Gejala dan Pengobatan Cacar Air

Penyakit menular yang disebabkan oleh virus salah satunya adalah cacar air. Cacar air banyak  menyerang anak-anak, sedangkan pada orang dewasa juga bisa bahkan gejalanya bisa lebih parah. Gejala utama cacar air adalah ruam gatal dan tidak nyaman dengan lepuh dan keropeng yang berisi cairan yang muncul di dada, wajah, dan punggung dan dapat dengan cepat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Gejala Cacar Air
Gejala Cacar Air
Setelah seseorang terinfeksi cacar air, virus itu tetap berada di dalam tubuh, dan Anda tidak akan terinfeksi lagi. Vaksin cacar air membantu mencegah infeksi atau membuat gejalanya tidak terlalu parah jika Anda mendapatkannya.

Cacar air disebabkan oleh virus herpes varicella-zoster. Cacar air merupakan infeksi virus yang sangat menular,dapat ditularkan melalui beberapa cara diantaranya kontak kulit ke kulit, saliva, dan tetesan pernapasan melalui udara karena bersin atau batuk. selain itu, cacar air juga dapat terinfeksi setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus.

Kebanyakan orang tekena cacar air saat anak-anak. Jika sudah terkena cacar air, maka tubuh membangun kekebalan untuk mendapatkannya kembali dalam hidup. Virus akan tetap ada di dalam tubuh. Meskipun herpes varicella-zoster dapat tetap tidak aktif selama beberapa dekade, herpes varicella-zoster dapat aktif kembali dan menyebabkan herpes zoster di kemudian hari.

Setelah satu hingga tiga minggu dari paparan, ruam yang jelas dari cacar air muncul. Gejala cacar air hanya berlangsung lima hingga sepuluh hari. Kadang-kadang ada yang mengalami komplikasi, hai ini dapat membuat cacar air lebih serius. Pada umumnya, cacar air merupakan kondisi ringan dan memiliki gejala yang jelas serta perawatan yang mudah.

Gejala Cacar Air

Gejala Cacar Air
Gejala Cacar Air
1. Demam

Salah satu gejala yang pertama adalah demam, meskipun bukan gejala paling terlihat. Demam meupakan suatu tanda umum penyakit. kaena demam meupakan cara tubuh dalam melawan infeksi. Suhu internal tubuh nomalnaya 37 derajat Celsius, jadi kalau di atas 37  dianggap di atas normal. Ruam muncul sekitar satu hingga dua hari setelah demam menyerang.

2. Rasa tidak Enak

Gejala lain yang muncul sebelum benjolan yang lebih gatal dalam satu atau dua hari adalah perasaan tidak enak badan. Kelelahan sering dikaitkan dengan rasa tidak enak. Selain itu, gejala yang khas dari infeksi virus ini adalah  kehilangan nafsu makan dan sakit kepala. Jika terkena cacar air baru-baru ini dan tidak divaksinasi, mungkin disebabkan oleh herpes varicella-zoster.

3. Merah, Gundukan Gatal

Benjolan berwarna merah muda yang juga dikenal sebagai papula ini sangat gatal. Benjolan adalah tahap pertama dari ruam cacar air. Benjolan dapat pecah di bagian tubuh mana saja. Kasus yang parah dalam cacar air benjolan ketika menyebar ke area sensitif seperti tenggorokan dan mata atau anus dan alat kelamin. Benjolan baru yang gatal akan terus muncul selama beberapa hari. Jangan sesekali menggaruknya karena hanya akan menyebarkan infeksi.

4. Lepuh

Setelah benjolan akan berubah menjadi lepuh. Jika benjolan yang menutupi seluruh tubuh, termasuk daerah yang tidak nyaman makaakan mendapatkan lepuh di tempat-tempat yang sama persis. Juga dikenal sebagai vesikel, lepuh berisi cairan terbentuk pada benjolan dalam waktu sekitar satu minggu. Untuk melepuh dan mengering hanya membutuhkan waktu satu hari.

5. Keropeng

Tahap akhir ruam adalah keropeng. Setelah lecet bocor, benjolan berubah menjadi lepuh akan mengeras menjadi lesi scabbed. Ini dapat terjadi sedini hari kedua ruam, yang berarti Anda mungkin mengalami ketiga tahap benjolan, lecet, dan keropeng sekaligus pada area tubuh yang berbeda. Cacar air menular hingga 48 jam sebelum melihat benjolan pertama dan tetap begitu baik setelah ruam pertama kali pecah. Butuh waktu hingga dua minggu agar ruam sembuh sepenuhnya.

Perawatan:

Kenakan Sarung Tangan untuk Hindari Menggaruk

Selain membantu menyebarkan infeksi, menggaruk juga dapat memperlambat proses penyembuhan.  dengan menggaruk dapat meningkatkan risiko infeksi yang lebih serius di luka. Menggaruk cacar air juga akan menyebabkan jaringan parut bahkan setelah ruam sembuh. Anda harus memotong kuku di bawah ujung jari agar tidak tergores. Untuk situasi yang tak tertahankan, kenakan sarung tangan di atas tangan, terutama di malam hari.

Meringankan Gatal dengan Oatmeal

Meringankan gejala cacar air yang tidak nyaman bisa dilakukan dengan merendam kulit dalam bak mandi dingin dengan oatmeal mentah. Oatmeal koloid, yang sudah digiling halus untuk direndam, atau soda kue juga bisa membantu.

Obat

Menenangkan gatal pada cacar air dapat dengan antihistamin. Diphenhydramine seperti Benadryl dapat membantu, tetapi pastikan harus memeriksakan diri ke dokter. Jika demam ringan dikaitkan dengan cacar air, ibuprofen seperti Advil atau Motrin dapat meringankan gejalanya. Acetaminophen seperti Tylenol juga dapatmeringankan cacar air. Dengan catatan harus sesuai dosis dari dokter. Aspirin tidak boleh diberikan kepada siapa pun yang terkena cacar air karena dapat menyebabkan sindrom Reye.

Kunjungi Dokter

Meskipun tidak ada perawatan medis yang diperlukan sebagai pengobatan untuk cacar air,      dokter dapat mendiagnosis kondisi dengan benar dan memberi saran tentang pengobatan rumahan dan bentuk perawatan lainnya. dengan pergi ke dokter juga dapat meyakinkan anda bahwa berbagai obat yang dijual bebas yang dapat diterima serta dosis yang terkait dengan masing-masing obat.

0 Response to "Gejala dan Pengobatan Cacar Air "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel