Skip to main content

Ciri-ciri Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Sebelum Haid

Tipsehat.net - Keputihan (Flour Albus) adalah cairan lendir berwarna bening atau kuning kecoklatan, yang pada umumnya tidak berbau. Keluarnya normal, sekaligus sebuah cara alami bagi vagina untuk membersihkan dirinya melalui sekeresi cairan atau lendir dari organ intim.

Keputihan biasanya muncul saat seseorang akan menstruasi. Namun bisa juga muncul sebagai tanda tanda hamil. Tidak setiap orang bisa membedakan antara keputihan tanda haid dan kehamilan, meskipun sangat lazim dialami sebagian besar wanita. Mari kita bahas apa saja perbedaan keputihan setelah haid dan tanda kehamilan.

Ciri Keputihan Tanda Hamil
Keputihan Tanda Hamil

Warna Berbeda

Keputihan normal dan tanda hamil, pada umumnya mempunyai warna yang berbeda. Keputihan yang normal cenderung berwarna bening, tidak berbau dan juga tidak menimbulkan rasa gatal. Sedangkan keputihan tanda hamil cenderung berwarna lebih keruh dan putih seperti susu.

Frekuensi Meningkat

Wanita haid setelah melewati masa subur, kebanyakan hanya mengeluarkan lendir sedikit dan semakin menurun. Berbeda dengan yang terjadi pada kehamilan, frekuensi dan volume keputihan akan meningkat. Hal ini dikarenakan selain progesteron, estrogen juga terus di sekresikan selama kehamilan. ditambah suhu tubuh yang relatif lebih tinggi dan gejala awal kehamilan lainnya.

Keluarnya spotting

Menjelang awal kehamilan, biasanya wanita mengeluarkan bercak darah. Namun, berbeda dengan darah haid yang volumenya banyak. Keputihan tanda hamil mengalami pendarahan yang sedikit. Biasanya berupa flek berwarna coklat atau merah muda, yang di sebabkan karena terjadinya implantasi bleeding, yaitu menempelnya sel telur yang telah dibuahi di dinding rahim.

Ciri Keputihan Setelah Haid
Keputihan Setelah Haid

Kram Perut

Sama halnya dengan menjelang menstruasi, gejala awal kehamilan juga merasakan kram di perut selama masa keputihan. Hal ini dikarenakan embrio mulai melekat di rahim. Namun, rasanya tidak sesakit menjelang PMS. Nyeri yang dirasakan hanya di satu bagian saja.


Mual

Wanita menjelang menstruasi (tidak hamil), nafsu makannya cenderung meningkat saat mendekati jadwal. Sedangkan wanita gejala hamil lebih cenderung merasakan mual, bahkan muntah, dan nafsu makan pun menurun.

Nyeri Otot dan Sendi

Tanda lainnya yang terasa di awal kehamilan adalah timbulnya nyeri atau sakit di beberapa bagian tubuh lainnya. Payudara sensitif, misalnya. Rasa nyeri yang dirasakan lebih besar dibandingkan saat masa PMS. Gejala lainnya juga berupa sakit kepala atau pusing. Namun, hal-hal ini adalah lumrah mengingat tubuh banyak mengalami perubahan hormonal selama masa kehamilan.

Perlu di ingat, kondisi hamil tidak dapat dipastikan berdasarkan warna dan frekuensi keputihan saja. Bahkan untuk setiap orang bisa berbeda, oleh karena itu, perhatikan tanda pasti hamil lainnya, lakukanlah tes dengan test pack dan konsultasikan ke dokter.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar