10 Khasiat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh

Pohon bidara atau biasa sering disebut widara adalah pohon penghasil buah bidara yang umumnya tumbuh di daerah kering. Buah bidara yang memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana ini dapat dikonsumsi dan memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Khasiat Daun Bidara
Khasiat Daun Bidara
Daun bidara umumnya berbentuk bulat panjang yang memiliki komposisi kimiawi yang terdiri dari Protein dan Asam Amino, Flavonoid, Alkaloid, Glikosida, Terpenoid, Saponin, Serat, Tanin dan Senyawa Fenolik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Selain itu juga, manfaat dari daun bidara bisa didapatkan karena daun ini memiliki sifat Antioksidan, sifat Imunostimulan, Sitoprotektif, Hepatoprotektor dan aktivitas farmatologis lainnya yang terdapat dalam daun bidara.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan tentang daun bidara, diataranya:

1. Menjaga Kesehatan Mulut
Kesehatan pada mulut harus dijaga, karena banyak masalah yang tumbuh dari mulai tidak sehatnya mulut seperti ditandai dengan timbulnya sariawan dan bibir pecah-pecah. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan daun bidara, karena kandungan Antioksidan dalam daun bidara mampu menghalau bakteri pada mulut serta menjaga kesehatan mulut dari berbagai macam virus yang menyerang.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka
Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan luka, baik luka sayatan, lecet, tergores atau luka akibat jatuh. Daun bidara dipercaya memiliki sifat Antiinflasi dan Antibakteri yang akan membantu mempercepat penyembuhan pada luka Anda. Selain untuk menyembuhkan luka, daun bidara juga dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan menghilangkan bekas luka pada kulit karena kandungan Senyawa Glikosida yang terdapat dalam daun bidara.

Daun yang digunakan yaitu sebagai obat luka yang sudah kering dan dibuat menjadi bubuk. Cara penggunaannya, yaitu dicampurkan daun bidara yang sudah bubuk dengan sedikit air hingga berubah menjadi pasta. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang terluka.

3. Menurunkan Kolesterol
Kolestero jahat yang terdapat dalam darah bisa rurun jiga Anda mengkonsumsi serat yang larut dalam air. Serat tersebut bisa Anda dapatkan dari rebusan daun bidara yang bermanfaatuntuk mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan dikeluarkan melalui peses.

Khasiat Daun Bidara
Khasiat Daun Bidara
4. Baik untuk Sistem Pencernaan
Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu untuk memelihara dan menjaga sistem pencernaan, Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara meminum air rebusan daun bidara, memakan langsung buahnya, ataupun dengan mengkonsumsi the daun bidara. Selain itu, daun bidara juga dapat mengeluarkan berbagai racun dalam sistem pencernaan, sehingga mampu mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

5. Menurunkan Resiko Diabetes
Manfaat daun bidara ini mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan meminum rebusan daun bidara secara rutin karen adipercaya bisa menurunkan kadar gula darah dan mencegah penyakit diabetes. Selain meminum rebusan daun bidara, penderita diabetes juga harus mengurangi mengkonsumsi karbohidrat dan gula untuk menstabilkan gula darah Anda.

6. Mengatasi Insomnia
Manfaat daun bidara lainnya yaitu untuk mengatasi gangguan tidur atau sering disebut insomnia. Daun bidara ini mengandung Saponin yang dipercaya memberikan efek menenangkan. Cara mengkonsumsinya yaitu, dengan meminum teh daun bidara secara teratur untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

7. Mengatasi Jerawat
Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat pada wajah, Anda bisa memanfaatkan daun bidara untuk mengatasi masalah jerawat Anda. Caranya ambil beberapa lembar daun bidara yang sudah dibersihkan, kemudian ditumbuk dengan halus. Lalu oleskan atau dibuat masker pada wajah yang berjerawat.

Selain itu, manfaat daun bidara juga mampu membantu meremajakan kulit dan melindungi kulit Anda dari sinar UV. Serta mampu membantumembersihkan wajah Anda secara lebih maksimal kebersiha dan kecantikan kulit pun terjaga.

8. Menghilangkan Bakteri
Daun bidara digunakan untuk membersihkan tubuh, sehingga daun bidara ini sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan sabun. Selain itu, daun bidara juga dapat mengatasi masalah keputihan yang dialami wanita. Karena, daun bidara ini dapat dijadikan sebagai Antiseptik yang tidak heran jika daun ini dianjurkan untuk membersihkan tubuh dengan air rebusan daun bidara.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan
Mengkonsumsi dau bidara secara rutin dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan terutama buat Anda yang sedang menjalankan diet. Karena dengan meminum air rebusan daun bidara ini bisa memberikan efek rasa kenyang yang lama dan juga membantu dalam pembakaran lemak.

10. Mengobati Penyakit Flu
Antibakteri yang terdapat dalm daun bidara ini mampu mengobati berbagai macam virus dan bakteri yang menyerang tubuh Anda. Flu yang disebabkan oleh virus dapat disembuhkan dengan meminum air rebusan daun bidara. Selain untuk mengobati flu, daun bidara juga dipercaya mampu menyembuhkan penyakit flu burung.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi daun bidara untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat….

0 Response to "10 Khasiat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel