10 Gejala Demam Berdarah yang Wajib Kamu Ketahui

Demam berdarah paling banyak terjadi di daerah tropis. Sedangkan di sebagian besar dunia lainnya, demam berdarah masih jarang terjadi. penyebab utama penyakit ini adalah nyamuk. Lakukan pencegahan untuk melindungi infeksi ketika bepergian ke daerah endemik nyamuk. 10 Gejala teratas demam berdarah :

Gejala Demam Berdarah
Gejala Demam Berdarah
1. Feses Berdarah

Setelah tiga sampai lima hari mengalami demam biasanya akan terdapat darah dalam feses. Feses berdarah (melena) terjadi akibat pendarahan di usus, memerlukan tindakan medis karena merupakan suatu gejala yang serius. Jika feses tampak hitam atau berwarna batu bara,mungkin terdapat darah di feses Anda.

2. Gusi dan Hidung Berdarah

Gejala lain demam berdarah adalah pendarahan dari hidung dan gusi. Jika tidak dapat mengontrol aliran darah, segera cari bantuan medis. Salah satu gejala paling umum  demam berdarah adalah hidung berdarah. Jika kehilangan darah sangat banyak, mungkin transfusi darah sangat diperlukan.

3. Mual dan Muntah

Ketika kita mual, mungkin akan muntah. Penderita demam berdarah biasanya mengalami gejala ini karena . Jika kondisinya parah, infeksi dapat menyebar sampai ke sistem usus. Muntah akan berlangsung beberapa hari dan dapat mengancam jiwa. Jika terkena demam berdarah, banyak-banyaklah minum air. Segeralah konsultasikan dengan dokter.

4. Komplikasi Organ

Gejala Demam Berdarah
Gejala Demam Berdarah
Demam berdarah jika tidak segera mendapat perawatan akan memperparah kondisi, seperti fungsi hati dan paru-paru dapat menjadi sangat terpengaruh. kondisi ini harusnya dihindari, meskipun hanya sebagian kecil pasien mengalami gejala seperti itu. Jika pembuluh darah tubuh menjadi rusak, maka dapat bocor darah dan dapat menjadi penyebab jumlah trombosit lebih rendah. Selain itu, di kulit terlihat tanda-tanda memar, dan kelelahan yang parah. Jika menunjukkan salah satu dari gejala ini, segeralah mencari bantuan medis.

5. Kehilangan Nafsu Makan

Pada saat terinfeksi flu sering kali nafsu makan kita akan berkuang, sama halnya pada penderita demam berdarah. hal ini terjadi karena tubuh mengguanakan semua energi untuk melawan penyakit jadi nafsu makan pun akan berkurang. Kehilangan cairan akibat muntah juga bisa menjadi parah. jika terinfeksi demam berdarah minum banyak air untuk menghindari dehidrasi yang dapat meningkatkan gejala yang lebih parah.

6. Nyeri Otot

Setelah terinfeksi demam berdarah banyak pasien mengalami nyeri di seluruh tubuh, termasuk otot, persendian, dan tulang. nyeri yang dirasakan bisa ringan, konstan sampai parah. Rasa nyeri ini terjadi karena virus dapat mempengaruhi struktur dasar otot dalam tubuh. setelah sumbuh pun rasa nyeri juga masih  terasa untuk bebrapa waktu. Konsultasikan kepada dokter tentang opsi untuk menghilangkan rasa sakit.

7. Demam

Demam adalah meningkatnya suhu tubuh  ketika tubuh terinfeksi oleh virus dan merupakan pertahanan pertama dalam upaya melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Jika mengalami demam lebih dari empat hari,segeralah mencari bantuan medis untuk menjaga suhu tubuh di bawah batas normal.

8. Sakit kepala

salah satu gejala demam berdarah adalah sakit kepala. Sakit kepala yang dirasakan tidak hilang dengan mudah sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Jika sakit kepala yang dirasakan terasa sangat menyakitkan tidak segera hilang, coba gunakan obat penghilang rasa sakit sesuai dengan rekomendasi dokter. Selain itu, muncul juga rasa sakit di belakang mata dan di punggung bawah. Ketika rasa sakit muncul cobalah minum beberapa gelas air putih setelah itu berbaringlah

9. Ruam Kulit

Sebagian pasien demam berdarah mengalami ruam pada kulit setelah tiga sampai empat hari infeksi awal. Ruam ditandai dengan warna merah dan cenderung muncul di wajah, dada dan tangan atau bagian tubuh lainnya. Ruam kulit muncul dan menghilang dalam beberapa waktu. Jika tidak hilang, segera konsultasikan dengan dokter kulit.

10. Nyeri perut

Demam berdarah dapat menjadi penyebab rasa sakit yang dirasakan di seluruh tubuh, termasuk perut juga mengalami ketidaknyamanan. Gejala lain yang menyertai nyeri perut, seperti kesulitan bernapas atau demam.

0 Response to "10 Gejala Demam Berdarah yang Wajib Kamu Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel