10 Khasiat Mengkonsumsi Petai bagi Kesehatan Tubuh

Petai merupakan makanan yang sangat opuler di Indonesia. Meskipun baunya yang menyengat tapi tidak sedikit orang suka makan buah petai ini. Petai ini bisa disajikan sebagai sambal, lalapan atau bahkan bisa dicampur kedalam masakan. Meskipun buah ini menimbulkan bau tidak enak, tetapi banyak sekali manfaat yang terkandung dalam petai.

Khasiat Petai
Khasiat Petai
Petai yang memiliki nama latin Parkia speciose, merupakan tanaman jenis polong-polongan yang bermanfaat bagi kesehatan, terbukti dari kandungan nutrisi didalamnya. Petai juga mengandung Protein, Sulfur, Vitamin A, Zat Besi dan sejumlah mineral lainnya.  Bau tidak sedap yang dimiliki oleh petai yaitu berasal dari kandungan Asam Amino yang didalamnya mengandung Sulfur. Bau tidak sedap tersebut dapat berpengaruh pada bau mulut dan urin setelah makan petai.

Meskipun petai banyak dijauhi dan dihindari oleh sebagian banyak orang, ternyata petai juga banyak mengandung gizi yang tinggi dan bermanfaat bagi tubuh Anda, diantaranya:

1. Mengatasi Diabetes
Bagi Anda yang mempunyai diabetes, Anda bisa mengkonsumsi petai, karena kandungan kadar potassium yang tinggi namun kadar garamnya yang rendah dapat mengontrol diabetes dalam tubuh Anda. Secara tradisional juga, makan petai mentah dapat membantu mengendalikan diabetes atau dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi.

2. Mengatasi Sembelit
Tekstur buah petai yang halus dan lembut tenyata membantu kerja organ pencernaan menjadi lebih ringan dan dapat mencegah iritasi pada system pencernaan dan mampu menetralkan asam lambung. Kandungan serat yang tinggi pada petai ini dapat mengatasai sembelit, seperti susah Buang Air Besar (BAB). Petai mengandung banyak energi dan serat, Maka, jika Anda mengalami sulit dalam buang air besar disarankan untuk mengkonsumsi petai.

3. Menurunkan Resiko Tekanan Darah Tinggi
Petai kaya akan Kalium dan rendah Natrium yang sangat perperan penting dalam kontraksi otot dan transmisi saraf. Menurut beberapa penelitian mengkonsumsi petai dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi atau Hipertensi, karena orang yang mempunyai hipertensi dan memiliki peningkatan risiko penyakit jantung perlu menjaga asupan Natrium harian Anda antara 1.500 Mg – 2.300 Mg perhari. Maka diajurkan untuk Anda mengkonsumsi petai, teutama bagi Anda yang olahragawan karena petai tersebut kaya akan Kalium.

4. Dapat Mencegah Anemia
Anemia merupakan penyakit gangguan kesehatan karena berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah. Kekurangan zat besi tersebut dapat menimbulkan efektubuh menjadi lemah dan tidak bersemangat.

Khasiat Petai
Khasiat Petai
Kandungan Zat Besi yang tinggi pada petai ini dapat digunakan sebagai alternative pengobatan anemia, karena zat tersebut dapat mendorong terciptanya hemoglobin atau sel darah merah.

5. Dapat Menangkal Radikal Bebas
Petai dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh karena mengandung Antioksdan yang tinggi, sehingga dapat mencegah terjadika kerusakan sel dalam tubuh yang bisa menimbulkan penyakit seperti kanker, jantung dan sebagainya.
Selain itu juga, Antioksidan dalam petai juga mampu meningkatkan system imunitas atau daya tahan tubuh Anda.

6. Menurunkan Tingkat Stress
Kandungan Trytophan pada petai ini terbukti dapat merelaksasi tubuh Anda, karena kandunag tersebut bisa merubah kandungan semacam protein menjadi serotonin yang dapat memberikan efek rileks, dapat memperbaiki mood dan menghilangkan depresi.
Petai juga mengandung Vitamin B yang tinggi yang mampu melemaskan sel saraf pusat. Selain itu juga, petai mengandung banyak Kalium yang mampu membantu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan juga mengelola keseimbangan air pada tubuh Anda.

7. Meningkatkan Konsentrasi dan Menjaga Kesehatan Mata
Mengkonsumsi petai mampu meningkatkan konsentrasi dan kesehatan mata Anda, karena kandungan Vitamin A yang tinggi menjadi alternative pengobatan untuk menjaga kornea dari kerusakan serta ganggan pada mata.

Selain untuk kesehatan mata, kandungan kalium dalam petai juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan kognitif terutama bagi seseorang yang mengalami kesulitan dalam belajar. Menurut penelitian dari Inggris menyatakan bahwa petai dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang, karena mengkonsumsi petai pada saat sarapan sampai siang , seseorang dapat menyelesaikan masalah dengan mudah.

8. Membantu Anda Berhenti untuk Merokok
Kandungan Kalium, Magnesium, Vitamin B6 dan Vitamin B12 yang terdapat dalam petai mampu meminimalisir efek ketergantungan yang dihasilkan oleh nikotin pada rokok.
Untuk Anda yang ingin berhenti merokok ini merupakan kabar gembira dan solusi yang tepat untuk Anda coba sendiri manfaatnya.

9. Dapat Mengatur Suhu Tubuh
Menurut sejumlah kepecayaan menyebut petai ini sebagai kacang pendingin, karena petai ini mampu menurunkan suhu tubuh terutama bagi seseorang yang sedang mengalami demam. Tidak hanya menurunkan suhu tubuh, petai juga mampu menurunkan emosi dan suhu tubuh padaibu hamil. Serta mengkonsumsi petai juga mampu memastikan bayi yang lahir dalam kondisi tubuh yang dingin.

10. Merinagnkan Gejala PMS
PMS ( Pre Menstrual Syndrome) ini biasanya bisa membuat kondisi emosi seseorang berubah, menimbulkan rasa nyeri dan kram. Untuk itu , Anda disarankan unuk mengkonsumsi petai, karena kandungan Vitamin B, Kalsium dan magnesium dalam petai mampu meringankan gejala PMS karena efek Trytopan yang dihasilkan peta dapat menstabilkan suasana hati seseorang. Vitamin B juga, terutama yang tedapat dalam Vitamin B1, bisa mengatur kadar gula darah, dan juga dapat membantu meningkatkan mood seseorang.

Selain itu, Vitamin B-6, kalsium, dan magnesium pada petai juga dapat mengurangi kembung dan nyeri pada saat PMS. Mengkonsumsi petai saat menstruasi mampu mengembalikan zat besi yang hilang saat PMS.

Nah itulah beberapa manfaat dari petai yang wajib Anda ketahui dan jangan mengabaikannya. Meskipun baunya yang tidk sedap, tapi kandungan nutrisi yang terdapat dalam petai ini sangat besar manfaatnya.

0 Response to "10 Khasiat Mengkonsumsi Petai bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel