9 Khasiat Tanaman Putri Malu

Putri malu merupakan tanaman perdu pendek yang termasuk dalam golongan polong-polongan. Daun putri malu ini terkenal sangat sensitif terhadap lingkungan disekitarnya. Sebab, ketika mendapatkan sentuhan sedikit saja tanaman ini akan menutup diri. Daun putri malu yang memiliki nama lain Mimosa asperata merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu daun putri malu juga dikenal memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan daun-daun yang lainnya.

Khasiat Tanaman Putri Malu
Khasiat Tanaman Putri Malu
Kandungan yang terdapat dalam daun putri malu ini dikenal memiliki khasiat yang mampu menyembuhkan penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itu tidak heran jika banyak masyarakat (khususnya masyarakat desa) banyak menjadikan daun yang satu ini menjadi ramuan yang menyehatkan. Berikut ini beberapa manfaat ampuh yang bisa Anda ketahui dari daun putri malu, diantaranya:

1. Menyembuhkan Luka Bagi Penderita Diabetes
Tanaman yang sangat sensitif terhadap rangsangan ini ternyata punya manfaat ajaib untuk menyembuhkan luka bagi penderita diabetes. Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian salah satu Universitas ternama di Indonesia, bahwa ekstrak kloroform yang terkandung dalam akar putri malu ini diduga sangat ampuh untuk menyembuhkan luka yang dialami oleh para penderita diabetes.

2. Mengobati Batuk
Buat Anda yang sedang mengalami batuk dan sudah minum berbagai obat tapi tidak kunjung sembuh juga, Anda bisa mencoba mengkonsumsi air rebusan dari daun putri malu ini. Karena kandungan zat yang ada di dalam daun putri malu ini dipercaya ampuh untuk mengobati batuk yang disertai dahak.

Air rebusan dari daun putri malu ini juga bisa menjadi obat alami dalam menyembuhkan penyakit pada saluran pernapasan seperti flu dan semacamnya. Anda cukup mengkonsumsi air rebusan daun putri malu dan dapat meminum ramuan ini.

3. Mengobati Hepatitis
Tanaman daun putri malu yang mengandung berbagai zat bermanfaat seperti Mimosin, Tanin, dan Asam Pipekolinat ini, ternyata bisa menjadi obat herbal alami untuk menyembuhkan penyakit hepatitis. Tidak cuma itu, dengan mengonsumsi air rebusan daun putri malu ini juga dapat meminimalisir gejala peradangan seperti pada organ hati, yang diakibatkan oleh virus penyakit hepatitis.

4. Menghentikan Pendarahan dan Infeksi
Ekstrak bubuk tanaman ajaib ini juga bisa menghentikan pendarahan dan infeksi. Karena kandungan senyawa Tanin dan Antioksidan yang terdapat dalam tanaman putri malu inilah yang mampu menghentikan pendarahan dan menurunkan risiko infeksi, serta membantu dalam proses pembentukan kulit yang lebih sehat.

Khasiat Tanaman Putri Malu
Khasiat Tanaman Putri Malu
5. Melindungi Hati
Selain untuk menghentikan pendarahan pada luka, tanaman putri malu juga dapat menjaga organ hati agar tetap sehat dan terbebas dari racun berbahaya dalam tubuh. Kandungan Etanol, Tanin dan Zat baik lainnya diduga mampu melindungi hati dari berbagai serangan bakteri maupun virus jahat. Dengan mengkosumsi ekstrak daun putri malu ataupun air rebusan daunnya, organ hati Anda akan terlindungi dari berbagai penyakit.

6. Mengatasi Insomnia
Buat Anda yang sering mengalami susah tidur atau yang disebut insomsia ini, sekarang jangan khawatir, Anda bisa mencoba meminum ramuan dari tanaman ajaib ini, dijamin Anda tidak mengalami insomnia lagi. Karena, tanaman putri malu ini mempunyai kandungan Zat Melatonin yang mampu memberikan efek sedatif atau penenang, sehingga akan membuat tubuh Anda menjadi lebih rilaks, serta dapat memicu rasa kantuk secara alami. Dengan hanya merebus daun putri malu secukupnya dan diminum sebelum tidur, Anda akan bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

7. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Selain untuk menghentikan pendarahan dan infeksi, manfaat dari ekstrak daun putri malu ini juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Karena kandungan Fenol yang ada dalam akar putri malu mampu membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit. Bahkan tanaman ini juga digadang-gadang mampu menjadi obat untuk pertolongan pertama pada luka bakar.

8. Mengatasi Wasir
Jika Anda terserang penyakit wasir, tanaman putri malu ini juga bisa menjadi obatnya. Dengan menggunakan pasta dari daun putri malu ini, Anda akan terbebas dari penyakit wasir. Karena, tanaman ini juga berfungsi sebagai Astringent alami, memiliki sifat antiseptik dan dapat juga bisa mengecilkan ukuran wasir serta mengurangi pembengkakan.
Caranya Anda cukup oleskan pasta daun putri malu di daerah yang sakit, maka pendarahan akan berhenti sekaligus bisa mengurangi rasa sakit dari wasir. Bahkan tanaman putri malu ini juga bisa mengatasi iritasi sekaligus mengurangi gatal berkaitan dengan wasir

9. Bisa Menangkal Bisa Ular
Tidak hanya mengandung sifat anti bakteri, anti inflamasi serta antioksidan, ternyata tanaman putri malu ini juga memiliki sifat antitoksin. Jadi tidak heran jika tanaman ini bisa  dimanfaatkan untuk menangkal racun dari ular berbisa seperti kobra. Akar dari tanaman putri malu ini yang sudah Anda keringkan dan kemudian direbus, hal ini membuktikan bahwa ekstrak dari tanaman putri malu ini terbilang sangat efektif untuk menghambat racun dari bisa ular.

Tidak nyangka kan, tumbuhan yang sering kita anggap rumput liar tak berguna ini malah mempunyai manfaat yang menakjubkan. Mulai sekarang jika Anda menemukan tanaman ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 Response to "9 Khasiat Tanaman Putri Malu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel