10 Khasiat Buah Tin untuk Kesehatan Beserta Cara Mengkonsumsinya

Pernahkah Anda mencoba memakan Buah Tin atau Buah Ara?
Buah tin atau yang memiliki nama ilmiah Ficus carica, merupakan buah yang dulunya banyak tumbuh di Asia barat. Buah tin ini memiliki manfaat yang sangat bagus untuk keseharan Anda. Buah tin ini biasa disebut buah ara atau dalam Bahasa inggris Fig, dan kemudian dijuluki sebagai buah surga.

Khasiat Buah Tin
Khasiat Buah Tin
Kandungan Buah Tin

Buah tin mengandung Vitamin, Mineral dan Fitonutrien yang sangat baik untuk tubuh Anda.

Vitamin yang terkandung dalam buah tin ini diantaranya, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, dan Vitamin B Kompleks. Sedangkan kandungan Mineral dalam buah tin ini antara lain, Tembaga, Zat Besi, Mangan, Magnesium, Kalsium, Zinc, Sodium dan Selenium. Selain itu, Fitonutrien yang terdapat dalam buah tin ini berbentuk Karotenoid yang sangat berguna sebagai senyawa Antioksidan. Karotenoid ini berupa Beta-Karoten, Lutein dan Zeaxanthin. Buah tin juga merupakan buah yang rendah kalori dan tidak memiliki kandungan lemak, sehinga sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh Anda.

Cara mengkonsumsi buah tin bisa dimakan secara langsung , bisa dibut jus atau bisa juga dicampurkan dengan buah lain menjadi salad buah.

Daun buah tin juga bermanfaat yang bisa Anda buat, seperti teh. Nah, dalam mengkonsumsi buah tin sebaiknya jangan berlebihan karena dapat mengganggu system pencernaan Anda.

Berikut ini beberapa manfaat dari buah tin yang harus Anda ketahui dan bisa Anda dapatkan, diantaranya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat buah tin yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Buah tin ini memiliki kandungan Serat yang larut berupa Pektin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan Trigliserida dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dan trigliserida ini dapat menyebabkan terbentuknya plak yang akan memicu penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung Anda.

Selain itu juga, buah tin ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi, karena kandungan mineral dan senyawa lainnya dalam buah tin dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda. Maka konsumsilah buah tin, baik di makan dengan cara langsung atau dibuat jus.

Khasiat Buah Tin
Khasiat Buah Tin
2. Menjaga Saluran Sistem Pencernaan
Manfaat buah tin selanjutnya yaitu untuk menjaga system pencernaan Anda terutama digunakan untk mengatasi sembelit. Kamdungan Vitamin C pada buah tin ini dapat melancarkan system pencernaan Aanda. Mengkonsumsi buah tin secara rutin dipercaya dapat menurunkan resiko kanker kolon. Buah tin juga mampu memelihara system pencernaan secara keseluruhan, sehingga system pencernaan bisa kekerja dengan maksimal.

3. Mengatasi Anemia
Anemia merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lemas dan tidak bersemangat. Kandungan zat besi dan multivitamin yang terdapat dalam buah tin ini dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga kadar eritrosit menjadi naik.

4. Menjaga Kesehatan Tulang Anda
Buah tin dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang, karena kandungan Mineral, Kalsium, Magnesium, dan Fosfor dalam buah tin ini sangat baik untuk menutrisi tulag Anda dan mencegah osteoporosis. Oleh karena itu mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi dapat menyebabkan tubuh kehilangan Kalsium, hal ini dapat dicegah oleh kalium yang terdapat dalam buah tin. Maka rutinlah Anda mengkonsumsi buah tin agar tulang Anda menjadi kuat dan sehat.

5. Menjaga Kesehatan Mata Anda
Buah tin ini dapat mencegah terjadinya degenerasi makula yang merupakan penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami penurunan pengihatan bahkan kebutaan. Manfaat yang bisa didapatkan dari buah tin ini, yaitu kandungan Vitamin A dan Karotenoid yang terdapat dalam buah ini mampu menjaga kesehatan mata Anda.

6. Dapat Mengobati Radang Tenggorokan atau Amandel
Radang tenggorokan merupakan kondisi dimana terjadi masalah gangguan pada trakea yang dapat mengganggu dan dapat menyebabkan seseorang sulit makan. Maka, konsumsilah buah tin dengan cara di jus, karena dapat menenangkan tenggorokan dan menurunkan rasa sakit pada tenggorokan yang meradang. Selain itu, jus buah tin juga dipercaya dapat mengatasi peradangan dan pembengkakan Amandel.

7. Mengatasi Masalah Pernapasan
Manfaat buah tin lainnya yaitu dapat mengatasi berbagai masalah saluran pernapasan, terutama bagi Anda yang mempunyai penyakit Asthma, Flu, serta Bronkhitis yang dapat diredakan dengan buah tin. Buah tin ini dapat melembabkan selaput lender dalam system pernapasan sihingga membantu mengeluarkan dahak yang mengganggu pada system pernapasan Anda.

8. Mengatasi Insomnia
Tidur yang berkualitas merupakan salah satu kunci dari tubuh yang sehat. Agar tidur anda dapat teratasi, Anda coba menambahkan buah tin pada menu makanan Anda, karena kandungan Asam Amino berupa Triptofan yang dimiliki buah tin mampu memicu produks hormone Melatonin yang merupakan hormone yang mengatur siklus tidur.

9. Mengatasi Masalah Seksual
Manfaat buah tin ini dipercaya dapat mengatasi masalah difusi seksual, seperti menambah gairah  seksual. Sejak dahulu orang Arab mengkonsumsi buah tin ini untuk mengobati kejantanan pria, salah satu cara mengkonsumsinya yaitu dengan merendam buah tin dalam segelas susu selama satu malam dan kemudian diminum pada keesokan harinya. Cara tersebut dipercaya dapat memberikan stamin serta energi vitalitas yang tinggi.

10. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh
Manfaat terakhir dari buah tin ini yaitu untuk meningkatkan imunitas tubuh Anda, karena kandungan multivitamin dan mineral dalam buah tin mampu memenuhi nutrisi harian Anda. Serta kandungan Antioksidan dalam buah tin ini mampu menangkal radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel dalam tubuh Anda.

Maka dari itu konsumsilah buah tin secara teratur agar tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit lainnya. Termasuk dapat mencegah kanker, mencegah penyakit Kardiovaskler, dan meningkatkan system imun agar terhindar dari berbagai macam pathogen yang menyerang dan menginfeksi tubuh. Maka dari itu kansumsilah buah tin secara rutin dan teratur.

0 Response to "10 Khasiat Buah Tin untuk Kesehatan Beserta Cara Mengkonsumsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel