8 Khasiat Mengkonsumsi Buah Plum untuk Kesehatan

Buah Plum atau Prunus Domestica merupakan salah satu makanan yang Superfood yang termasuk kedalam keluarga Rosacea yang mencakup buah persik, apricot, dan almond. Buah ini kaya akan multivitamin karena buah plum ini mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh dan memiliki kandungan manfaat yang banyak, seperti Vitamin A, Magnesium, Zat Besi, Kalium, Vitamin C, Vitamin B, Vitamin K, Serat, Mineral, Fenol serta beberapa kandungan lainnya yaitu Fitonutrien, Flavonoid dan memiliki senyawa Antioksidan yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Khasiat Buah Plum
Khasiat Buah Plum
Apa saja manfaat dari mengkonsumsi buah plum? Nah, berikut ini akan kita simak beberapa manfaat dari buah plum itu sendiri, diantaranya:

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Manfaat buah plum yang pertama yaitu dapat mencegah sembelit, karena kandungan serat yang terdapat dalam buah ini dapat memadatkan feses dan melancarkan proses pembuangan sehingga dapat mengurangi resiko penyakit kanker usus besar dan wasir.

Sementara itu, kandungan serat yang terdapat dalam buah plum yang tidak larut, bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang tinggal di usus besar, bakteri baik yang terdapat dalam usus menghasilkan asam lemak rantai pendek yang disebut asam butirat. Asam butirat ini berfungsi sebagai bahan bakar utama untuk sel-sel usus besar dan membantu mempertahankan kesehatan organnya. Bakteri baik ini juga mampu memerangi bakteri patogen penyebab penyakit dan mencegahnya bertahan di saluran pencernaan.

2. Melindungi Dari Paparan Radikal Bebas
Buah plum kaya akan Antioksidan sehingga dapat mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan Polifenol yang terdapat dalam buah ini berkhasiat untuk kesehatan tulang, mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes. Buah plum juga mengandung Antiinflamasi yang dapat mencegah kerusakan sel. Selain itu juga, buah plum mempunyai Antioksidan yang aktif yaitu Antosianin yang berkhasiat mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.

Khasiat Buah Plum
Khasiat Buah Plum
3. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat buah plum ini untuk kesehatan jantung yaitu terdapat dari kandungan serat, kalium dan antioksidan yang tinggi, yang jika dikonsumsi secara rutin dapat melindungi jantung dari kerusakan. Menurut penelitian buah plum ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol yang merupakan penyebab dari penyakit jantung.

4. Meredakan Sembelit
Kandunga serat yang terdapat dalam buah plum ini tidak larut sehingga dapat mempercepat proses buang air besar dalam saluran pencernaan. Mengkonsumsi buah plum secara efektif telah terbukti mampu mengobati sembelit.

5. Kesehatan Tulang
Buah plum yang dikeringkan dapat meningkatkan kesehatan tulang. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi buah plum dapat menurunkan resiko pelemahan tulang seperti osteoporosis dan osteopenia. Menurut penelitian juga, mengkonsumsi buah plum ini mampu mengembalikan kondisi tulang yang sudah keropos, karena kandungan Antioksidan yang tinggi pada buah plum ini dapat membantu mengurangi kerusakan pada tulang.

Buah plum juga dapat meningkatkan kadar hormone yang baik untuk tulang, karena kandungan Vitamin dan Mineral, seperti Vitamin K, Fosfor, Magnesium dan Kalium dapat menjaga tulang Anda tetap sehat dan kuat.

6. Mengandung Antioksidan yang Tinggi
Buah plum mengandung Fitonutrien yang disebut asam Neochlorogenic dan Colorogenic yang tergolong sebagai Fenol. Fenol ini merupakan salah sat Antioksidan yang terbukti ampuh menetralkan radikal bebas yang berbahaya yang disebut Radikal Anion Superoksida. Fenol ini juga mampu membantu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak yang dapat menimbulkan kerusakan sel-sel akibat radikal bebas yang menjadi penyebab dari penyakit kronis, seperti kolesterol, jantung dan lain sebagainya.

7. Mencegah Anemia
Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat, akibatnya bisa terjadi sesak nafas, mudah tersinggung, kulit pucat dan cepat lelah. Untuk membantu meningkatkan sel darah merah yang sehat dalam tubuh, Anda harus mengkonsumsi asupan zat besi yang cukup. Nah, buah plum ini adalah sumber zat besi yang tinggi dan dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi seperti Anemia.

8. Menurunkan Berat Badan
Buah plum ini dapat membantu Anda mengatur berat badan, karena buah plum ini mengandung serat dan indeks Glikemiknya rendah. Padatnya serat dalam buah plum ini sangat lambat dicerna oleh tubuh sementara indeks Glikemik dalam buah plum ini berperan untuk mengatur pelepasan kadar gula darah, sehingga membuat Anda nerasa kenyang lebih lama. Buah plum juga mengandung sorbitol alami dan gula alcohol dengan tingkat penyerapan lebih lambat, sehingga tubuh bisa mengontrol pencernaan yang terjadi didalam tubuh.

0 Response to "8 Khasiat Mengkonsumsi Buah Plum untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel