8 Khasiat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

Buah ciplukan merupakan tanaman liar yang bisa Anda ditemukan di kebun, persawahan yang mengering, hingga pinggiran hutan yang banyak disinari matahari. Ciplukan atau ceplukan merupakan Buah yang memiliki nama latin Physalis angulata ini biasa disebut dengan morel berry atau physalis dalam Bahasa Inggris, yang hamper tumbuh di seluruh wilayah di Indonesia dan memiliki sebutan yang berbeda-beda seperti cecendet dalam Bahasa Sunda, kopok-kopokan dalam Bahasa Bali, nyurnyuran dalam Bahasa Madura, dan leletokan dalam Bahasa Minahasa.

Khasiat Buah Ciplukan
Khasiat Buah Ciplukan
Buah Ciplukan ini memiliki buah yang berbentuk unik, karena bunganya diselubungi oleh kelopak yang menggembung. Buah ciplukan akan berwarna hijau ketika baru tumbuh dan berubah menjadi kuning ketika sudah matang. Sebelum buahnya matang, buah ciplukan ini akan memiliki rasa yang getir, tetapi jika warnanya sudah kuning - oranye maka rasanya menjadi manis-asam.

Kandungan Buah Ciplukan
Manfaat buah ciplukan yaitu untuk kesehatan tubuh, tentunya tidak akan lepas dari kandungan senyawa yang terdapat dalam tanaman ciplukan. Kandungan tersebut antara lain seperti Saponin, Flavonoid, Polifenol (dalam bantuk tanin), Alkaloid, Kriptoxantin, Vitamin C, Asam Stearat, Asam Sitrat, Asam Palmitat, Asam Malat, dan Fisalin. Hampir semua bagian tanaman ciplukan ini dapat dimanfaatkan mulai dari buah, daun, akar, hingga batangnya.

Nah berikut ini beberapa manfaat atau khasiat dari buah ciplukan yang bisa Anda ketahui untuk kesehatan tubuh Anda, diantaranya:

1. Melindungi Tubuh dari Ancaman Radikal Bebas
Menurut Dr. Gökçen Yildiz dalam Journal of Food Science Technology, manfaat yang paling penting dari buah ciplukan berasal dari kandungan Antioksidannya yang tinggi. Hal ini membuat buah ciplukan dipercaya sebagai sumber suplemen nutrisi yang ideal untuk berbagai jenis penyakit.

Selain itu, seperti halnya Karoten dan Senyawa Polifenol, Antioksidan yang ditemukan dalam buah ciplukan dapat menetralkan radikal bebas, yang bisa melindungi tubuh Anda dari ancaman penyakit, seperti kanker, tekanan darah tinggi, aterosklerosis, dan penyakit jantung koroner.

2. Mengatasi Rasa Nyeri
Senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam buah ciplukan ini dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh radang sendi, asam urat, nyeri otot, bahkan wasir. Selain memiliki sifat antihiperglikemik dan juga antiinflamasi, buah ciplukan ternyata juga memiliki efek analgesik atau antinyeri. Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah ciplukan dapat mengatasi nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit lupus.

Khasiat Buah Ciplukan
Khasiat Buah Ciplukan
3. Menurunkan Berat Badan
Sebagai makanan yang mengandung rendah kalori, yaitu hanya mengandung 53 kalori per 100 gram, buah ciplukan adalah alternatif yang baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Buah mungil ini dapat memberikan asupan nutrisi harian yang besar untuk tubuh Anda tanpa menyumbang lemak atau kalori negatif. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari tanpa khawatir banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

4. Menurunkan Kolesterol
Jika Anda merasakan gejala seperti sering kesemutan, nyeri leher dan punggung, mudah lelah, hilang keseimbangan, ketidakstabilan emosi, hingga pembengkakan, Anda harus waspada karena gejala tersebut mungkin akan mengindikasikan tingginya kolesterol dalam tubuh Anda. Masalah kolesterol memang merupakan salah satu masalah yang paling banyak ditemui di masyarakat.

Tingginya kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh Anda perlu diwaspadai, karena dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung koroner hingga stroke. Agar bisa terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, Anda bisa mengkonsumsi buah ciplukan untuk membantu menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Asam Oleat dan linoleat yang terkandung dalam buah ciplukan ini berkhasiat menurunkan jumlah kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang bersemayam di dalam tubuh Anda. Kedua jenis asam ini juga mampu membentuk keseimbangan kolesterol untuk memastikan jantung kamu sehat.

5. Mengontrol Penyakit Diabetes
Hiperglikemia atau kondisi dimana tingginya kadar gula darah dalam tubh Anda merupakan kondisi yang sangat umum dialami oleh penderita diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun ciplukan memiliki aktivitas anithiperglikemia yaitu kandungan senyawa yang dapat memperlambat pengurangan asupan gula dalam dalam sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Tanaman ciplukan bekerja langsung memengaruhi kerja insulin, sehingga tubuh akan terlindungi dari tingginya kadar gula darah dalam tubuh Anda.

6. Meningkatkan Kesehatan Ginjal
Buah ciplukan dipercaya sebagai salah satu obat deuretik yang dapat membantu menghilangkan racun melalui rangsangan yaitu berupa buang air kecil. Buah ciplukan juga bisa membuang kelebihan lemak, garam, dan racun dari sistem limfatik yang akan menjaga kerja ginjal menjadi lebih optimal dan terjaga kesehatannya.

7. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan karotenoid yang tinggi dalam buah ciplukan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata Anda. Karotenoid ini berkhasiat untuk mencegah terjadinya katarak dan memperlambat timbulnya degenerasi makula, serta dapat menjaga penglihatan Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia.

8. Memelihara Sistem Kekebalan Tubuh
Vitamin C atau asam karbonat yang terkandung dalam buah ciplukan ini mampu merangsang proses produksi sel darah putih serta mengandung sifat antioksidan yang sangat baik untuk memelihara sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, Vitamin C juga menjadi salah satu komponen utama pembentukan kolagen yang dapat membantu memperbaiki dan memproduksi sel, jaringan, dan pembuluh darah.

Tidak herankan jika buah ciplukan yang dulu hanya dijadikan camilan anak-anak yang sedang bermain berubah menjadi buah kecil yang jika Anda jual harganya sangat mahal. Rupanya khasiat yang terkandung dalam buah ciplukan ini memang luar biasa untuk kesehatan tubuh Anda.

0 Response to "8 Khasiat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel