu dan kotoran. Tetanus sering terjadi akibat luka yang dalam, bakteri akan masuk dalam aliran darah dan menghasilkan racun (tetanospasmin). Racun tersebut mengganggu sinyal saraf yang dikirim dari sumsum tulang belakang ke otot-otot, akibatnya bisa kejang otot dan demam. Berikut ini adalah beberapa gejala tetanus.

Gejala Tetanus
Gejala Tetanus
1. Kejang otot

Tetanus disebabkan karena infeksi bakteri yang dapat mempengaruhi sistem saraf. Kejang otot disebabkan karena infeksi dapat menghambat otot dalam menerima sinyal dari sumsum tulang belakang. Biasanya orang yang terinfeksi tetanus akan mengalami pengetatan otot di seluruh tubuh. Kejang dapat menjadi lebih intens,bahkan dapat mengakibatkan kematian. Jika terinfeksi tetanus segeralah minta bantuan medis karena tetanus memerlukan perhatian medis sesegera mungkin.

2. Kegelisahan

Gejala lainnya jika terinfeksi tetanus adalah kecemasan dan peningkatan iritabilitas. Infeksi bakteri menyebabkan tubuh kewalahan,  mengalami kesulitan untuk tetap diam atau mengikuti instruksi. orang dengan terinfeksi tetanus memiliki masalah dalam berkomunikasi dengan orang lain, dan mereka tampak tidak peka dalam menjawab pertanyaan. Jika Anda mencurigai seseorang terinfeksi tetanus, segeralah bantu cari perawatan medis.

3. Sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala ketika kita terinfeksi tetanus. Gejala sakit kepala ini muncul dalam waktu delapan hari hingga tiga minggu setelah infeksi bakteri. Segeralah ke rumah sakit terdekat jika mencurigai adanya infeksi. Infeksi bakteri ini mengganggu saraf di sistem saraf dan menyebabkan sakit kepala. Selain sakit kepala, leher kaku dan demam juga bisa terjadi. Pencegahan tetanus sangatlah penting, vaksin tetanus bisa digunakan sebagai tindakan pencegahan  .

4. Lekas ​​marah

Tanda lain jetika terinfeksi tetanus yaitu lekas marah biasanya disertai kelelahan dan gelisah. Tetanus dapat mengganggu sinyal saraf dari sistem saraf ke otot sehingga dapat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang. Pada tahap awal, seseorang dengan terinfeksi tetanus biasanya mudah tersinggung, sering ngiler dan kehilangan nafsu makan.

Gejala Tetanus
Gejala Tetanus
5. Trismus

Trismus adalah gejala ciri khas tetanus. Kejang otot dapat menyebabkna berkurangnya pembukaan rahang. Tetanus menyebabkan kejang otot di bebrapa bagian tubuh, termasuk rahang. Rahang dapat membuka atau menutup tanpa peringatan, dan mati rasa dapat terjadi. Jika kehilangan kontrol ini meluas ke paru-paru, hasilnya bisa berakibat fatal.

6. Membungkuk dari Belakang

Salah satu gejala yang disebabkan oleh tetanus adalah opisthotonus atau menekuknya punggung. Ketegangan di punggung disebabkan oleh kejang otot. Jika kejang cukup parah dapat menyebabkan tulang-tulang tertentu patah. selain itu, sendi mengalami dislokasi juga bisa terjadi.

7. Demam

Pemulihan tetanus memerlukan banyak perawatan dengan mamakan waktu panjang hingga beberapa bulan. Gejala yang mungkin dialami sesaat setelah terinfeksi tetanus adalah demam. Berkeringat dan detak jantung meningkat merupakan gejala lain yang biasanya menyertai demam. Gejala yang mungkin dapat terjadi dari sedang sampai parah, tergantung pada letak  luka. Demam dapat bertahan sampai tahap akhir penyakit. Mungkin juga dapat mengalami peningkatan tekanan darah serta kedinginan di seluruh tubuh.

8. Kejang Wajah

Gejala lainnya akibat infeksi yang mempengaruhi sistem saraf adalah kejang wajah , sering muncul juga secara bersamaan dengan kejang rahang dan daerah leher. Kejang wajah merupakan indikasi awal terinfeksi tetanus.

9. Kesulitan Menelan

Ketika terinfeksi tetanus, kontrol otot akan berkurang dan akan kesulitan untuk menelan. Tetanus dapat mempengaruhi sinyal antara sistem saraf dan otot-otot tubuh, sehingga menjadi penyebab kekakuan dan kejang otot. Jika kondisi ini tidak segera diobati, kekakuan otot dapat menyebar ke paru-paru, sehingga dapat menyebabkan kematian.

10. Kesulitan bernafas

Gejala lain pasien tetanus adalah kesulitan bernafas karena berkembang dari otot-otot rahang sampai ke paru-paru, jika tidak segera diobati mungkin bisa menyebabkan kematian. seseorang jika teinfeksi tetanus merekatidak dapat mengendalikan pernapasannya karena mengalami kejang otot.

0 Response to "10 Gejala Tetanus yang harus kamu ketahui!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel