5 Contoh Hamil Tanpa Gejala dan Penyebabnya

Muntah, mual, menstruasi terlambat, bengkak payudara, perubahan mood, nyeri punggung, dan perut kram adalah gejala umum yang biasa wanita rasakan pada awal kehamilan, selain itu ada gejala lain yang lebih pasti, yaitu melakukan pengecekan urin dan USG.

Contoh Hamil Tanpa Gejala
Contoh Hamil Tanpa Gejala
Pemeriksaan test pack pada urin akan menunjukkan tanda seperti perubahan warna, garis, atau simbol plus-minus yang menandakan hamil atau tidak. Kemudian melakukan USG, jika terlihat ada kantung dan bakal janin di rahim, sudah pasti kondisi kehamilan sedang dialami.

Bagi sebagian banyak wanita ketika menjelang kehamilan, akan merasakan tanda dan gejala tersebut. Tapi tidak menutup kemungkinan, ada sebagian wanita lainnya tidak merasakan gejala awal kehamilan. Ada beberapa alasan mengapa ibu hamil tidak merasakan gejala dan tanda kehamilan, berikut ulasannya:

Setiap Wanita Hamil Memiliki Gejala yang Berbeda

Contoh Hamil Tanpa Gejala
Gejala Kehamilan
Setiap wanita hamil mengalami tanda dan gejala yang berbeda-beda. Misalnya ketika wanita A dan wanita B hamil pada waktu yang sama, bisa dipastikan gejala yang dialami tidak akan sama persis. Wanita A sudah merasa mual karena morning sickness, dan wanita B masih dalam kondisi baik-baik saja,  tidak perlu resah. Karena kondisi ini lumrah dan normal terjadi. Bahkan cukup banyak yang mengalaminya.

Meskipun mengalami kehamilan dalam waktu yang sama, tidak ada jaminan tanda dan gejala yang dirasakan akan sama. Bahkan gejala pada kehamilan diri sendiripun, antara kehamilan pertama, kedua, dan seterusnya  bisa saja sangat berbeda berbeda.

Ketika kondisi kehamilan tidak merasakan gejala seperti mual, muntah, atau yang lainnya, tinggal nikmati saja. Anda sedikit di untungkan tidak merasakan kesakitan-kesakitan tersebut. Namun harus dipastikan terlebih dahulu, kondisi Anda dan janin yang dikandung dalam keadaan baik.

Terlalu Dini Mengantisipasi Munculnya Gejala Kehamilan

Contoh Hamil Tanpa Gejala
Gejala Kehamilan
Wanita hamil dalam usia kandungan muda, sekitar kurang dari 4 minggu pada umumnya tidak menunjukan gejala. Tetapi jika kebetulan Anda mengalami munculnya gejala kehamilan lebih awal, jangan terburu-buru mengantisipasinya. Kedua kondisi tersebut normal terjadi, dan bukan hanya Anda yang mengalaminya.

Stabilnya Hormon Dalam Tubuh

Hormon pada ibu hamil, jumlahnya akan mengalami peningkatan. Inilah yang menjadi pemicu wanita hamil mengalami morning sickness, karena kadar hormon sedang dalam kondisi tidak stabil, sehingga akan mengakibatkan sering mual, muntah, dan emosi yang naik turun.

Namun ketika tubuh bisa beradaftasi dengan cepat dengan perubahan hormon, efeknyapun tidak akan begitu terasa, bahkan bisa saja Anda tidak menyadarinya. Wanita hamil yang mengalami situasi ini, tenang saja. Kondisi demikian bukanlah hal yang buruk, selagi dokter mendiagnisis kehamilan baik-baik saja meski tanpa muntah dan mual, justru sepatutnya bersyukur bisa menjalani kehamilan dalam keadaan nyaman.

Perubahan Gejala Pada Tiap Usia Kehamilan

Contoh Hamil Tanpa Gejala
Gejala Kehamilan
Setiap trimester usia kehamilan mempunyai gejala tersendiri. Pada trimester pertama, biasanya wanita hamil sering merasakan pusing dan mual. Kemudian masuk trimester kedua, pusing dan mualnya bisa saja hilang dan tergantikan dengan gejala lainnya. Seperti nyeri punggung dan membengkaknya kaki. Jadi jangan terlalu khawatir dengan muncul dan datangnya gejala-gejala kehamilan tersebut.

Gejala yang muncul bisa terjadi

Wanita hamil yang sifatnya acuh, biasanya tidak menyadari munculnya gejala awal kehamilan. Hal ini biasa disebabkan karena sering mengalaminya gejala-gejala tersebut. Misal saja, perut kram biasa terjadi pada wanita ketika akan datang menstruasi, atau merasa pusing dan mual karena ada riwayat penyakit tertentu. Jadi, tidak terlalu di hiraukan ketika hal tersebut terjadi. Tidak terpikirkan itu semua sebagai gejala kehamilan, karena memang sering dan biasa terjadi.

Nah itulah beberapa ulasan yang bisa kami paparkan mengenai contoh hamil tanpa gejala. Sebagai calon ibu, seyogyanya kita tak perlu hawatir dan panik dengan kehamilannya, ketika ada dalam kondisi tidak dibarengi dengan munculnya gejala-gejala. Hal terpenting, periksakan ke dokter secara rutin, dan pastikan kesehatan Anda dan janin dalam kondisi terbaik.

0 Response to "5 Contoh Hamil Tanpa Gejala dan Penyebabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel