Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan
Manfaat Biji Selasih
Mengonsumsi biji selasih merupakan salah satu tren kesehatan masa kini. Tetapi dalam realitasnya, ini telah dipraktikkan selama ribuan tahun di berbagai belahan dunia. Sebab memanglah khasiat dan kegunaannya untuk kesehatannya sangat luar biasa, tapi perlu di ingat begitu penting untuk dipahami khasiat, serta kegunaan dan efek sampingnya sebelum kita mengkonsumsinya.

Apa itu biji selasih?

Apa itu biji selasih?

Basil adalah salah satu tanaman yang mempunyai aroma dan bentuk yang sangat mirip dengan kemangi, namun tekstrunya lebih tebal. Basil termasuk tanaman rempah penyegar (tonikum) yang masih satu jenis dengan kemangi dan mint. Basil juga dikenal sebagai tlasi atau tulasi (india), horapa (Vietnam), manglak (Thailand) dan di Indonesia lebih akrab di panggil selasih.

Selasih dikenal dengan nama ilmiah Ocimum Basilicum, tanaman sebagai salah satu herbal paling terkenal di dunia, tanaman ini kerap diabaikan. Padahal, bijinya kaya akan senyawa dan bahan aktif yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Beberapa bahan aktif utama dalam biji selasih seperti serat makanan, zat besi, protein, fitokimia, senyawa polifenolik, orientin, vimentin, antioksi dan kandungan lainnya.

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Manfaat Biji Selasih
Manfaat Biji Selasih
Manfaat kesehatan yang paling menonjol dari biji selasih adalah kemampuannya untuk meningkatkan pencernaan, membantu upaya penurunan berat badan, mengurangi stres, meningkatkan penampilan kulit, memperkuat rambut, mengatur gula darah, mendinginkan tubuh, membentuk tulang yang kuat, menurunkan tekanan darah, meningkatkan penglihatan, mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan mencegah infeksi.

Penurunan berat badan


Penurunan berat badan
Penurunan berat badan
Selasih dikenal kaya akan asam alfa-linolenat (ALA), berasal dari asam lemak Omega-3 yang terkandung dalam biji. Asam ini membantu meningkatkan metabolisme pembakaran lemak dalam tubuh. Biji ini juga memiliki serat yang sangat tinggi, yang akan membuat merasa kenyang dan mencegah makan berlebih. Selain itu, ketika biji-biji ini dicerna, akan membengkak sekitar 10-20 kali lipat dari ukuran aslinya, secara fisik akan membuat kenyang dan memuaskan selera makan, membuatnya lebih mudah untuk menghindari camilan.

Perawatan kulit

Dengan konsentrasi antioksidan dan flavonoid, biji basil mampu meningkatkan kesehatan kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Antioksidan melawan efek radikal bebas, yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan akhirnya menyebabkan mutasi sel, yang mengakibatkan keriput, bintik-bintik penuaan, dan noda. Penggunaan biji selasih secara teratur dapat mengurangi tanda-tanda tersebut, serta bekas luka dan bertindak sebagai zat anti-penuaan.

Perawatan Rambut


Perawatan Rambut
Perawatan Rambut
Biji basil kaya akan zat besi, vitamin K dan protein. Dengan kandungan zat besi yang signifikan dan berbagai antioksidan, biji ini dapat merangsang produksi rambut dan mencegah kerontokan. Zat besi sangat penting dalam sirkulasi, sebagai penghantar darah ke kulit kepala dan juga diperlukan untuk menghasilkan rambut yang kuat. Bagi wanita dengan riwayat defisiensi besi, suplementasi zat besi dapat meningkatkan kemanjuran perawatan rambut rontok. Antioksidan dalam biji ini akan membantu mencegah peradangan dan stres oksidatif pada kulit kepala, yang seringkali dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Menghilangkan Stres


Menghilangkan Stres
Menghilangkan Stres
Jika pikiran berpacu dan tingkat stres terus meningkat, segelas air yang diisi dengan biji selasih mungkin merupakan solusi cepat dan sederhana. Eksperimen 30 hari yang dilakukan pada kelinci menunjukkan efek antistress basil pada asupan rutin, berkat sifat antioksidannya. Dengan demikian, konsumsi biji selasih secara teratur dapat membantu mengurangi episode depresi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh.

Kadar Kolesterol Lebih Rendah

Studi telah menunjukkan bahwa biji selasih secara langsung terkait dengan penurunan kadar LDL atau kolesterol jahat, yang berarti risiko aterosklerosis yang lebih rendah dan deposisi plak di arteri dan pembuluh darah. Ini juga akan mengurangi ketegangan pada jantung dan mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke. Efek menurunkan kolesterol dari biji selasih mungkin terkait dengan serat larut yang dikandungnya, yang membantu tubuh mengikat dan menghilangkan kolesterol.

Meringankan Rasa Sakit


Ketika dalam kondisi seperti radang sendi, asam urat, sakit kepala, dan sindrom iritasi usus besar (IBS), biji selasih dikenal untuk mengurangi keparahan episode tersebut, dan memberikan penghilang rasa sakit dengan lebih cepat. Dengan mencegah pelepasan senyawa pro-inflamasi dan sitokin, bahan aktif dalam biji ini berperan aktif dalam banyak kondisi kesehatan lainnya.

Kontrol Tekanan Darah


Kontrol Tekanan Darah
Kontrol Tekanan Darah
Penelitian telah menemukan bahwa tingkat kalium dalam biji basil cukup untuk mempengaruhi tekanan darah. Efek hipotensi ini karena potasium adalah vasodilator, yang berarti dapat meredakan ketegangan di pembuluh darah, sehingga mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular.

Tingkatkan Kesehatan Tulang

Dengan beragam mineral dalam biji basil, termasuk zat besi, kalium, tembaga, kalsium, mangan, dan magnesium. Memakan biji-bijian ini secara teratur akan membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang. Ini akan menurunkan resiko terkena osteoporosis, membuat awet muda dan kuat seiring bertambahnya usia. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Pengobatan Komplementer dan Alternatif BMC menunjukkan bahwa ekstrak selasih, dan sawi dalam air melindungi tulang terhadap glukokortikoid yang diinduksi pada tikus.

Cegah Penyakit


Cegah Penyakit
Cegah Penyakit
Ada sejumlah vitamin A dan antioksidan lain dalam biji selasih, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan kronis di seluruh tubuh. Ini akan menurunkan tekanan pada sistem kekebalan tubuh, dan juga mencegah sejumlah infeksi patogen dan kondisi medis yang berbeda. Penyakit kronis juga disebabkan oleh kelebihan radikal bebas dalam tubuh, yang dilawan dengan suplementasi makanan dengan biji basil.

Kontrol Gula Darah

Study telah menunjukkan bahwa serat makanan yang terkandung dalam biji selasih mampu mengendalikan kadar gula darah. Bagi orang yang menderita diabetes tipe 2, ini adalah manfaat yang sangat penting, karena ketidakmampuan untuk mengendalikan insulin dan kadar glukosa adalah bagian yang berpotensi mematikan dari kondisi tersebut. Segelas air dengan biji selasih di pagi hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin Anda sepanjang hari.

Efek pendinginan

Di banyak negara Asia, biji basil terkenal karena efek pendinginannya pada tubuh, karena dapat membantu mempertahankan suhu dingin minuman dan pada dasarnya menenangkan perut. Meskipun ini adalah manfaat kesehatan yang samar-samar dan agak arbitrer, biji ini populer dikonsumsi oleh orang yang menderita demam dan kondisi peradangan lainnya, di mana efek pendinginan ini tampaknya paling menonjol.

Tingkatkan Penglihatan


Tingkatkan Penglihatan
Tingkatkan Penglihatan
Mengingat biji-biji ini mengandung vitamin A dalam jumlah besar, mereka direkomendasikan untuk orang-orang dengan gangguan penglihatan atau mereka yang tingkat stres oksidatifnya tinggi. Vit. A berfungsi sebagai antioksidan di retina, mencegah tumbuhnya katarak dan memperlambat munculnya degenerasi makula.

Penggunaan Biji Selasih

Penggunaan Biji Selasih
Penggunaan Biji Selasih

-Ketika Anda merendam biji basil dalam air atau cairan lain, mereka menjadi seperti agar-agar dan lunak. Ini tidak hanya mengentalkan minuman tetapi juga meningkatkan potensi gizi mereka secara signifikan.

-Basil biji juga dapat dimasukkan dalam serbat dan milkshake, dan rasanya agak ringan yang tidak mengganggu rasa lainnya. Yang sedang berkata, mereka terutama termasuk dalam makanan dan minuman manis.

-Mudah membuat minuman biji basil sendiri di rumah; cukup tambahkan 1/2 cangkir biji kemangi ke smoothie buah atau segelas jus untuk makanan kaya nutrisi di hari Anda.

-Penggunaan utama biji basil di sebagian besar negara Asia adalah sebagai pengental untuk minuman tertentu, mulai dari jus hingga nutrisi shake dan smoothie.

-Anda juga dapat melihat makanan super ini sebagai topping untuk salad, tetapi mereka juga cocok dengan sup, semur, yogurt, dan hidangan pasta.

-Cara paling sederhana untuk mengonsumsi biji ini adalah dengan menambahkan 1/2 gelas ke dalam segelas air penuh. Biji akan mengembang sekitar 10x volume awalnya dan akan melepaskan lebih banyak antioksidan dan nutrisi, membuat cara ini lebih sehat untuk mengkonsumsi biji daripada memakannya kering.


Efek Samping Biji Selasih

Efek Samping Biji Selasih
Efek Samping Biji Selasih
Biji ini memberikan banyak sekali manfaat kesehatan, tetapi tidak terlepas dari beberapa efek samping, seperti bahaya tersedak yang ditimbulkannya, serta potensi fluktuasi hormon.

Bahaya Tersedak:
Karena pengaruh cairan pada biji-biji ini, rasio cairan terhadap biji yang tidak tepat dapat menghasilkan butiran-butiran yang sulit untuk ditelan. Karena alasan ini, biji ini tidak direkomendasikan untuk siapa pun yang kesulitan menelan.

Wanita Hamil:
Salah satu efek samping dari biji kemangi adalah dampak pada kadar hormon dalam tubuh, yaitu estrogen. Ini bisa berbahaya bagi wanita hamil, karena dapat merangsang menstruasi dan dapat mengakibatkan komplikasi pada bayi.

Masalah tiroid:
Mereka yang menderita ketidakseimbangan tiroid atau masalah hormonal lainnya tidak boleh menggunakan biji ini sebelum konsultasi dengan dokter.

0 Response to "Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel