10 Gejala Kanker Serviks

Menurut American Cancer Society, lebih dari 1.000 wanita didiagnosis menderita kanker serviks setiap bulan. Yang lebih mengejutkan adalah 4.000 dari mereka meninggal setiap tahun. seorang wanita berisiko terkena penyakit serius ini, setelah wanita tersebut aktif secara seksual. Penyebab utama kanker serviks ganas adalah Human papillomavirus (HPV). Ini adalah IMS (infeksi menular seksual) yang sering tidak menunjukkan gejala, yang memfasilitasi penyebaran. Karena itu, agar kanker serviks mudah terdeteksi, diobati, dan bahkan dapat dicegah maka harus dengan pemeriksaan secara medis.

Gejala Kanker Serviks
Gejala Kanker Serviks
1. Kurangnya Gejala

Kanker serviks dapat muncul tanpa menunjukkan tanda-tanda sama sekali pada tahap paling awal dan paling dapat diobati. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin dan Pap smear sangat diperlukan bagi wanita untuk mendeteksi dini kanker serviks.

Kasus yang terbanyak, HPV hilang dengan sendirinya dan tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun, dalam beberapa kasus itu dapat menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks. Faktor-faktor  yang dapat meningkatkan risiko seseorang tekena kanker serviks seperti banyak pasangan, merokok, dan sistem kekebalan tubuh. Ketika kanker serviks berkembang, gejalanya cenderung muncul.

2. Kram Seperti Menstruasi

Gejala Kanker Serviks
Kram seperti menstruasi
Pada saat menstruasi sebagian besar wanita mengalami kram dan nyeri panggul selama, dan gejala ini biasanya ringan. Ini normal dan dapat dikatakan normal selama mereka tetap dalam batas "normal" masing-masing wanita.

Namun, jika rasa sakit datang tiba-tiba atau pada waktu yang tidak biasa, atau jika rasa sakit berasal dari leher rahim, ini dapat mengindikasikan adanya tumor kanker. Namun, apa pun penyebabnya, rasa sakit seperti ini seharusnya mendorong wanita untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

3. Pendarahan Tidak Biasa

Salah satu indikator potensial kanker serviks adalah pendarahan vagina yang tidak normal. Jumlah, aliran, dan durasi perdarahan vagina bervariasi antara wanita satu dengan lainnya.

Ketidakseimbangan hormon, PID (penyakit radang panggul), infeksi, dan beberapa bentuk kontrol kelahiran mungkin menjelaskan perdarahan yang tidak normal. Namun, jika terjadi di luar biasa maka harus diselidiki.

4. Buang Air Kecil yang Nyeri

Gejala Kanker Serviks
Buang Air Kecil Nyeri
Nyeri saat buang air kecil atau sakit tumpul di panggul dapat menunjukkan adanya kanker serviks. Nyeri saat buang air kecil dapat terjadi karena beberapa infeksi, termasuk penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia, infeksi jamur, dan infeksi saluran kemih.

Jika gejalanya berlangsung lebih dari satu atau dua hari yang terbaik adalah menemui dokter. Sementara obat-obatan yang dijual bebas hanya dapat membantu mengurangi rasa sakit.

5. Keputihan yang tidak normal

Keputihan yang mengindikasikan kanker serviks kental dengan lendir, biasanya memiliki bau yang kuat, menyengat, busuk, dan mungkin mengandung darah. Keluarnya kehijauan atau kuning mungkin menunjukkan infeksi seperti klamidia atau gonore. Cairan yang tebal, putih, dan seperti dadih dikaitkan dengan infeksi ragi.

Dengan demikian, keputihan yang tidak normal memerlukan perhatian medis,  tes laboratorium sangat diperlukan untuk mengkonfirmasi diagnosis.

6. Siklus Tidak Teratur atau Abnormal

Pendarahan yang tidak terduga cukup umum tejadi, termasuk setelah hubungan seksual, hari-hari setelah pap smear atau sampel jaringan, saat-saat stres yang hebat, atau ketika mengubah kontrol kelahiran atau hormon lainnya.

Namun, harus menjadi pehatian serius jika siklus haid yang terus menerus dan tidak teratur. Suatu tanda bahaya jika wanita mengalami pendarahan vagina yang bukan bagian dari siklus normal selama tiga bulan atau lebih. Pendarahan seperti ini dapat mengindikasikan iritasi pada leher rahim.

7. Ketidaknyamanan, Nyeri, atau Pendarahan Setelah Hubungan Seks

Gejala Kanker Serviks
Nteri Setelah Berhubungan
Beberapa rasa sakit dan perdarahan kadang-kadang dapat terjadi setelah hubungan intim, bahkan ketika serviks sehat-sehat saja. Penyebab sejumlah ketidaknyamanan dan kerusakan ringan yang disebabkan perdarahan IUD yang salah tempat, kondom yang tidak dilubasi, dan pasangan yang cukup besar.

Namun, jika setelah hubungan intim mengalami kejadian nyeri atau perdarahan yang teratur kemungkinan memiliki penyebab yang mendasarinya, salah satunya adalah kanker serviks.

8. Anemia

Anemia ditandai dengan penurunan tajam dalam energi, kelelahan, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, dan kulit pucat. Anemia disebabkan karena kurangnya sel darah merah yang sehat dalam darah yang beredar. Kekurangan oksigen pada otot dan organ bertanggung jawab atas hilangnya energi, nafsu makan, dan pucat.

Kanker serviks adalah salah satu penyebab anemia. Sekitar satu dari tiga orang dengan kanker mengalami anemia. Kanker menyebabkan peradangan dan mengganggu produksi sel darah merah yang normal.

9. Inkontinensia Urin

Inkontinensia urin ringan dan perubahan kemih lainnya dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, perubahan pola urin yang tiba-tiba atau drastis, termasuk peningkatan frekuensi, nyeri, dan ketidakmampuan untuk mempertahankan kontrol kandung kemih, dapat mengindikasikan kanker serviks.

Beberapa wanita mengalami sedikit kebocoran saat bersin, melompat, atau tertawa. Jika inkontinensia terjadi tanpa sebab, timbul tiba-tiba, atau menyertai gejala kanker serviks lainnya, itu mungkin merupakan tanda lain, terutama jika ada darah dalam urin.

10. Nyeri Punggung bawah

Gejala Kanker Serviks
Nyeri Panggul
Nyeri di punggung bawah dan linu di kaki dapat menyertai nyeri panggul dan berkembang karena kanker serviks. Nyeri punggung yang disebabkan oleh kanker serviks kemungkinan akan menyertai gejala-gejala lain dalam daftar, dan umumnya konstan karena ukuran dan lokasi tumor.

Wanita yang mengalami perubahan atau ketidaknyamanan terkait dengan sistem reproduksi harus mencari pendapat medis. Semakin dini kanker serviks dan penyakit lainnya terdeteksi, semakin cepat pengobatan dapat dimulai, dan semakin baik pula peluang seseorang untuk pulih.

0 Response to "10 Gejala Kanker Serviks"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel