8 Khasiat Kencur untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tanaman kencur atau Kaempferia Galangal merupakan tanaman herbal yang berasal dari jenis jahe-jahean yang merupakan rempah-rempah yang popular di dunia. Selain sebagai rempah-rempah kencur juga bisa dijadikan obat herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Khasiat Kencur
Khasiat Kencur
Kandungan zat yang terdapat dalam kencur ini sangat banyak seperti Pati, Mineral, Sineol, Alkaloid, Gom, Kamphene, Paraeumarin, Etil ester, Borneol, Sitotoksik, Antibakteri, Asam anisat, Asam Metil Kanil dan Penta Dekaan serta Asam Sinamat yang banyak sekali manfaat yang terkandung didalamnya untuk kesehatan tubuh Anda.
Berikut ini beberapa manfaat kencur yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Sebagai Relaksasi
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Jahangirnagar Bangladesh, menyatakan bahwa sifat Antidepresan pada kencur dapat menenangkan saraf-saraf teganf pada tubuh manusia sehingga rasa stress akan berkurang.

Aroma kencur yang dihasilkan dapat memberikan efek sedative atau menenangkan dan bisa dicampur sebagai aromaterapi. Efek relaksasi dari kencur juga dipercaya dapat mengurangi stress, gelisah, cemas bahkan depresi.

2. Menambah Nafsu Makan
Mengkonsumsi kencur secara rutin dapat meningkatkan nafsu makan Anda, dan sangat cocok untuk Anda yang sedang ingin menaikkan berat badan. Kencur ini biasanya dikonsumsi sebagai jamu beras kencur yang merupakan campuran dari kencur, beras, gula merah dan asam jawa.

Tidak hanya dikonsumsi untuk orang dewasa, anak-anak juga bisa mengkonsumsinya karena dapat menambah nafsu makan pada anak, sedangkan untuk orang dewasa beras kencur ini bisa menjadi penambah stamina pada tubuh Anda.

Khasiat Kencur
Khasiat Kencur
3. Mengobati Diare
Menurut Studi International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences membuktikan bahwa dengan meminum sari kencur dapat mengatasi diare, karena kandungan Sitotistik dan Antibakteri yang terdapat dalam kencur ini dapat membunuh bakteri jahat dan mencegahnya dating kembali. Selain diare, kencur juga bermanfaat untuk mengobati gejala sakit perut lainnya.

Cara mengkonsumsinya yaitu dengan mencampurkan kencur dengan air hangat dan meminumnya setiap pagi sampai rasa mulas dalam perut menghilang.

4. Mengatasi Radang Lambung
Manfaat dari kencur selanjutnya yaitu dapat mengobati radang lambung akibat bakteri H. Pylori yang merupakan bakteri ganas yang menyerang lapisan lender dinding usus dan lambung. Tidak hanya untuk mengobati radang lambung, kencur ini juga bisa dijadikan obat untuk penyakit maag. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan memarut kencur lalu diperas airnya dan campurkan dengan sedikit air hangat lalu diminum. Lakukan cara ini secara teratur.

5. Sebagai Obat Anti Nyeri
Tanaman kencur ini selanjutnya dipercaya dapat dijadikan obat untuk mengatasi barbagai macam nyeri. Manfaat kencur ini sebagai obat anti nyeri yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi, nyeri sendi, nyeri dada, nyeri perut bahkan sakit kepala. Cara mengkonsumsinya yaitu bisa dimakan secara langsung atau digunakan sebagai minyak esensial yang digosokkan pada badan yang merasa nyeri.

6. Obat Anti Radang
Selain sebagai obat anti nyeri, manfaat kencur juga bisa digunakan sebagai obat anti radang. Karen kencur ini memiliki sifat Antiinflamasi yang sangat cocok digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit radang, seperti pembengkakan, demam dan reumatik.

7. Sebagai Obat Batuk
Manfaat kencur selanjutnya yaitu untuk obat batuk, terutama batuk berdahak. Kandungan yang terdapat dalam kencur ini mampu mengencerkan dahak sehingga membuat saluran pernapasan menjadi lega. Selain itu juga, kencur dijadikan sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan tenggorokan dan pita suara Anda. Cara untuk mengkonsumsinya yaitu parutan kencur dicampur dengan segelas air hangat lalu disaring, kemudian tambahkan sedikit garam lalu diminum. Lakukan cara ini dua kali sehari pada saat bangun tidur dan sebelum tidur secara teratur agar proses penyembuhan lebih cepat.

8. Untuk Kesehatan Kulit
Manfaat kencur selanjutnya yaitu untuk mengobati penyakit kulit. Kandungan Antiinflasi dan Antibakteri yang terdapat dalam kencur ini mampu menyembuhkan luka dan bisa juga dijadikan sebagai perawatan wajah Anda.

Tanaman kencur ini juga dipercaya mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah, menghaluskan kulit, hingga mengencangkan kulit. Cara mengaplikasikannya Anda hanya perlu menumbuk kencur hingga hancur, lalu mengaplikasikannya pada kulit. Penambahan bahan lain mungkin ditubuhkan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

0 Response to "8 Khasiat Kencur untuk Kesehatan Tubuh Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel