12 Khasiat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Daun Sirih merupakan tanaman yang berasal dari Sulawesi, Indonesia. Tanaman ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti Kanker, Diabetes, Asam Urat, Maag, Hepatitis, Darah Tinggi, Ambeien dan Infeksi.

Khasiat Daun Sirih Merah
Khasiat Daun Sirih Merah
Selain itu juga, daun sirih juga mempunyai khasiat untuk kesehatan, seperti mencegah adanya bakteri di tubuh dan menghilangkan bau badan secara alami dengan rebusan daun sirih merah.

Kandungan Daun Sirih Merah

Berdasarkan hasil penelitian bahwa daun sirih merah memiliki kandungan zat yang berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit. Kandungan senyawa dalam sirih merah ini digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu Polivenol, Flavonoid dan Alkoloid.

Senyawa Flavonoid dan Polivenol
Kedua senyawa ini yang terkandung dalam daun sirih merah berkhasiat untuk mencegah kanker dan bisa juga digunakan sebagai Anti-Inflamasi, Antiseptik, Antioksidan dan Antidiabetik.

Senyawa Alkoloid
Manfaat dari senyawa ini hampir sama dengan senyawa Flavonoid dan Polivenol, yaitu untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh manusia.

Khasiat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Tubuh

Penggunaan daun sirih merah ini sangat berkhasiat untuk pengobatan dan menjaga kesehatan tubuh. Berikut merupakan beberapa manfaat dari daun sirih merah yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Sebagai Antiseptik
Manfaat dari daun sirih merah ini sering digunakan sebagai antiseptic, karena dipercaya dapat masyarakat untuk menyembuhkan luka infeksi. Akan tetapi, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa antiseptic yang terdapat dalam cairan daun sirih merah ini lebih unggul daripada sabun non-antiseptik dan sabun antiseptic. Hanya saja, perlu diperhatikan apakah bakteri yang tersisa dalam luka tersebut bersifat pathogen atau tidak.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah
Manfaat daun sirih ini bisa Anda dapatkan dengan meminum air rebusannya. Air rebusan daun sirih merah ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosi diabetes tipe 2. Manfaat daun sirih merah lainnya yaitu dari kandungan Antioksidan tinggi yang bisa mengurangi stress oksidatif penyebab kerusakan sel-sel dalam tubuh yang memicu ketidakseimbangan hormon insulin.

Khasiat Daun Sirih Merah
Khasiat Daun Sirih Merah
3. Menjaga Kesehatan Mulut
Manfaat daun sirih merah yang lainnya yaitu menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi Anda. Caranya, Anda hanya perlu mengunyahnya. Minyak atsiri pada daun sirih merupakan zat yang berdaya antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan mempunyai aktivitas terhadap beberapa macam bakteri yang ada didalam mulut. Selain minyak astiri, daun sirih merah ini juga mengandung senyawa Flavonoid, Alkanoid, dan senyawa Fenolik yang dapat menghilangkan karies pada gigi dan menghilangkan bau mulut.

4. Mengobati Maag
Manfaat daun sirih merah ini sangat efektif dalam menangani masalah pencernaan Anda, seperti nyeri lambung, sakit maag, meredakan gejala GERD, melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya.

Manfaat daun sirih merah ini bisa menormalkan pH lambung untuk meredakan sakit maag, refluxs asam lambung dan rasa sakit akibat perut kembung. Serta, sakit maag bisa terjadi karena pola makan yang tidak teratur sehingga mengalami sakit maag dan perut Anda akan terasa nyeri.

5. Menyembuhkan Luka Bakar
Luka bakar yang Anda alami bia disebabkan karena celaka, terciprat minyak goreng dan terkena knalpot motor. Luka bakar tersebut bisa membuat kulit Anda terasa panas dan tidak nyama, tapi Anda bisa menggunakan khasiat daun sirih merah yang bisa membantu meredakan dan menyembuhkan luka bakar ringan yang terjadi pada kulit Anda.

Caranya Anda bisa menumbuk 3-4 lembar daun sirih merah yang kemudian dicampurkan dengan madu, setelah itu letakkan ramuan daun sirih erah tersebut pada kulit yang mengalami luka bakar.

6. Mengobati Jerawat
Jerawat merupakan kondisi kulit yang menghasilkan klenjar minyak yang berlebihan yang kemudian bercampur dengan poludan yang menyebabkan jerawat. Masalah jerawat ini dapat Anda atasi dengan daun sirih merah.

Cara membuat ramuan ini yaitu: Siapkan 10 lembar daun sirih merah yang sudah di bersihkan kemudian digiling hingga halus. Selanjutnya seduh dengan air panas dan tunggu hingga dingin. Oleskan ramuan tersebut pada wajah yang berjerawat. Lakukan cara ini secara teratur dalam dua hari sekali.

7. Obat Herbal Kanker Payudara
Kanker payudara merupakan sebuah sel-sel kanker yang tumbuh dan berkembang dibagian payudara sehingga lama kelamaan tumor akan muncul dan akan timbul benjolan yang disertai nyeri atau tidak yang umumnya sering banyak menyerang wanita.

Untungnya manfaat dari daun sirih merah ini dapat membantu melawan sel sel yang akan berkembang menjadi kanker. Cara mengkonsumsinya Anda bisa menyiapkan 10 lembar daun sirih merah, batang yang sudah diekstrak dari daun sirih merah. Kemudian bahan-bahan tersebut bisa Anda rebus, selanjutnya saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga dingin. Minumlah air rebusan daun sirih merah ini sebanyak dua kali sehari secara teratur.

8. Menghilangkan Bau Badan
Khasiat dari daun sirih merah ini mampu mengatasi bau badan yang Anda alami. Caranya yaitu dengan merebus 5 lembar daun sirih merah yang sudah dibersihkan kedalam dua gelas air. Lalu saring rebusan ramuan tersebut kemudian minum dalam keadaan dingin.

9. Mengobati Radang Prostate
Radang prostate bisa membuat nyeri pada punggung dan alat vital Anda. Daun sirih merah ini bisa Anda gunakan untuk menghindari dan menyembuhkan penyakit prostate, sebabdaun sirih merah ini mengandung tinggi Antioksidan Tannin dan Saponin, serta Hydroxychaviol yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel masalah pada prostate Anda.

Cara membuat ramuan daun sirih merah ini yaitu dengan merebus 5 lembar daun sirih merah yang sudah dibersihkan kedalam 2 gelas air, Setelah mendidih tunggu air rebusan tersebut menyusut hingga tersisa satu gelas air dan saring airnya, tunggu hingga ramuan tersebut dingin dan minumlah dua kali sehari secara teratur.

10. Mengobati Batuk
Jika Anda sering batuk atau merasa tidak nyaman dengan kesehatan tenggorokan Anda, maka Anda bisa mencoba meminum rebusan daun sirih merah yang bermanfaat untuk mengobati batuk Anda.

Caranya yaitu: rebus 5 lembar daun sirih merah yang sudah dibersihkan kedalam 3 gelas air, bisa juga Anda tambahkan 2 daun bidara. Kemudian saring air rebusan tersebut lalu tambahkan sedikit madu tunggu hingga dingin, Seanjutnya minum air rebusan ini sebanyak dua kali sehari secara rutin.

11. Melancarkan Buang Air Kecil
Jika Anda mengalami kesulitan dalam buang air kecil, Anda bisa meminum jus daun sirih merah ini, caranya siapkan 5 lembar daun sirih merah yang udah dibersihkan, madu dan susu. Kemudian blender daun tersebut lalu tambahkan madu susu secukupnya. Anda bisa mengkonsumsi jus daun sirih tersebut seminggu sekali secara teratur.

12. Menghentikan Mimisan
Daun sirih merah ini terkenal sebagai obat untuk mengobati mimisan, karena memiliki kandungan Fenil Poppies dan Terpene yang bisa membantu meredakan mimisan yang Anda alami.

Ketika mengalami mimisan cobalah Anda untuk melipat daun sirih tersebut lalu Anda masukkan kedalam rongga hidung untuk menghentikan pendarahan yang terjadi ketika Anda mengalami mimisan. Tetapi Anda juga harus memperhatikan kebersihan daun tersebut, menurut para medis cara ini masih Pro dan Kontra karena dapat berbahaya jika kebersihannya tidak terjaka karena malah dapat mengakibatkan infeksi.

0 Response to "12 Khasiat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel